Daftar Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya

Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya memang sangat membantu sebagai referensi dalam melakukan riset sebelum manjadi mahasiswa. Dan salah satu orang itu mungkin adalah Anda, yang sedang memikirkan rencana setelah kuliah ingin kerja apa dan dimana? Jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan pilahan Anda tersebut harusnya bisa menjadi acuan untuk lebih semangat menyongsong masa depan. Untuk membantu Anda, dibawah adalah informasi mengenai macam macam jurusan kuliah dan prospeknya, silahkan disimak penjelasannya singkat di halaman ini (detailnya akan terbagi pada masing-masing halaman, jadi maaf bila nanti Anda akan banyak menemukan kata-kata, dan sebagainya atau dan kawan-kawannya):

69 Daftar Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya

daftar jurusan kuliah dan penjelasannya

Macam Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Fakultas Teknik

Pertama kita awali dengan Fakultas Teknik, yang mungkin merupakan jurusan kuliah yang menjamin masa depan Anda. Fakultas ini terbagi dalam berbagai jurusan yang masing-masing memiliki spesifikasi bidang pekerjaan yang khusus. Jadi cukup banyak bidang untuk dipilih dengan prospek kerja yang sama-sama banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Teknik Sipil

Teknik sipil menjadi salah satu jurusan kuliah favorit karena prospek kerjanya yang semakin terbuka lebar. Indonesia merupakan negara yang masih berkembang, jadi banyak perusahaan yang mengembangkan proyek pembangunan, mulai dari perumahan, hotel, ruko, dsb. Setelah lulus kuliah teknik sipil Anda bisa memilih sebagai: desain proyek, rekayasa geoteknik, pengelolaan bangunan dan sebagainya. Lulusan jurusan teknik sipil sangat memiliki peluang kerja besar bidang properti dan perancangan proyek pembangunan.

Teknik Mesin

Spesifikasi Teknik Mesin lebih mengacu pada bidang pengembangan, perancangan dan pengelolaan mesin. Tapi juga masih terbagi, seperti mesin kendaraan, mesin alat industri, mesin pesawat, dsb.

Teknik Elektro

Banyaknya lowongan kerja di perusahaan Elektro, maka bidang yang satu ini juga menyediakan prospek jurusan kuliah yang menjanjikan bagi para mahasiswa yang mengambil prodi di bidang elekronik. Materi teknik elektro misalnya seperti perakitan komponen elektrik, dsb.

Teknik Informatika

Majunya peradaban tak teknologi yang makin canggih seperti sekarang ini, Menjadikan teknik informatika sebagai 1 dari jurusan kuliah terbaik yang menjamin masa depan cerah. Jadi tak heran, bila jurusan ini sekarang makin diminati. Disini Anda akan mempelajari apapun yang terkait dengan bidang komputer, mulai hardware, software, hingga pada pembuatan website, dkk. Jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang adalah prodi yang terkait dengan ilmu teknologi. Seperti halnya sekarang, agar cepat berkembang dan mudah dikenal, setiap perusahaan harus membutuhkan tim teknis web, maintenance,  perancangan dan hal-hal yang tekait denganya. Lowongan kerja teknik informatika terbaru misalnya meliputi bidang  software engineering, bidang telekomunikasi, pengembangan sistem komputer, dsb.

Teknik Arsitektur

Jurusan kuliah Teknik Arsitektur ini sangat cocok bagi Anda menyukai, punya bakat dan kemampuan merancang bangunan, desain interior-eksterior, dsb. Jika yakin dengan kemampuan Anda setelah lulus, maka Anda juga berkesempatan membuka studio sendiri. Peluang kerja dibidang  ini sangat terbuka lebar, sebab saat ini sudah banyak sekali proyek pembangunan, mulai dari wilayah pedesaan hinggadi kota-kota besa. Seperti halnya dengan isu tentang perancangan tata ruang kota, yang memang sudah menjadi salah satu tujuan penting pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup warga, melalui: perombakan taman kota hingga penyediaan berbagai fasilitas publik yang memadai. Dan untu hasil yang optimal, Jasa arsitektur sangatlah dibutuhkan. Jadi jangan bila ada mahasiswa punya kerja sampingan denga gaji sangat lumayan di bidang ini.

Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan ini merupakan bidang yang dikhususkan untuk konservasi lingkungan termasuk udara, tanah dan air. Prospek kerja Teknik Lingkungan terbuka dari pemerintah dan perusahaan swasta sekalipun. Jenis pekerjaannya seperti menganalisis dan mengamati risiko pencemaran limbah produksi pabrik, juga bertugas untuk memetakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh suatu proyek pembangunan.

Geologi

Mahasiswa dengan jurusan kuliah geologi juga memiliki peluang kerja dan karir yang sangat cerah karena terkait dengan perminyakan dan pertambangan juga kajian-kajian penelitian. Sedangkan masalah lingkungan serta pertambangan, belakangan ini merupakan hal yang sangat serius. Jadi sudah pasti bila membutuhkan tenaga-tenaga berkualitas yang mampu memadukan tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi melalui teknik eksplorasi alam. Sedang setiap Perusahaan pertambangan sudah barang tentu kalau tak mau mengambil risiko melakukan eksplorasi alam tanpa didukung oleh pengamatan dan analisis yang cermat. Jadi jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan untuk mahasiswa Geologi adalah di perusahaan pertambangan.

Perminyakan

Saat ini sudah banyak lulusan jurusan perminyakan berhasil meniti karir pada perusahaan2 bonafit. Hingga untuk eksplorasi minyak mereka harus ditempatkan di luar negeri. Selain itu prospek sarjana perminyakan untuk bergaji tinggi juga berpeluang besar. Dan saat ini rekor gaji terbesar yang hanya satu jam, mencapai $63,67. Mungkin karena hal tersebut yang membuat bisang perminyakan sebagai jurusan kuliah yang paling banyak diminati.

Pertambangan

Tidak jauh beda dengan jurusan kuliah perminyakan, keduanya berpeluang besar untuk berkarir di perusahaan tambang.

Teknik Metalurgi

Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya dari Teknik Metalurgi secara singkat adalah cocok untuk Anda yang menginginkan peluang bekerja di berbagai perusahaan logam, yang contohnya seperti: Krakatau Steel, PT Aneka Tambang atau juga lembaga pemerintah.

Teknik Kelautan

Meski mungkin ini bukan jurusan kuliah yang bagus untuk wanita, tapi bidang ini juga merupakan jurusan kuliah yang paling menjanjikan 5 tahun kedepan, sebab saat ini pemerintah sedang berupaya untuk membangkitkan kejayaan Indonesia di dunia maritim. Dan merancang sistem anjungan di garis pantai agar mampu bertahan dalam waktu lama dalam melindungi pantai dan area sekitarnya hanyalahh salah satu contoh pekerjaan teknisnya.

Teknik Sistem Perkapalan

Teknik Sistem Perkapalan untuk saa ini masih menjadi jurusan yang paling jarang diminati, mungkin hal tersebut memang cukup berbeda dari teknik kelautan karena sangat spesifik. Jadi peluang pekerjan di jurusan teknik sistem perkapalan masih terbuka dengan sangat lebar.

Fakultas Kehutanan

Jika dinilai secara awam saja, fakultas ini pastinya memang menyediakan peluang kerja yang menjanjikan. Sebab di Indonesia sendiri memang memiliki banyak kawasan hutan potensial yang masih banyak memerlukan tenaga ahli yang profesional.

Manajemen Hutan

Meski berkaitan dengann hutan, tapi manajemen hutan juga jurusan perkuliahan yang menjamin masa depan dari fakultas jurusan ipa. Setelah lulus banyak karir yang manjamin masa depan Anda di lembaga negara hingga perusahaan swasta. Dan lowongan pekerjaan di lembaga negara seperti: Kementerian Kehutanan, BUMN, Perhutani, kademisi, konsultan dsb.

Budidaya Hutan

Prospek budidaya hutan tak jauh berbeda dengan manajemen hutan, hanya saja ini konsentrasi jurusan pada budidaya hutan dan pengelolaan. Ilmu hutan ini juga erat kaitanya dengan konservasi hutan serta pengelolaan sumber daya alam yang bertanggungjawab. Jurusan kuliah yang jarang diminati dengan peluang kerja besar ini layak untuk jadikan referensi dalam memilih jurusan terbaik yang menjamin masa depan, sebab saat ini pemerintah memang membutuhkan tenaga ahli profesional yang sangat memahami cara pembudidayaan alam beserta pengetahuannya tentang hutan.

Teknologi Hasil Hutan

Setelah lulus dari salah satu jurusan kuliah bidang ipa ini, Anda bisa bekerja di perusahaan swasta hingga sebagai konsultan kawasan pembangunan atau penebangan hutan. Atau peluang kerja lain adalah menjadi peneliti dan tenaga pengajar profesional di jurusan kuliah yang sama.

Konservasi Sumber Daya Hutan

Peluang kerja di bidang ini juga tersedia di lembaga negara hingga pada LSM-LSM penyelamatan lingkungan hidup serta lembaga penelitian. Dan konservasi sumber daya hutan ini juga merupakan salah satu jurusan kuliah ipa yang jarang diminati dari berbagai jurusan kuliah dan penjelasannya yang ada disini.

Manajemen
Hampir setiap perusahaan swasta membutuhan lulusan jurusan manajemen. Jika masuk di bidang ini, kamu tinggal mengembangkan kemampuan dan pengalaman. Kuliah jurusan manajemen menjanjikan pekerjaan untuk menjadi seorang manajer logistik untuk mengawasi, mengelola stok barang perusahaan dan menganalisis. Baca disini untuk mengetahui Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik Di Indonesia.

Fakultas Hukum
Ternyata jurusan kuliah fakultas hukum juga menjadi pilihan favorit di setiap universitas terbaik di Indonesia. Fakultas hukum akan mengenalkan kamu pada peraturan perundangan-undangan dan hukum. Sedang di jurusan tersebut juga masih akan terbagi, diantaranya:

Hukum Tata Negara
Serius di bidang ini akan mengantarkan kamu untuk menjadi pakar hukum dan peneliti. Terlebih saat ini banyak di butuhkan sarjana hukum berkualitas di lembaga negara dan swasta.

Jaksa
Mampu mengantarkan karir kamu di Kejaksaan Negara, ini bagus untuk kamu yang menginginkan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi.

Pengacara
Setelah lulus kuliah, kamu bisa mendaftarkan pekerjaan di lembaga bantuan hukum,  atau jika berminat bisa juga mendirikan firma pengacara sendiri. Tapi untuk bisa menjadi seorang pengacara profesional pastinya dibutuhkan serangkaian kemampuan berkomunikasi dan juga kemampuan menjaring klien yang memerlukan jasa Anda. Saat ini banyak lembaga negara dan swasta yang membutuhkan pengacara, termasuk perusahaan dan LSM, juga masyarakat sipil.

Notaris
Notaris merupakan jurusan kuliah yang sangat prospektif dan selalu dibutuhkan oleh banyak pihak setelah kamu lulus. Peluang kerja diantaranya meliputi pembuatan akta, perjanjian atau kontrak, surat kuasa, dsb. Sudah pasti bahwa tiap perusahaan akan memerlukan jasa notaris.

Fakultas Pendidikan
Dari Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya di jurusanterbaik.com ini, fakultas pendidikan merupakan 1 diantara jurusan yang kurang peminatnya, meski setiap tahun banyak guru dibutuhkan sebagai tenaga pengajar. Sedang untuk bidang spesifikasi fakultas pendidikan juga beragam, kamu bisa memillihnya berdasarkan minat serta kemampuan. Dan Fakultas Pendidikan juga merupakan jurusan kuliah yang bagus untuk prospek kerja, sebab hampir sembilan puluh persen lulusan ini bisa langsung mendapatkan pekerjaan dengan sangat-sangat mudah.

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Selain berpeluang kerja di Dinas Pendidikan bisa juga di lembaga swasta dan lembaga pendidikan pemerintah.

Administrasi Pendidikan
Jurusan kuliah Administrasi Pendidikan juga memiliki peluang kerjanya yang sama dengan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Setelah lulus kamu bisa membuka lembaga konseling sendiri maupun menjadi guru. Baca lebih lanjut disini mengenai peluang kerja kerja jurusan psikologi di masa depan

Pendidikan Khusus
Untuk jurusan ini, memang dikhususkan untuk mendidik dan mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Jurusan ini juga kurang diminati.

Perpustakaan
Jurusan perpustakaan juga 1 dari jurusan kuliah yang jarang diminati, meski dengan peluang kerja yang sangat luas. Dengan sistem yang makin maju juga terkait dengan jurusan teknologi informatika bidang ini tidak akan membosankan.

Pedagogik
Setelah lulus, peluang kerjanya adalah mengajar anak-anak usia dini sebelum mereka memasuki masa sekolah formal pada umumnya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Merupakan fakultas favorit, karena memiliki kesempatan kerja yang terbuka luas.

Ilmu Hubungan Internasional
Dari sekian Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya yang ada disini, ilmu hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan kuliah yang juga memungkin kamu untuk bergaji tinggi. Setelah lulus di jurusan Ilmu Hubungan Internasional, kamu memiliki banyak pilihan, contohnya: diplomat, dosen, duta besar, peneliti, dll.

Imu Pemerintahan
Di jurusan ini kamu dipersiapkan untuk mengetahui lebih luas bidang pemerintahan dan administrasi. Peluang kerja terbuka luas di jajaran birokrasi pusat hingga daerah. Jika tidak maka bisa juga untuk menjadi dosen dan tenaga pengajar di jurusan tersebut.

Ilmu Komunikasi
Merupakan jurusan kuliah yang akan mengantarkan kamu untuk menjadi seorang jurnalis, desainer, pekerja media, dsb.

Sosiologi
Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya selanjutnya adalah Sosiologi, di bidang ini kamu bisa menjadi peneliti ahli ataupun bekerja di lembaga pemerintahan yang sesuai.

Sosiatri
Jurusan yang berfokus pada pengembangan organisasi atau masyarakat dan
masih ada kaitannya dengan bidang sosiologi begitu juga untuk peluang kerjanya.

Fakultas Ilmu Budaya
Karena sudah banyak peluang kerja yang menjanjikan, saat ini jurusan kuliah Fakultas Ilmu Budaya sudah mulai banyak dilirik dan menjadi satu fakultas favorit.

Antropologi
Selain akan mengantarkan kamu untuk menjadi antroplog, jurusan Antropologi juga memungkinkan lulusanya untuk bekerja di berbagai lembaga yang terkait dengannya, seperti penelitian sosial, bidang-bidang pemberdayaan masyarakat.

Fakultas Pertanian

Apa Anda sedang mancari jurusan prospek kerja terjamin. Yups! jurusan kuliah ipa ini juga kurang banyak peminat. Jadi tak heran bila sarjana pertanian semakin dibutuhkan. Berikut adalah daftar jurusan kuliah ipa dan penjelasannya untuk fakultas pertanian:

Agronomi

Peluang kerja di Departemen Pertanian dan lembaga penelitian, atau juga mengembangkan produksi tanaman pertanian alternatif sendiri dari bekal ilmu yang didapat saat kuliah.

Agribisnis

Setelah lulus dari jurusan ini Anda akan banyak menemukan peluang kerja dan karir. Lowongan yang tersedia seperti: Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Biro Pusat Statistik, Kantor Bea Cukai, bahkan Perbankan, dkk.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan. Sebab bidang ini cukup banyak tersedia peluang kesempatan kerja di lembaga pemerintah, Disini Anda nantinya akan bertanggungjawan pada pembangunan pertanian dan program-program penyuluhan.

Mikrobiologi Pertanian

Di jurusan kuliah Mikrobiologi Pertanian ini kamu akan mempelajari juga mengembangkan riset-riset pertanian yang nantinya bisa masuk pada perusahaan swasta atau di lembaga pemerintah.

Ilmu Tanah

Mengembangkan proyek pertanian atau rekayasa kesuburan tanah di suatu perusahaan merupakan prospek kerjanya. Tapi sarjana ilmu tanah juga memiliki peluang dan dibutuhkan untuk kerja di lembaga pemerintahan.

Ilmu Hama dan Penyakit

Suatu hal yang spesifik umunya memang lebih bagus bagus. Seperti halnya dengan penanganan dan pengelolaan sistem keamanan pertanian ini. Untuk saat ini banyak lembaga negara dan perusahaan swasta yang mempekerjakan sarjana ilmu hama dan penyakit tanaman. Terlebih di Indonesia juga memang sedang memerlukan sarjana ini untuk meningkatkan hasil pertanian.

Budidaya Perikanan

Untuk daftar jurusan kuliah dan penjelasannya yang satu ini, kamu jangan berfikir  dengan memilih jurusan budidaya perikanan maka ingin menjadi nelayan ataupun pengusaha ikan. Justru, ini merupakan jurusan perguruan tinggi yang menjanjikan untuk bekerja di lembaga-lembaga riset pemerintah ataupun pada jenis perusahaan yang khusus memproduksi bahan pakan. Nah, apakah kamu sekarang tertarik?

Manajemen Sumberdaya Perikanan

Untuk jurusan kuliah ini lebih terfokus pada manajemennya, meskipun hampir sama dengan budidaya perikanan. Dan prospek kerja di bidang ini pun terbuka untuk berbagai perusahaan swasta hingga pada lembaga pemerintah sekalipun.

Teknologi Hasil Pertanian

Jenis peluang kerja teknologi hasil pangan terbuka lebar di BUMN, lembaga penelitian dan riset, perusahaan swasta, dsb.

Fakultas Peternakan

Untuk fakultas peternakan spesifikasinya mirip dengan Fakultas Pertanian. Hingga pada peluang kerjanya pun serupa, hanya saja ini lebih khusus di bidang peternakan, seperti, riset, kajian hingga pada bidang pengelolaan.

Fakultas Kedokteran

1 jurusan kuliah favorit dari sekian fakultas yang ada. Selain harus pandai, untuk masuk fakultas siapkan juga biayan yang sangat besar, kecuali Anda punya beasiswa. Tapi kelebihanya adalah sebagai salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi, dan bidang yang banyak peluang kerja setelah lulus. Dengan kuliah di jurusan kedokteran, kemungkinan untuk bisa langsung kerja hampir 100% dengan rentang waktu yang hanya kurang dari 6 bulan dari masa kelulusan. Besarnya peluang kerja kuliah di jurusan kedokteran, salah satunya adalah karena kewajiban magang bagi mahasiswa calon dokter dan praktik pengujian yang secara langsung. Dan untuk program penjurusannya akan beragam yang akan disesuaikan pada spesialisasi masing-masing mahasiswa, yang diantaranya adalah:

  • Anestesiologi
  • Neurologi
  • Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  • Ilmu Bedah
  • Mikrobiologi Klinik
  • Ilmu Penyakit Dalam
  • Radiologi
  • Ilmu Kesehatan Anak
  • Bedah Syaraf
  • Bedah Plastik
  • Ilmu Gizi

Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi (Manajemen/Keuangan) satu lagi jurusan kuliah favorit. Dan untuk pembagiann jurusannya juga beragam tergantung dari pihak pengelola pendidikan, atau universitas tempat kamu kuliah.

Akuntansi
Jangan ragu dengan masa depan karir seorang Akuntan, jika di masa kuliah kamu memang benar-benar serius menjalaninya. Setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja dilembaga keuangan negara, pembukuan perusahaan, analis keuangan, dan pastinya perbankan, dll.

Ekonomi Pembangunan
Di bidang ini prospek kerjanya bisa kamu rintis dari perusahaan hingga di bidang akademis dengan cara menjadi dosen dan tenaga pengajar.

Arkeologi
Dari sekian daftar jurusan kuliah dan penjelasannya, Arkeologi merupakan satusatunya yang membuka kesempatan kerja dengan sangat spesifik yang terkait dengan pengelolaan warisan budaya bangsa. Setelah lulus prospek kerja yang menjamin masa depan bisa di bidang konsultan lingkungan, lembaga pemerintah, LSM, dosen, dsb.

Sejarah
Satu lagi dari daftar jurusan kuliah ips terbaik yang membutuhkan kemampuan khusus terhadap sejarah. Lulusan fakultas sejarah berpeluang besar menjadi tenaga pengajar di sekolah ataupun untuk menjadi dosen, media massa, bekerja di lembaga, dsb.

Filsafat
Dengan kuliah di jurusan Filsafat kamu akan bisa membangun karakter kuat dengan peluang kerja ada di bidang akademis, seorang penulis, peneliti, dsb. Saat penulis mencari referensi untuk menulis artikel ini “Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya”, penulis juga menemukan kalimat; “mau jadi apa kamu mengambil fakultas Filsafat”. Tapi apapun itu, jika memang pilihan kamu sendiri, mungkin memang yang terbaik, sebab tak akan sia-sia orang belajar.

Sastra Indonesia
Satu dari jurusan perguruan tinggi yang banyak peluang kerja adalah Sastra Indonesia. Selain berpeluang besar menjadi penulis terkenal, juga bisa berprofesi sebagai editor, ahli bahasa, penerbitan, penerjemah, pengajar, lembaga kajian budaya, di lembaga pemerintah, dsb.

Sastra Nusantara
Jurusan Sastra Nusantara masih terkait dengan studi sejarah nusantara yang memiliki beberapa spesifikasi, mulai dari museum, pengarsipan budaya, perpustakaan, dsb. Tapi ngomong-ngomomg, bikin arsip itu membosankan juga lho, seperti penulis membuat Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya ini menghabiskan waktu berjam-jam untuk kalian, tapi semoga bermanfaat, ya.

Sastra Inggris
Di zaman yang serba teknologi ini Sastra Inggris bisa kamu jadikan sebagai salah satu jurusan kuliah terbaik untuk wanita. Terlebih dengan prospek kerja yang ditawarkan dari jurusan kuliah terbaik ini juga sangat besar. Kamu berpeluang besar menjadi penulis, penerjemah, editor, bekerja di Departemen Luar Negeri, pemandu wisata, lembaga pemerintah dan perusahaan swasta, belum lagi di dunia nyata, di dunia online pun banyak yang membutuhkan jurusan Sastra Inggris.

Sastra Arab
Satu lagi jurusan kuliah yang menjanjikan dari macam macam jurusan kuliah dan prospeknya ini. Jurusan Sastra Arab masih tergolong langka meski sudah sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan swasta, Departemen Luar Negeri, lembaga pemerintah, dsb. Berpeluang besar juga untuk manjadi seorang penerjemah, maupun bekerja di penerbitan, dkk.

Sastra Prancis
Saat ini jurusan kuliah Sastra Prancis juga semakin diminati, karena peluang kerjanya yang juga semakin besar. Terlebih untuk saat ini kebutuhan kemampuan berbahasa juga menjadi nilai plus untuk bisa bekerja di berbagai perusahaan hingga lembaga pemerintah.

Sastra Jepang
Sastra Jepang tak jauh berbeda dengan jurusan sejenis diatas, hanya saja lebih spesifik ke Bahasa Jepang.

Sastra Jawa
Bahasa asing banyak yang mempelajarinya, tapi bagaimana dengan tradisi kita sendiri. Seperti jurusan Sastra Jawa, setelah lulus peluang pekerjaan kamu ada di instansi pemerintah, penerjemah, penerbitan hingga editor, dkk.

Fakultas Psikologi
Jurusan psikologi juga merupakan fakultas favorit karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Prospek kerja yang menjanjikan seperti menjadi HRD, konseling, bagian penerimaan kerja dsb. Jika tidak, maka kamu juga bisa membuka praktik konsultasi sendiri. Temukan disini fakultas psikologi terbaik di dunia

Leave a Reply