Prospek: Jurusan Ekonomi Syariah Kerjanya Apa?

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

Mungkin karena dianggap terlalu spesifik, lalu banyak pertanyaan jurusan ekonomi syariah kerjanya apa? Di artikel sebelumnya penulis pernah mengulas mengenai jurusan Ekonomi Islam ini, yang menyatakan bahwa jurusan fakultas ekonomi ini juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjamin masa depan cerah. Terbukti, Ekonomi Syariah semakin hari semakin di kenal dunia dan terus mengalami peningkatan sejak beberapa tahun terakhir. Contohnya di Indonesia sendiri Anda sudah banyak menemukan Bank syariah.

Jurusan Ekonomi Syariah Kerjanya ApaJurusan fakultas ekonomi cakupanya sangat luas dan mungkin bisa dibilang tidak terbatas untuk beberapa orang, karena terus berkembang dan mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Seperti halnya saat ini di setiap bank besar yang ada Indonesia, banyak yang sudah turut mengembangkan cabang Bank Syariah untuk memperluas jaringan nasabahnya. Langkah tersebut karena disadari bahwa populasi muslim di Inonesia terus meningkat dan mereka sadar akan potensi dari kekuatan Ekonomi Syariah ini. Jadi pertanyaan Anda “jurusan ekonomi syariah kerjanya apa?” untuk potensi dan prospek kerja lulusan Ekonomi Islam ini terbuka lebar jika ingin bekerja di perbankkan Syariah.

Program Studi Jurusan Fakultas Ekonomi Syariah juga ada di beberapa universitas terbaik di Indonesia. Di masa perkuliahan yang Anda jalani nanti, Anda akan banyak mempelajari mata kuliah ekonomi syariah, yang diantaranya: Sistem Ekonomi Islam, Akuntansi Keuangan & Perbankan Syariah, Manajemen Operasional Bank Syariah, Produk & Jasa Perbankan Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, Ekonomi Mikro/Makro Syariah, Praktek Bisnis Syariah, dan lainya. Materi ekonomi syariah semester 1 tentunya adalah dasar yang harus Anda kuasai, agar di semester berikutnya lebih mudah dikuasai.

Baca juga:

Karakteristik Mata Kuliah Ekonomi Syariah

Daftar Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya

Jurusan Ekonomi Syariah Kerjanya Apa?

Nah berikut adalah beberapa prospek kerja jurusan Ekonomi Syariah untuk menambah semangat mu dalam belajar:

Bank Syariah

Alumni Lulusan Ekonomi Islam sudah pasti mempunyai prospek kerja di sektor bank syariah dengan peluang yang sangat besar. Dengan semakin bertambahnya cabang Bank syariah dari berbagai Bank di Indonesia maka mereka juga memerlukan banyak sumber daya manusia dari fakultas ekonomi ini.

Lulusan Ekonomi Syariah yang bekerja di Bank syariah bisa mengisi posisi sebagai Teller, Akuntan, Customer Service, Marketing, ataupun MSDM. Sebab sudah pasti, siapa saja yang mengelola bank Syariah pastinya adalah mereka yang mengerti ilmu ekonomi Syariah.

Staff Akuntan/Finance Perusahaan

Jika tidak berminat bekerja di Bank, maka setiap mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah juga berpeluang untuk berkarir di perusahaan dan BUMN. Sebab setelah lulus dari jurusan fakultas ekonomi, pastinya Anda juga sudah mahir dalam mengelola keuangan perusahaan agar berjalan dengan baik.

Pegawai Negeri Sipil

Ekonomi Syariah juga merupakan Jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah, bila pekerjaan yang Anda inginkan adalah PNS. Sebab selain di perusahaan maupun di BUMN, dan Bank Syariah, setelah lulus Anda juga punya kesempatan besar untuk berkarir di pemerintahan dengan menjadi PNS. Contoh spesifik instansi pemerintahan yang akan membutuhkan Anda setelah lulus kuliah adalah dengan jurusan Ekonomi Islam, adalah: Kementrian Agama dan Dinas Agama Daerah.

Lembaga Islam

Setiap lembaga Islam, mereka juga membuka lebar peluang untuk lulusan Ekonomi Islam. Anda dibutuhkan karena memiliki sumber daya manusia yang mengerti Islam , sistem ekonomi dan cara mengelola keuangan di lembaga itu.

Pengusaha

Dengan bermodal pengetahuan ekonomi serta cara pengengelola bisnis yang baik dan benar, maka seharusnya Anda tidak perlu bertanya jurusan ekonomi syariah kerjanya apa? di Google setelah lulus nanti. Sebab lulusan ekonomi Islam juga berkesempatan besar untuk menjadi pengusaha. Dengan demikian Anda akan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, Jadi apa yang di dapat saat kuliah bisa lebih bermanfaat.

OK! itu hanyalah sedikit prospek kerja jurusan ekonomi syariah secara umum yang bisa penulis utarakan dalam artikel ini. Sebab bila ditelusuri dan dirinci lebih dalam lagi, pastinya peluang kerja ekonomi Islam tak kalah dengan jurusan kuliah terfavorit lainya.

Leave a Reply