Macam Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya Di Masa Depan

Disini penulis akan memberi info macam macam jurusan kuliah dan prospeknya. Karena kuliah tentunya bukan perkara remeh, meski ada orang sukses tanpa kuliah dan ada juga yang tidak menyelesaikannya. Tapi secara logika, sekolah dan kuliah amat penting untuk membuat masa depanmu makin cerah. Yups! minimal dengan kuliah kamu akan memperoleh pengetahuan dasar tentang suatu hal, dan itu bisa merubah dan menguatkan pola pikir yang positif dan maju.

Macam macam jurusan kuliah dan prospeknya

Seorang ahli pesikologi, mereka dapat mengenal kepribadian dan karakter seseorang hanya dari sebuah pembicaraan, apakah itu orang berpendidikan atau tidak, orang sederhana, sukses, kaya, etc. Ini adalah fakta nyata bahwa pendidikan itu penting, dan nilai tinggi atau rendah, itu hanya sebuah hasil. Orang sukses dan bermasa depan cerah yang memiliki nilai kelulusan rendah lebih banyak ketimbang yang tidak sama sekali (Bernasib baik & Beruntung). Dan berbeda bagi mereka yang berhasil lulus dari jurusan kuliah terbaik dengan nilai tinggi, sebab mereka lebih mempunyai banyak pilihan dalam berkarir dan peluang kerja besar berkat ketekunanya dalam belajar. Jadi menentukan pilihan pada jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan akan sangat membantumu untuk sukses dan meraih cita-cita mu.

Kuliah memang bukah hal sepele, karena disini kamu akan mencurahkan tenaga dan uang (meskipun dari orang tua). Sebelum mengatahui macam macam jurusan kuliah dan prospeknya, silahkan ketahui dulu apa saja persiapan yang juga harus kamu miliki. Sebab dengan demikian, kamu juga memiliki referensi untuk memilih 11 jurusan kuliah favorit dengan tepat yang akan penulis ulas nanti, dan mudah menentukan mana 1 tempat yang paling terbaik dari 474 ranking universitas di indonesia.
Persiapan Sebelum Masuk Kuliah Sebelum Memilih 1 yang terbaik Dari Macam Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Sebagai calon mahasiswa, baiknya harus mulai belajar untuk mempersiapkan diri, termasuk mengetahui apa saja segala informasi yang bisa menunjang dan mempermudah hidup ketika di masa kuliah nantinya. Dan berikut adalah soft skills yang harus kamu siapkan:

Skill menolong diri sendiri – Mengindentifikasi hal-hal yang dibutuhkan
Skill memikul tanggung jawab – Saat memilih 1 dari Macam Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya nanti, maka harus bertanggung jawab dengan cara mengikuti mata kuliah itu dengan sungguh-sungguh.
Skill mengatur diri sendiri – Jika nanti kamu adalah anak kost, maka harus bisa mengurus kesehatan, makan, mau membersihkan kamar, mengatur waktu keuangan, etc. Bisa mengatur diri sendiri dengan baik bisa membuat masa depan mu lebih cerah.
Skill berkomunikasi dengan baik – Ini akan dibutuhkan untuk berkomunikasi sama dosen, teman-teman, bahkan orang lain yang baru kamu kenal.
Skill berinovasi dan berpikir kreatif – Kamu akan berhadapan dengan banyak tugas yang menuntut kreatifitas, juga cara baru dalam melihat dan menyelesaikan suatu permasalahan.
Skill belajar dengan efektif – Asah kemampuan untuk belajar dengan efektif mulai sekarang, sebab jika sudah menjadi mahasiswa nanti kamu akan punya banyak tugas.
Skill menggunakan teknologi – Teknologi membantumu untuk sukses saat menjalani masa kuliah. Jadi kamu harus bisa mencari informasi lewat internet, berkomunikasi lewat email, penelitian dengan software, etc.
Skill menerima perbedaaan – Siapkan diri untuk ketemu, bekerja dalam tim, bisa bertoleransi terhadap banyak orang dari berbagai latar belakang dan daerah.
Skill bekerja secara mandiri – Anak kuliahan itu berarti harus bisa memotivasi diri sendiri. Dosen nggak bakal peduli kamu masuk kelas atau nggak, atau anak kuliah itu nggak bakal ada yang “nyuapin”.
Skill membuat target personal – Stay on the track, jangan biarkan hal-hal kurang penting mengganggu kamu, dan sangat disarankan untuk selalu terlibat dalam kegiatan kampus untuk menambah pengalaman mu.

Macam Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

OK! Sekarang kembali ke inti, berikut ini jurusanterbaik.com akan ngasih rekomendasi 11 jurusan kuliah favorit dan prospeknya, yang terbagi pada masing-masing halaman agar tidak terlalu panjang dan enak di baca. Berbagai jurusan kuliah dan penjelasannya tersebut dimulai dari jurusan kedokteran hingga Administrasi Pendidikan.

Psikologi

Jurusan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran dan perilaku ini juga masuk pada macam macam jurusan kuliah favorit dan prospeknya juga akan penulis ulas sedikt. Psikologi juga digunakan dalam menyelesaikan masalah pada serangkaian aktivitas manusia yang luas, meneliti alur pemikiran dan tindakan dan alasan di balik perilaku kita, mulai dari pengakuan kognitif, pemikiran persepsi dan juga hubungan interpersonal. Cabang lain dari Ilmu Psikologi yang lebih spesifik diantaranya psikoanalisis, kognitivisme dan fungsionalisme.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Psikologi

Saat kamu mencari informasi macam macam jurusan kuliah dan prospeknya, maka yang harus di ketahui, Jurusan Psikologi juga paling favorit di Indonesia dan menyediakan prospek kerja yang besar untuk alumnus jurusan ini, termasuk pada pilihan jalur kariernya banyak.

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Mata kuliah jurusan psikologi juga cukup bervariasi, jadi berikut ini juga hanyalah gambaran secara umum antar lembaga dan rangkaian kelas, topic untuk di tekuni.

Psikometri
Psikologi Kepribadian
Psikologi Kognitif
Psikologi Perkembangan
Psikologi Eksperimen
Filsafat Manusia
Psikologi Komunikasi
Psikologi Klinis
Psikologi Sosial

Kepribadian yang sesuai untuk jurusan psikologi

Tekun
Senang memecahkan masalah
Kritis
Senang bekerja sendiri
Observan
Senang menganalisis
Independen

Prospek Karir Jurusan Psikologi

Dari salah satu jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan Psikologi juga bidang yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Sebab kemampuannya dalam menganalisis kepribadian perilaku manusia cukup bermanfaat untuk berkembangnya industri.

Konselor Kesehatan Mental (Mental Health Counselors)
Intel Polisi dan Militer
Psikolog Organisasi Industri
Peneliti Survei
Pegawai Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian
Psikolog Klinis
Psikolog Sekolah
Pewawancara (Tidak Termasuk Kelayakan dan Pinjaman)
Terapis Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Therapists)
Psikolog Konseling
Jurusan Yang Terkait Ilmu Psikologi
DKV New Media
Filsafat
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Administrasi Niaga
DKV New Media
Psikiatri

Contoh Universitas Di Indonesia Yang Ada Jurusan Psikologi

Universitas Diponegoro – Negeri
Universitas Gadjah Mada – Negeri
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Pancasila – Swasta
Universitas Sanata Dharma – Swasta
Universitas Tarumanagara – Swasta

Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu komunikasi adalah bidang yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi terhadap masyarakat dengan menggunakan berbagai alat dan sarana komunikasi. Dalam prakteknya ilmu komunikasi tidak melulu harus di depan layar dan jika kamu pendiam pun tetap bisa mengambil jurusan ini. Ilmu Komunikasi secara umum terbagi menjadi tiga bagian, yang diantaranya adalah: Penyiaran (broadcasting), Hubungan Masyarakat (Public Relation) dan Periklanan (advertising).
Prospek kerja Jurusan Komunikasi

Dalam macam macam jurusan kuliah dan prospeknya ini, kamu harus tahu bahwa ilmu dipelajari bukan hanya cara mengobrol saja. Meski telah ribuan tahun manusia menghasilkan jutaan cara untu berkomunikasi, tapi tidak tahu caranya. Dan jika kamu memilih jurusan komunikasi ini maka akan belajar lebih dalam lagi mengenai aspek-aspek ilmu komunikasi tersebut secara teori maupun prakteknya.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Metode Penelitian Komunikasi
Pengantar Ilmu Komunikasi
Etika Komunikasi
Teori Ilmu Komunikasi
Teknologi Komunikasi
Psikologi Komunitas
Sosiologi Komunikasi
Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi Massa
Komunikasi Keorganisasian
Komunikasi dan Budaya

Karakter Yang Sesuai Untuk Jurusan Komunikasi

Bisa bekarjasama dengan team
Berwawasan luas
Keterampilan komunikasi
Keterampilan interpersonal
Senang menganalisis

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Cabang ilmu jurusan komunikasi sangat banyak,ayng diantaranya adalah: Broadcasting, Jurnalistik, Advertising, Public Relations, Komunikasi Pemasaran, Manajemen Media, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Massa, etc. Dan ilmu komunikasi sendiri memang dibutuhkan dalam segala hal, ini juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman maupun teknologi yang juga memengaruhi cara berkomunikasi dan macam-macam pekerjaan untuk lulusan Ilmu Komunikasi.

Profesi dan Karir Lulusan Ilmu Komunikasi

Spesialis Hubungan Masyarakat
Representatif Layanan Konsumen
Manager Asosiasi Properti, Real Estate dan Komunitas
Manajer Periklanan dan Promosi
Manajer Layanan Sosial dan Komunitas
Manajer Penjualan
Perencana Meeting, Convention dan Acara
Telemarketer
Sales Periklanan
Manajer Pemasaran
Jurusan Terkait Ilmu Komunikasi
Mass Communication
Desain Komunikasi Visual
DKV Creative Advertising
DKV New Media
Marketing Komunikasi
Fotografi

Contoh perguruan tinggi yang ada jurusan ilmu komunikasi

Institut Pertanian Bogor – Negeri
Universitas Airlangga – Negeri
Universitas Diponegoro – Negeri
Universitas Gadjah Mada – Negeri
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Lampung – Negeri
Universitas Padjadjaran – Negeri
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur – Negeri
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta – Negeri

Desain Komunikasi Visual

Macam macam jurusan kuliah dan prospeknya selanjutnya adalah DKV atau Jurusan Desain Komunikasi Visual. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, sekarang Jurusan Desain Komunikasi Visual sekarang sudah menjadi salah satu daftar jurusan kuliah yang paling menjanjikan 5 tahun kedepan. Di jurusan ini kamu akan mempelajari seni untuk menyampaikan suatu pesan melalui desain dalam memberi informasi, mempengaruhi publik, mempersuasi dan penerima pesan. Desain Komunikasi Visual berupa image grafis, tanda, simbol dan juga unsur grafis lainnya. Disini setiap mahasiswa harus belajar membuat pesan yang solutif dan kreatif.

Diera teknologi dan dunia digital ini banyak dunia visual berupa iklan cetak, film, iklan televisi, layout, berupa konvensional dan format digital, etc. Jika berminat dan tertarik dengan salah satu dari macam macam jurusan kuliah dan prospeknya maka jurusan DKV adalah pilihan tepat.

Mata Kuliah Jurusan Desain Komunikasi Visual

Manajemen DKV
Dasar Seni Rupa dan Desain
Grafis Portofolio
Pengantar Rekayasa dan Desain
Grafis Kemasan
Rupa Dasar
Teknologi Cetak
Pengenalan Teknologi Informasi
Animasi
Psikologi Komunikasi
Metodologi Penelitian DKV
Desain Grafis

Karakter yang sesuai untuk jurusan kuliah favorit ini adalah

Bisa bekarjasama dengan team
Tekun
Senang bekerja sendiri
Observan
Keterampilan komunikasi
Independen

Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Yups! kamu harus tahu, saat ini peran DKV dalam sektor media dan komunikasi sudah menempati peran yang sangat penting. Prospek kerja jurusan terbaik yang favorit ini terbuka lebar untuk keahliannya mengolah desain grafis.

Profesi dan Karir Lulusan Desain Komunikasi Visual

Seniman Murni, Pelukis, Illustrator dan Pemahat
Penulis Teknis
Desainer Grafis
Desainer Produk Komersial dan Industrial/Commercial and Industrial Designer
Penerbit Desktop
Kurator (Curators)
Seniman Kerajinan (Craft Artists)
Sutradara
Pengarah Seni
Fotografer

Jurusan yang terkait dengan desain komunikasi visual

Fashion Management
Ilmu Komunikasi
Interactive Digital Media
Penyiaran
DKV Animasi
Desain Grafis
Periklanan
Fotografi
Marketing Komunikasi
Mass Communication

Universitas Yang Ada Jurusan DKV

Institut Kesenian Jakarta – Swasta
Institut Teknologi Bandung – Negeri
Institut Teknologi Sepuluh Nopember – Negeri
Universitas Brawijaya – Negeri
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Multimedia Nusantara – Swasta
Universitas Negeri Makassar – Negeri
Universitas Pelita Harapan – Swasta
Universitas Sebelas Maret – Negeri
Universitas Tarumanagara – Swasta

Sastra Inggris

Diera Global dan zaman teknologi canggih ini, bahasa inggris amat penting untuk di kuasai. Untuk belajar sesuatu di internet, mencari informasi, mendukung pekerjaan, dan pokoknya masih banyak lagi manfaat belajar bahasa inggris, bila kamu ingin berkembang dan sukses. Kuliah Di Jurusan Sastra Inggris, maka akan belajar linguistik bahasa Inggris secara lebih mendalam, termasuk isi, ciri artistik, estetika, keindahan dan keasliannya melalui tulisan karya sastra Inggris, baik itu naskah drama, novel, puisi, etc.
Peluang Kerja Jurusan Kuliah Sastra Inggris

Apabila kamu tahu pentingnya memahami karya sastra Inggris dan ingin menguasainya dengan baik, maka jurusan kuliah favorit ini bagus untuk masa depan.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Kajian Film dan Media Berbahasa Inggris
Bahasa Inggris
Kajian Drama dan Teater Inggris
Pengantar Kesusasteraan Inggris
Semantik Bahasa Inggris
Kebudayaan Indonesia
Dasar-dasar Linguistik Bahasa Inggris
Pengantar Analisis Wacana Bahasa Inggris
Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris
Penulisan Kreatif dalam Bahasa Inggris
Pengkajian Prosa Inggris

Karakter yang sesuai untuk jurusan sastra inggris

Senang bekerja sendiri
Teliti
Senang menganalisis
Tekun
Terstruktur
Kritis

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Seperti kita tahu bahasa Inggris adalah bahasa internasional, yang memang seharusnya menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern seperti sekarang ini, entah itu untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan. Jadi prospek kerjanya pun terbuka lebar untuk para alumnusnya.

Prospek Kerja Sastra Inggris

Content Writer
Editor (Artikel/Tulisan)
Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif
Wartawan
Penulis Perjalanan
Content Strategist
Content Creator
Dosen Bahasa Inggris dan Literatur
Novelis
Penerjemah

Jurusan Terkait Dengan Sastra Inggris

Pariwisata
Filsafat

Perguruan tinggi yang ada jurusan sastra inggris

Universitas Gadjah Mada – Negeri
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Sanata Dharma – Swasta

Administrasi Pendidikan

Dari 11 macam macam jurusan kuliah dan prospeknya disini, Administrasi Pendidikan adalah yang paling akhir, tapi bukan berarti kurang berprospek atau bukan jurusan kuliah terbaik yang banyak di favoritkan. Pada Jurusan ini kamu akan disiapkan untuk menjadi tenaga profesional di bidang tata usaha maupun lembaga-lembaga pendidikan, yang khususnya adalah sekolah. Selain itu para mahasiswa juga diajarkan proses pengintegrasian pada semua aktivitas kelembagaan yang terkait demi tujuan tercapainya pendidikan. Jadi Administrasi Pendidikan juga memegang perang sangat penting dalam mendukung lembaga pendidikan dan manajemen sekolah.
Prospek kerja Jurusan Kuliah Administrasi Pendidikan

Sebagai salah satu rekomendasi dari macam macam jurusan kuliah dan prospeknya ini, Administrasi Pendidikan terbilang spesifik, selain itu juga memiliki peminat yang terbatas. Dan jika kamu adalah salah satu dari siswa yang terstruktur juga menyukai dunia pendidikan, jurusan terbaik ini bisa di jadikan sebagai pilihan paling bagus untuk masa depan.

Macam – Macam Mata Kuliah Jurusan Administrasi Pendidikan

Manajemen Keuangan Pendidikan
Dasar-dasar Manajemen
Manajemen Kurikulum
Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan
Manajemen Mutu Terpadu
Kepemimpinan Pendidikan
Pedagogi
Supervisi Pendidikan
Filsafat Administrasi Pendidikan
Belajar dan Pembelajaran
Manajemen Perguruan Tinggi
Manajemen Strategik
Manajemen Sekolah
Manajemen Pelatihan dan pengembangan

Karakter dan Kepribadian Yang Sesuai Untuk Jurusan Administrasi Pendidikan

Bisa bekarjasama dengan team
Teliti
Senang bekerja sendiri
Tekun
Senang menganalisis
Detil
Senang berhitung
Kritis
Terstruktur
Rasional

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Pendidikan

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia banyak dibutuhkan tenaga ahli yang memahami semua sisi pendidikan. Jadi salah jika prospek kerja di masa depan dan berkarier di jurusan ini sangat kecil. Atau kamu tertarik dengan Jurusan Kuliah yang Menjanjikan untuk Wanita.

Berbagai Profesi dan Karir Untuk Alumnus Administrasi Pendidikan

Pustakawan
Penulis Teknis
Instruktur Perawatan

Jurusan Yang Terkait Dengan Administrasi Pendidikan

Administrasi Publik
Kesekretariatan

Daftar Universitas Yang Ada Jurusan Administrasi Pendidikan

Universitas Negeri Malang – Negeri
Universitas Negeri Yogyakarta – Negeri
Universitas Pendidikan Indonesia – Negeri

Ilmu Kedokteran

Info macam macam jurusan kuliah dan prospeknya yang pertama adalah jurusan kedokteran, disini kamu akan mempelajari tentang berbagai penyakit dan juga cara-cara penyembuhannya, yang tak hanya berupa teori, tapi juga penerapannya pada si pasien.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Kamu akan setuju bila penulis berpendapat bahwa profesi Dokter tidak akan pernah hilang. Selain Dokter tidak ada profesi yang legal mempraktekkan ilmu kedokteran. Jikan ingin mengambil bagian dari kepedulian yang besar terhadap dunia kesehatan Jurusan Ilmu Kedokteran ini adalah yang tepat.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kedokteran

Berikut hanyalah gambaran secara umum rangkaian kelas dan topic yang harus mahasiswa harus jika mengambil jurusan ini, sebab memang cukup bervariasi jika harus penulis utarakan disini.

Ilmu Kedokteran Dasar
Hematologi dan Sistem Limfatik
Infeksi dan Imunologi
Endokrin
Respirasi
Pencernaan
Panca Indera
Ilmu Penyakit Dalam
Trauma dan Kegawatan
Ilmu Bedah
Ilmu Penyakit THT
Ilmu Penyakit Mata

Karakter Yang Sesuai Untuk Jurusan Kedokteran

Teliti
Bisa bekarjasama dengan team
Tekun
Terstruktur
Detil
Senang menganalisis
Senang memecahkan masalah
Berwawasan luas
Senang bekerja sendiri

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kedokteran

Kesehatan akan selalu penting bagi siapapun. Dan profesi dokter ini akan selalu ada, terutama untuk dokter yang terspesialisasi, seperti dokter bedah, dokter THT, dokter kandungan, dokter saraf, dokter kulit, etc. Prospek berprofesi menjadi dokter sangat terbuka. Baca dan ketahui juga Biaya Sekolah Kedokteran Termurah di Berbagai Universitas.

Profesi dan Karir Lulusan Ilmu Kedokteran

Ahli Teknologi Kardiovascular
Koroner (Pemeriksa Medis Untuk Kematian)
Ahli Epidemiologi
Ahli Gizi dan Nutrisi
Manajer Data Klinis
Ahli Biomedikal
Peneliti Medikal
Koordinator Riset Klinis
Ahli Biologi
Farmasi

Jurusan Terkait Ilmu Kedokteran

Teknobiomedik
Ilmu Kesehatan Gigi dan Mulut
Dokter Hewan
Biologi
Kedokteran Hewan
Kesehatan Masyarakat
Ilmu Keolahragaan
Ilmu Gizi
Farmasi
Keperawatan

Contoh Universitas Yang Ada Jurusan Ilmu Kedokteran

Universitas Diponegoro – Negeri
Universitas Gadjah Mada – Negeri
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Padjadjaran – Negeri
Universitas Pelita Harapan – Swasta

Mikrobiologi Pertanian

Mahasiswa yang ada di jurusan ini akan mempelajari pemanfaatan mikrobiologi di bidang pertanian. Secara umum kita tahu bahwa bidang pertanian ini membutuhkan mikroorganisme untuk menghasilkan tanaman tahan hama, meningkatkan kesuburan tanah, obat-obat pertanian, sampai pada cara penciptaan bibit unggul, dsb. Yang mungkin belum diketahui oleh calon mahasiswa adalah bahwa mikrobiologi bersifat alamiah, yang hidup di tanah dan mengandung bahan organik maupun anorganik serta mineral yang berlimpah didalamnya. Dan untuk tiap tumbuhan umumnya memang tak bisa lepas dari yang namanya mikroorganisme tanah. Di zaman dengan lahan pertanian yang semakin sempit ini, maka sangat diharap para lulusan Mikrobiologi Pertanian memiliki keahlian di bidang teknologi yang berbasis pada mikroorganisme dalam rangka meningkatkan jenis pertanian yang ramah lingkungan serta berkelanjutan.
Prospek Kerja Jurusan Mikrobiologi Pertanian

Meskipun ketimbang jurusan favorit lainya pada artikel “macam macam jurusan kuliah dan prospeknya” ini, Mikrobiologi Pertanian masih belum banyak dikenal oleh calon mahasiswa, tapi dari pemanfaatan mikrobiologi sebagai pendukung pertanian tersebut merupakan bukti kuat pada kemajuan sektor pertanian di negeri ini. Dan kini sudah selayaknya bila jurusan pertanian tidak lagi dipandang sebelah mata, atau hanya sebagai pelarian dari jurusan lainnya yang tidak lolos.

Mata Kuliah Jurusan Mikrobiologi Pertanian

Kimia Anorganik
Teknologi Produksi Biomassa
Biologi Umum
Bioteknologi Perlindungan Tanaman
Pengantar Ilmu Pertanian
Mikrobiologi Hasil Perikanan
Dasar-dasar Agronomi
Genetika Molekuler
Dasar-dasar Ilmu Tanah
Mikrobiologi Agroindustri
Kimia Organik
Mikrobiologi Tanah
Sosiologi Pertanian
Dasar-dasar Mikrobiologi
Ekologi Mikrobia
Praktikum Kimia Organik
Fisiologi Mikrobia
Dasar-dasar Genetika
Manajemen Usaha Pertanian
Biokimia

Keperibadian dan Karakter Yang Sesuai Untuk Jurusan Mikrobiologi Pertanian

Senang melakukan riset
Teliti
Senang bekerja sendiri
Tekun
Senang menganalisis
Detil
Independen
Rasional
Terstruktur
Observan

Prospek Kerja Jurusan Mikrobiologi Pertanian

Dari sedikit ulasan diatas tadi terbukti bahwa sektor pertanian semakin berkembang yang juga didukung teknologi canggih saat ini, Jadi sudah pasti kalau prospek kerjanya juga sangat besar.

Profesi dan Karir Untuk Lulusan Mikrobiologi Pertanian

Ahli Konservasi Tanah dan Air
Manager Pertanian dan Peternakan
Teknisi Proses Biofuel
Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca
Pengajar Ilmu Agrikultural
Ahli Pertanian
Peneliti Tanah dan Tumbuhan
Teknisi Pembangkit Biomassa
Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan
Ahli Biokimia dan Biofisika

Jurusan Yang Terkait Dengan Mikrobiologi Pertanian Di antaranya adalah:

Teknologi Pasca Panen
Agribisnis
Ilmu Pangan (Food Science)
Biokimia
Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan
Agrobisnis
Agroekoteknologi
Teknologi Bioproses
Agroteknologi
Rekayasa Pertanian

Contoh daftar universitas terbaik yang ada jurusan Mikrobiologi Pertanian

Institut Pertanian Bogor – Negeri
Universitas Gadjah Mada – Negeri
Universitas Sebelas Maret – Negeri

Biologi

Dengan menjadi mahasiswa jurusan Biologi, kamu akan mendalami ilmu tentang makhluk hidup, mulai dari manusia, tumbuhan, hewan dan mikroba. Dan diatara subyek yang dipelajari seperti: struktur dan anatomi organisme, genetika, ekologi, fisiologi, perilaku dan juga sel molekul pada makhluk hidup itu sendiri.
Peluang Kerja Jurusan Kuliah Biologi

Ilmu Biologi sangat menarik untuk dipelajari, sebab bila jurusan lain berbicara soal teori, konsep dan hitung menghitung. Jurusan Kuliah Biologi mempelajari semua hal tentang organisme yang hidup.

Mata Kuliah Jurusan Biologi

Biologi Perilaku
Biologi Dasar
Biologi Sintetik
Pengantar Sains dan Teknologi Hayati
Biologi Sel dan Molekuler
Pengetahuan Lingkungan
Evolusi
Anatomi dan Fisiologi Hewan
Ekologi
Biosistemik
Biokimia
Genetika
Perkembangan Hewan
Struktur dan Perkembangan Tumbuhan

Karakter Dan Kepribadian Yang Sesuai

Senang melakukan riset
Teliti
Senang bekerja sendiri
Tekun
Senang menganalisis
Detil
Observan
Rasional

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Dari macam macam jurusan kuliah dan prospeknya yang ada disini, prospek kerja lulusan Biologi mempunyai karier dan profesi juga sangat beraneka ragam. Sebab bidang Ilmu biologi sendiri juga terus berkembang, mulai dari penemuan organisme baru dan pendalaman ilmu untuk menemukan kebenaran baru dalam rangka memperkuat kebenaran lama yang telah ditemukan.

Profesi dan Karir Alumnus Biologi

Ahli Biomedikal
Analis Kontrol Kualitas
Ahli Biologi Molekul dan Sel
Teknisi Proses Biofuel
Peneliti Bioinformatika
Pegawai Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian
Teknisi Pembangkit Biomassa
Ahli Biostatistik
Manajer Kontrol Kualitas Sistem
Ahli Biologi

Berikut Jurusan Yang Terkait Dengan Ilmu Biologi

Teknologi Bioproses
Ilmu Kedokteran
Bioteknologi
Agrobisnis
Bioentrepreneurship

Contoh universitas terbaik di Indonesia yang ada jurusan biologi

Universitas Gadjah Mada – Negeri
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Negeri Jakarta – Negeri
Universitas Padjadjaran – Negeri

Teknik Informatika

Selain di halaman macam macam jurusan kuliah dan prospeknya ini, Teknik Informatika juga sudah pernah penulis bahas. Bidang ini akan mempelajari ilmu komputer, jaringan komputer, perangkat lunak dan implementasinya untuk dunia bisnis. Selain belajar tentang teorinya, di Jurusan Teknik Informatika ini kamu juga harus bisa mempraktekkannya. Belajar memahami logika dan matematika adalah suatu keharusan, sebab jurusan teknik informatika lebih banyak menghabiskan waktunya untuk pemrograman. Sedangkan pemrograman seperti yan kita tahu, itu adalah perwujudan dari matematika dan logika atau bahasa populernya algoritma.
Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika

10 tahun terakhir ini saja pekerjaan yang diproyeksikan untuk bidang Teknik Informatika mengalami pertumbuhan tercepat. Sebab perkembangan teknologi informasi yang berawal dari komputer dalam bentuk PC, laptop hingga smartphone dan tablet memang tak terbendung. Jadi transisi dari perekonomian tradisional ke arah perekonomian yang berbasis internet pun membuat prospek kerja jurusan teknik informatika ini semakin luas, besar dan lebar. Jika kamu tertarik pemrograman situs, analisis sistem, keamanan sistem jaringan dan internet, jurusan kuliah terbaik ini adalah pilihan yang paling tepat.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Kriptografi
Kalkulus
Etika & Hukum Cyber
Pengenalan Teknologi Informasi
Strategi Algoritma
Sistem Digital
Pemrograman Internet
Probabilitas dan Statistika
Sistem Terdistribusi
Algoritma & Struktur Data
Intelegensia Buatan
Pemrograman Berorientasi Objek
Interaksi Manusia & Komputer
Basis Data
Sistem Informasi
Komunikasi Antar Personal
Rekayasa Perangkat Lunak
Sistem Operasi
Logika Informatika

Karakter Yang Cocok Untuk Jurusan Kuliah Teknik Informatika

Senang berhitung
Teliti
Senang memecahkan masalah
Tekun
Senang bekerja sendiri
Detil
Senang menganalisis
Rasional
Independen
Terstruktur

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan terus tumbuh sangat pesat di tiap tahunnya. Dan perkembangan Teknologi Informasi yang pesat ini akan membuka prospek yang besar bagi alumnus jurusan Teknologi Informatika. Sebab kebutuhan akan keahlian teknik informatika ini juga akan semakin besar dengan pertumbuhan rata-rata sekitar 12% per tahun ketimbang bidang lainya.

Bidang Profesi Untuk dan Karir Lulusan Teknik Informatika

Peneliti Komputer dan Informasi
Spesialis Robotik
Manajer Pemasaran Digital
Sales Engineer
Admin Database
Manajer Sistem Komputer dan Informasi
Penyusun Strategi Pemasaran (Online)
Dosen Ilmu Komputer
Programmer Peralatan yang dikontrol oleh Komputer Numerik
Growth Hacker

Jurusan Terkait Teknik Informatika

Manajemen Informatika
Mobile Application & Technology
Game, Application & Technology
Bioinformatika
Ilmu Komputer
Perumahsakitan
Statistika Terapan dan Komputasi

Contoh Universitas Yang ada Jurusan Teknik Informatika

Institut Teknologi Bandung – Negeri
Institut Teknologi Sepuluh Nopember – Negeri
Universitas Ahmad Dahlan – Swasta
Universitas Airlangga – Negeri
Universitas Atma Jaya Yogyakarta – Swasta
Universitas Bina Nusantara – Swasta
Universitas Indonesia – Negeri
Universitas Padjadjaran – Negeri
Universitas Pancasila – Swasta
Universitas Pelita Harapan – Swasta

Akuntansi

Ilmu Ekonomi & Bisnis, Akuntansi adalah 1 jurusan yang cukup umum di berbagai universitas, jadi tidak akan sulit untuk menemukan perguruan tinggi yang ada jurusan Akuntansi. Setiap mahasiswanya akan disiapkan untuk bisa melakukan fungsi bisnis terkait dan mempraktekkan profesi akuntan. Kamu juga harus mampu menerapkan instruksi pada teori dan prinsip akuntansi, ada akuntansi keuangan, manajerial, biaya, pengendalian anggaran, audit, pajak, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, aspek hukum akuntansi, analisis laporan, prosedur pelaporan, perencanaan dan konsultasi, etika dan standar profesional. Jurusan Akuntansi dibutuhkan di berbagai instansi bisnis yang bersifat profit maupun non-profit, instansi pemerintahan dan publik.

Jurusan Akuntansi umumnya lebih menantang dibandingkan macam macam jurusan kuliah dan prospeknya yang penulis sampaikan ini. Jadi meskipun banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan akuntansi, siswa dengan IPK yang tinggi adalah prioritas utama. Sebelum memilih jurusan perguruan tinggi yang menjanjikan ini yakinkan dirimu, apakah yakin bisa selesai kuliahnya dan sukses dengan prospek kerja nya.

Mata Kuliah Jurusan Akuntansi

Berikut adalah gambaran secara umum mata kuliah jurusan akuntansi tersebut

Pemasaran
Sistem Informasi Akuntansi
Manajemen
Sistem Audit
Akuntansi Pemerintahan
Sistem Informasi Komputer
Perpajakan
Sistem Akuntansi Biaya
Keuangan
Ekonomi

Karakter dan Kepribadian yang sesuai untuk jurusan akuntansi Siswa

Senang bekerja sendiri
Teliti
Independen
Tekun
Senang memecahkan masalah
Detil
Senang menganalisis
Kritis
Senang berhitung
Rasional

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Meskipun sistem akuntansi di masa depan beroprasi menggunakan software, tapi ilmu dasar akuntansi tetap diperlukan di hampir semua instansi.

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Masa Mendatang

Akuntan
Perencana Bisnis Berkelanjutan (Business Continuity Planners)
Asesor Properti dan Real Estate
Manajer Pemasaran
Pemeriksa dan Pengumpul Pajak, dan Agen Revenue
Ekonom
Pemeriksa Keuangan
Juru Taksir
Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai
Pegawai Pajak/ Pegawai Persiapan Pajak
Jurusan Terkait Akuntansi adalah Manajemen Keuangan

Contoh Univesiatas di Indonesia yang ada jurusan kuliah Akuntansi

Akademi Akuntansi YKPN – Swasta
Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis – Swasta
Politeknik Negeri Bandung – Negeri
Politeknik Negeri Jakarta – Negeri
Universitas Airlangga – Negeri
Universitas Bina Nusantara – Swasta

Leave a Reply