Strategi Pemasaran Internasional Berbagai Perusahaan

Strategi Pemasaran Internasional Berbagai Perusahaan

stars

Strategi pemasaran internasional sangatlah diperlukan untuk melebarkan sayap usaha atau bisnis hingga dalam jangkauan yang lebih luas lagi. Dulunya, pasar internasional sangat sulit untuk ditembus. Selain karena keterbatasan alat transportasi, teknologi yang belum canggih pun menjadi salah satu alasan yang menghambat pasar internasional.

Strategi pemasaran internasional yang mulai populer

Strategi pemasaran Internasional, Materi strategi pemasaran Internasional, Pengertian strategi pemasaran Internasional, Contoh perusahaan internasional, pemasar internasionalBidang manajemen yang mempelajari pemasaran internasional pastinya bukanlah hanya sekedar memasarkan sebuah produk hingga mencapai luar negeri, tapi pelaksanaannya juga sudah mencakup semua proses seperti persiapan, perencanaan, penempatan, hingga mempromosikannya ke pasar seluruh dunia. Sekarang ini, pengertian strategi pemasaran Internasional lebih luas jangkauannya.

Dahulu, pasar internasional hanya bisa dicapai oleh perusahaan besar yang sudah mempunyai kantor di berbagai negara untuk menjangkau konsumen di negara tersebut. Namun, kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat bisnis bertaraf kecil pun bisa menjangkau konsumen berskala internasional.

Contoh perusahaan internasional yang sudah dikenal luas sebagai bisnis yang sukses adalah McDonald, Toyota, Starbucks, Coca Cola, Samsung, Glencore International, Kentucky Fried Chicken, Volkswagen dan lain sebagainya.
Perusahaan yang sudah terkenal itu tidak serta merta langsung menjadi perusahaan besar. Mereka harus bersedia untuk mengembangkan profil di berbagai daerah yang berbeda dari mitra dagang dengan perdagangan terbesar di negara-negara lain agar para konsumen bisa mendapatkan produk tersebut, meskipun berada jauh dari tempat perusahaan itu.

Meskipun perusahaan-perusahaan internasional ini menggunakan jaringan distribusi lokal tapi mereka dapat membuat jaringan sendiri. Saat perusahaan akan membuka pasar baru, biasanya mereka akan memulai dari pusat perkotaan yang ramai sebagai target strategi pemasaran Internasional yang dilakukan.

Tidak mudah untuk bisa melebarkan sayap hingga luar negeri dan berhasil. Salah satu rahasia kesukesan dari perusahaan-perusahaan internasional adalah perhatian khusus pada bauran pemasaran. Hal ini perlu dilakukan karena bauran pemasaran yang bekerja secara efektif di suatu negara bukan berarti bisa efektif juga untuk negara lain.

Selain itu, komunikasi antar budaya juga memiliki andil besar dalam strategi pemasaran internasional. Seperti yang kita tahu bahwa setiap negara memiliki perbedaan bahasa dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, untuk menguasai pasar internasional, pemasar internasional harus memahami komunikasi tersebut untuk membangun kemitraan dengan perusahaan lokal.

Apabila sebuah produk internasional akan dipromodikan maka perusahaan tersebut harus mempunyai keputusan mengenai trade off antara standar lokal dengan KBRI. Mungkin saja sebuah pesan tunggal lebih terjangkau untuk menjaga produksi dan merek, tapi hal ini akan mengalami perbedaan karena budaya masing-masing daerah.

Sebuah perusahaan internasional harus berhati-hati dalam mengeksplorasi pasar yang berbeda pada setiap daerah. Mereka harus mempersiapkan adaptasi yang baik mengenai produk yang akan dipasarkan, seperti halnya perubahan nama yang mengikuti budaya dan kebiasaan daerah setempat. Oleh karena itu, mereka tidak bisa hanya diam saja. Mereka harus lebih aktif dalam mengunjungi berbagai target pasar untuk mengetahui lebih dalam mengenai prospek produknya di daerah tersebut dan juga mempersiapkan strategi pemasaran internasional yang tepat.