Syarat Masuk Jurusan Psikologi Pada Umumnya

Syarat Masuk Jurusan Psikologi Pada Umumnya

stars

Syarat masuk jurusan Psikologi di berbagai universitas atau sekolah tinggi pada umumnya adalah sama dan tentunya hampir tidak jauh berbeda dengan beberapa jurusan lainnya. Di dalam jurusan ini Anda akan mempelajari tentang perilaku dan kejiwaan manusia. Perlu dicatat bahwa saat mengambil S1 memang Anda belum bisa memilih peminatan tertentu dan baru nanti setelah melanjutkan ke jenjang pendidikan S2, maka Anda bisa memilih beberapa peminatan Psikologi yang tersedia. Atau baca disini, Peluang Kerja Jurusan Psikologi di Masa Depan.

Syarat masuk jurusan Psikologi pada umumnya

syarat masuk jurusan psikologiBanyak sekali kampus yang menawarkan jurusan ini karena memang peluang kerja jurusan Psikologi amat prospektif seperti bekerja di bagian HRD, menjadi trainer atau konsultan, Psikolog, guru, dan sebagainya. Untuk masuk ke jurusan Psikologi sendiri, Anda harus mengikuti ujian misalnya yang diselenggarakan saat SMPTN untuk universitas Negeri atau langsung memilih lewat Ujian Masuk atau Saringan Masuk kampus yang dipilih.

Persyaratan masuk jurusan Psikologi pada umumnya adalah harus lulusan dari SMA/SMK/MA/sederajat. Terkadang beberapa kampus juga mensyaratkan ijazah sekolah tidak lebih dari 3 tahun ketika mendaftar, meski kebanyakan ada juga yang mengenakan tanpa batasan tahun lulus. Jika tertarik mendaftar ke jurusan Psikologi kelas Internasional, maka beberapa kampus juga ada yang menawarkan dan mungkin menambahkan syarat kemampuan berbahasa Inggris yang dapat dilihat pada sertifikat TOEFL/IELTS.

Perbedaan Psikologi Ipa dan Ips

Setelah Anda berhasil memenuhi syarat-syarat tersebut, maka yang perlu dilakukan sekarang adalah mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai macam tes masuk. Tanpa lolos dari tes masuk maka Anda tidak bisa menjadi mahasiswa jurusan Psikologi. Satu hal penting yang perlu dicatat, Anda tidak perlu khawatir kalau saat Sekolah Menengah Atas mengambil kelas IPA atau IPS, karena baik IPA maupun IPS bisa sama-sama mengambil jurusan ini. Jadi, jangan sampai bingung apakah kalau mau masuk ke jurusan Psikologi harus lulusan IPA atau IPS karena semuanya bisa asalkan lulus syarat masuk Jurusan Psikologi serta ujian tertulis maupun ujian lain yang mungkin dipersyaratkan. Jika semua berhasil, selamat! Anda bisa belajar mata kuliah jurusan psikologi, mulai dari materi kuliah psikologi umum semester 1 dst.

Itulah beberapa informasi yang semoga bermanfaat kalau Anda tertarik mengambil jurusan ini. Sekedar tips mungkin anda perlu mencari dan mempelajari contoh soal masuk jurusan psikologi.