SBMPTN Adalah Seleksi Bersama Masuk PTN

SBMPTN adalah seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, atau merupakan salah satu jalur seleksi secara nasional melalui ujian tertulis untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jika sebelumnya

SBMPTN adalah seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri

Jalur dan cara pendaftaran SBMPTN

pelaksanaan SBMPTN yang dilaksanakan secara serentak hanya dengan sistem PBT (Paper Based Testing) Tes menggunakan kertas. Sekarang sudah ada juga CBT (Computer Based Testing) atau tes menggunakan komputer.

Setiap calon mahasiswa yang mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri bebas memilih metode tes yang akan diikuti. Jadi peserta tak perlu bingung dengan dua sistem tes SBMPTN yang ditawarkan nantinya. Karena memang mulai tahun kemarin tes seleksi sudah memakai PBT dan CBT. Tapi meskipun pelaksanaan tes berbeda, tiap peserta tetap tidak bisa memilih keduanya.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN Adalah

SBMPTN 2017 dapat diikuti oleh setiap siswa pendidikan menengah lulusan maksimal 3 tahun terakhir: 2015, 2016, dan 2017, termasuk Paket C. Dibanding SNMPTN, peserta SBMPTN lebih memiliki cakupan yang luas, jadi tidak heran bila mencapai ratusan ribu dan Anda akan kesulitan mengakses WebSite Resmi  http://sbmptn.ac.id. Dan SNMPTN dan SBMPTN adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang digunakan perguruan tinggi negeri.

Baca disini: Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Wanita

Untuk SNMPTN, seleksi untuk masuk perguruan tinggi ini didasarkan pada nilai rapor siswa, tapi tidak semua siswa berkesempatan mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN. Berbeda persyaratan sbmptn yang bisa di ikuti oleh semua siswa lulusan menengah atas dan sederajat (maksimal 3 tahun terakhir) dan didasarkan pada hasil ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Sedangkan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Ilmu Seni serta Keolahragaan wajib mengikuti ujian keterampilan yang diadakan.

Prediksi Soal SBMPTN Adalah

Jika Anda penasaran dengan prediksi soal sbmptn, berikut mungkin bisa membantu dan melakukan persiapan. Kemampuan yang diujikan adalah higher order thinking, atau kemampuan penalaran tingkat tinggi yang diantaranya: potensi akademik (TKPA), bidang sains serta teknologi (SAINTEK), penguasaan bidang studi dasar (TKD) serta humaniora (SOSHUM).  Ditambah dengan Bahasa Indonesia, Matematika Dasar, Bahasa Inggris, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Biologi, Matematika IPA, Kimia, dan Fisika, yang masing masing ada 15 soal dan terbagi sesuai kelompoknya, sesuai jurusan kuliah pilihan Anda.
1. Kelompok SOSHUM:
2. Kelompok SAINTED:
3. Kelompok Campuran:
4. Bidang Sosial dan Humaniora

Baca juga disini: Jurusan Kuliah Terbaik Yang Menjanjikan Dengan Prospek Kerja Besar

Dan masalah biaya seleksi SBMPTN dibayarkan melalui Bank Mandiri atau Bank BNI, dan biaya yang sudah kamu bayarkan tidak bisa di tarik lagi.

Demikian pengertian dari SBMPTN dan sedikit informasi yang mungkin bermanfaat nantinya. Untuk Informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjugi laman resminya. Dan harap bersabar jika nanti saatnya pengumuman, karena mungkin Anda adalah salah satu peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang keselitan mengaksesnya.

No Responses

Leave a Reply