Program Studi dan Biaya Kuliah Kedokteran UGM

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia dapat berkuliah di jurusan kedokteran merupakan suatu kebanggaan tersendiri bukan karena biayanya yang mahal. Namun karena prospek karir yang menjanjikan dan berkelas. Salah satu perguruan tinggi dengan kualitas tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran ialah Universitas Gadjah Mada atau UGM yang berada di kota pelajar yakni Yogyakarta. Banyak yang bertanya tentang biaya kuliah kedokteran UGM karena banyak juga yang berminat untuk menjadi mahasiswa kedokteran universitas ini.

Daftar program studi dan biaya kuliah kedokteran UGM

biaya kuliah kedokteran UGM, biaya kuliah UGM, biaya kuliah kedokteran UGM sampai lulus, biaya universitas kedokteran, biaya sekolah kedokteran UGMFakultas kedokteran ugmmenyelenggarakan berbagai program studi dalam ilmu kedokteran yang beragam. Keberagaman program studi tersebut juga berpengaruh pada biaya kuliah kedokteran UGM sampai lulus juga berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar program studi sekaligus biaya perkuliahan yang harus dibayarkan oleh masing-masing mahasiswa.

Baca juga disini: Biaya sekolah kedokteran termurah

1.    Pendidikan dokter

Terkenal dengan kualitas yang sangat ungul dalam menyelenggarakan dan mendidik para mahasiswa untuk menjadi dokter yang handal dan profesional, biaya perkuliahan kedokteran UGM tetap berkisar pada biaya yang hampir sama dengan universitas-universitas penyelenggara kedokteran yang lainnya. Baik di Yogyakarta maupun di luar kota Yogyakarta. Terdapat enam golongan besaran pembayaran uang kuliah tetap atau UKT dengan acuan penghasilan orang tua mahasiswa per bulannya. Besaran UKT golongan I adalah Rp 500 ribu sampai dengan Rp 22,5 juta pada golongan VI.

2.    Pendidikan dokter gigi

Biaya kuliah UGM khususnya pada program studi pendidikan dokter gigi juga dibagi menjadi enam golongan sesuai kemampuan finansial para mahasiswa. Hampir sama dengan pendidikan umum, biaya uang kuliah tetap per semester pada prodi ini ialah Rp 500 ribu untuk golongan pertama dan Rp 20 juta untuk golongan VI dengan pengahasilan orang tua lebih dari Rp 10 juta per bulannya. Biaya universitas kedokteran UGM ini dirasa sangat mendukung seluruh calon dokter dari berbagai macam kemampuan.

3.    Ilmu keperawatan gigi

Untuk program studi yang memiliki jenjang karir sebagai perawat khusus kesehatan gigi ini biaya kuliahnya relatif sama dengan program studi yang lainnya. Terdapat enam golongan pula. Rp 500 ribu dan terus naik seiring kenaikan golongan hingga golongan VI sebesar Rp 9 juta saja.

4.    Kedokteran hewan

Tidak hanya menyelenggarakan pendidikan dokter umum dan gigi saja, Universitas Gadjah Mada juga menyelenggarakan program studi kedokteran hewan. Program kedokteran hewan juga sama seperti yang lainnya yakni diselesaikan dalam kurun waktu empat tahun atau delapan semester. Biaya uang kuliah tetap pada program studi ini juga bertahap dari golongan I hingga golongan VI.
Yang masuk dalam golongan I ditetapkan harus membayar UKT sebesar Rp.500 ribu hanyalah bagi mahasiswa dengan orang tua yang berpenghasilan kurang dari Rp 500 ribu per bulan sedangkan golongan VI UKT dapat mencapai Rp10 juta. Itulah sedikit gambaran singkat biaya universitas kedokteran, di lain kesempatan akan kita coba informasikan lebih banyak lagi.
Universitas Gadjah Mada atau UGM memang merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tingkat tinggi kedokteran dengan kualitas yang telah diakui dunia. Biaya kuliah kedokteran UGM juga sepadan dengan hasil lulusannya.

Leave a Reply