Tes Psikologi Untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah sangat penting bagi calon mahasiswa yang tidak ingin melakukan kesalahan. Sebab sangat disayangkan bila memilih jurusan tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan mu, misal karena hanya ikut-ikutan. Dan lama kelamaan ketidaknyamanan dalam belajar pasti akan terjadi, lalu peluang kegagalan untuk menjadi sarjanapun semakin membesar.

Psikologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan tingkah laku seseorang. Dalam hal ini, psikologi bisa membantu Anda yang sedang bingung memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat. Sebab banyak diantara teman-teman kita salah memilih jurusan yang tidak sesuai dengan passion mereka, lalu berakhir dengan penyesalan. Untuk itu sangat penting memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian, bakat dan minat. Nah, untuk itu JurusanTerbaik.com akan mengajak Anda untuk melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah sendiri.

Tes Psikologi Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian

tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah,contoh soal tes minat dan bakat,tes minat bakat ui,tes mengetahui bakat terpendam,memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian Tipe realistik

Kepribadian realistik lebih cenderung menyukai jenis lapangan kerja yang berorientasi pada penerapan. Dalam ilmu psikologi ciri dari realistik adalah: mempunyai koordinasi motorik yang kuat, mengutamakan kejantanan dan kekuatan otot, mempunyai kecakapan, ketrampilan fisik, konkrit, kurang memiliki kecakapan verbal, bekerja praktis, kurang peka dalam hubungan dengan orang lain dan kurang memiliki ketrampilan social. Orang dengan tipe kepribadian realistis selalu ditandai dengan tugas-tugas yang konkrit, fisik dan eksplisit dengan tantangan. Dan dalam memecahkan masalah secara efektif mereka umumnya memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, ketahanan tertentu dan gerakan.

Dalam hal kemampuan penunjang, orang bertipe kepribadian realistik umumnya lebih menyukai praktek ketimbang teori. Setelah Anda menilai diri Anda sendiri melalui tes kepribadian untuk memilih jurusan kuliah, jika masuk pada tipe realistik, berikut pilihanya: pemograman, Ilmu komputer, matematika, teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, automotif, farmasi, pertanian dan perikanan.

Tipe intelektual

Untuk Orang dengan tipe intelektual/investigative, cocok dengan jenis pekerjaan yang bersifat akademik. Ciri dari tipe intelektual adalah memiliki kecenderungan untuk merenungkan suatu masalah daripada mengatasinya dan tidak sosial dan berorientasi pada tugas. Mereka menyenangi suatu tugas yang bersifat kabur, membutuhkan pemahaman, sikap yang tidak konvensional, memiliki nilai-nilai serta kegiatanya bersifat intraseptif.

Tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark dan kreatif sangat tepat untuk tipe kepribadian intelektual. Dalam cara memecahkan masalah yang efektif serta efisien mereka memerlukan imajinasi, intelejensi serta kepekaan terhadap sesuatu yan bersifat fisik dan intelektual. Kriteria keberhasilannya dalam melaksanakan tugas bersifat objektif serta bisa diukur, tapi secara bertahap dan perlu waktu yang cukup lama. Sedang untuk Jurusan kuliah yang sesuai seperti: bidang Perangkat Lunak, Kimia, Fisika, Biologi, Gizi, Desain Periklanan, Ilmu Pasti Atau Eksakta, Krimonologi, Matematika.

Tipe sosial

Kepribadian sosial tepat untuk lapangan pekerjaan yang sifatnya membantu. Ciri Tipe sosial adalah pandai berbicara dan bergaul, responsive, penuh bertanggung jawab, religius , berkecakapan verbal, lebih berorientasi pada perasaan, menjauhkan diri pada pemecahan masalah intelektual, hubungan antarpribadi. Ini adalah Orang yang suka berkomunikasi. Dilihat dari orientasi kerja dapat menimbulkan status dan harga diri. Dari hasil tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah jika pada tipe ini, maka pilihanya adalah: Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, Bimbingan Konseling, Guru, dan Sekretaris.

Tipe konvensional

Tipe kepribadian konvensional suka pada ini pada angka yang teratur, menyenangi bahasa yang tersusun baik, senang mengabdi, menghindari situasi yang kabur, mengidentifikasikan diri dengan kekuasaaan, memberi nilai yang tinggi pada materi dan status, mengadaptasikan dirinya dengab atasan untuk mencapai tujuan.

Tipe konvensional pada tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah, dalam mecahkan masalah mereka memerlukan suatu proses informasi matematis dan verbal secara kontinu, konkrit, rutin dan sistematis. Dan untuk memecahkan masalah hanya memerlukan waktu yang singkat. Jika kamu tipe ini dan bingung memilih jurusan kuliah, maka pilihanya adalah: Administasi Progammer, Akuntansi dan Statistik Ekonomi.

Tipe enterprising

Ciri khas dari tipe enterprising diantaranya memiliki ketrampilan berbicara dalam berbagai situasi bahkan dengan mudah mampu mempengaruhinya, mereka sangat  mudah beradaptasi, punya perhatian besar pada kekuasaan, kepemimpinan dan status, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, dan agresif pada kegiatan lisan. Ciri lain dalam hal tugas, enterprising selalu menitikberatkan kepada kemampuan verbal yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain dan mengarahkannya. Dalam ilmu psikologi, Contoh pekerjaan yang cocok adalah sebagai: politikus, pedagang, manajer pimpinan eksekutif perusahaan serta pekerjaan lain yang sejenis. Dan jika dari contoh soal tes minat dan bakat ini Anda mengarah pada tipe ini, maka urusan kuliah adalah: Komunikasi, Manajemen, Marketing Komunikasi, Bisnis dan Hubungan Internasional.

Tipe artistik

Ciri dari orang bertipe artistik adalah cenderung berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, sukar menyesuaikan diri, dan bersifat sosial. Dilihat dari tugas maupun pekerjaan, dalam penyelesaian masalah mereka memerlukan kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa atau interpretasi, imajinasi dan perasaan. Secara umum, orang dengan tipe kepribadian artistik ini lebih menitikberatkan pada keadaan sekitar, menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, melakukanya dengan ekspresi diri dan keteraturan. Dan untuk contoh pekerjaan cocok adalah: penyair, pencipta lagu, ahli musik, ahli drama dan pekerjaan lain yang sejenis.

memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Melalui Contoh Soal Tes Minat Dan Bakat

  1. Tes minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah yang tepat adalah dengan cara mengenali hal-hal yang disukainya terlebih dahulu, bisa dari hobi dan lainya.
  2. Lihat apa saja potensi yang dimiliki. Setelah mengetahui potensi yang ada, kamu lebih mudah menentukan memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian, termasuk bidang kerja di masa depan setelah lulus. Cara mengenali potensi diri bisa dilakukan dengan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah, atau dengan melakukan tes minat bakat yang dipandu oleh psikolog. Cari tahu mata pelajaran apa kamu anggap paling mudah dan cepat paham. Tapi penting juga untuk potensi yang berkaitan dengan soft skill. Untuk mengetahui potensi keterampilan sosial ini bisa diungkap melalui tes psikologi.
  3. Cari Tahu Bidang Aktivitas Apa yang Ingin di Dalami. Meskipun ini untuk memilih bidang pekerjaan atau jurusan kuliah, kamu harus bisa mengenali, bidang apa yang ingin ditekuni.

Oke! Sampai disini semoga sedikit penjelasan dari tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini bermanfaat. Selamat menjemput masa depan yang di janjikan oleh Jurusan Terbaik sesuai pilihanmu.

Leave a Reply