Perbedaan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika

Apasih sebenarnya perbedaan teknik informatika dan manajemen informatika? Yups! mungkin Kamu pernah menanyakan hal tersebut kepada diri sendiri, atau sekarang dan langsung mencari jawabanya di Internet. Saat ingin memasuki universitas dan memilih jurusan, kemudian menemukan 2 bidang tersebut, bisa dipastikan kamu akan menanyakan perbedaanya terhadap diri sendiri. Bagi yang belum mengetahui, silahkan simak ulasan dibawah ini agar menemukan jawabanya, dan mengetahui bedanya Teknik Informatika dan Manajemen Informatika.

Jurusan kuliah teknik informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang dikhususkan menangani pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer se-optimal mungkin. Jurusan teknik informatika adalah bidang ilmu yang lebih banyak mengkaji komputasi dan pemrograman, teknologi jaringan komputer dan software.

Lalu Apa Perbedaan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika juga Yang Dipelajari nya ?

Perbedaan Teknik Informatika dan Manajemen InformatikaAlgoritma merupakan dasar ilmu dari Teknik Informatika. Dan melalui universitas jurusan teknik informatika terbaik pilihanya, setiap mahasiswa akan diarahkan agar bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika. Setelah lulus kuliah diharap mereka sudah mahir dalam memahami, menilai, menganalisis, dan menerapkan, termasuk menciptakan softwarenya. Jurusan kuliah teknik informatika sendiri juga dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1.   Sistem Informasi
Memberikan pengertian dasar dan pengetahuan tentang konsep, kerangka sistem informasi, teknik perancangan dan metodologi, pengetesan, pengembangan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak / software.
2.   Pemrograman dan Komputasi
Memberikan kemampuan dan pengetahuan dalam menganalisis permasalahan pada ruang lingkup Komputasi, Sistem Terdistribusi, Komputasi Paralel, Teknologi Antar Jaringan.
3.   Rekayasa Perangkat Lunak
Materi teknik informatika yang dipelajari untuk bidang yang satu ini adalah Desain Obyek dan Analisa, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Pemrograman Basis Data Client Server, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak.
4.   Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi jurusan Teknik informatika yang mempelajari Arsitektur Komputer, Sistem Digital, Organisasi Komputer, Sistem Mikroprosesor, Elektronika, Jaringan Komputer dkk.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika Di Masa Depan

Harusnya kamu percaya bahwa bidang aplikasi komputer saat ini sudah sangat luas, dan hampir tidak ada ruang kehidupan yang belum memanfaatkan teknologi komputer. Semakin luasnya bidang aplikasi ini karena terbatasnya jumlah system analyst, tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak dan pesatnya perkembangan teknologi informasi, hingga membuat prospek kerja teknik informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan.

Baca juga mengenai: Jurusan Teknik Komputer Dan Prospek Pekerjaanya

Lulusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana

Jika kamu punya pertanyaan jurusan teknik informatika bisa kerja dimana? berikut adalah jawabanya: Computer network/Data Communication Engineer, Programmer, Web Designer, Sistem Analis, Software Engineer/Web engineer, Lembaga Penelitian dan Instansi Pemerintah, di perusahaan jasa telekomunikasi, konsultan atau dosen di perguruan tinggi, perbankan, dan tentunya masih banyak lagi).

Pengertian Manajemen Informatika

Jika kembali pada perbedaan teknik informatika dan manajemen informatika, memang pada dasarnya tidak jauh berbeda, hanya saja ada beberapa mata kuliah manajemen informatika yang diajarkan cukup berbeda.

Perkembangan dunia bisnis dan usaha hingga dunia industri mampu mempengaruhi teknologi yang digunakan turut untuk berkembang. Sebab mereka membutuhkan teknologi yang tepat untuk menghasilkan informasi yang lebih cepat tapi juga tepat dan menghasilkan komunikasi yang kian efektif. Keadaan tersebut memerlukan sumber daya sesuai, tentunya mereka yang menguasai teknologi masa kini seperti yang dibutuhkan. Jangan meragukan prospek kerja manajemen informatika, Sebab Manajemen informatika adalah satu satunya disiplin ilmu Manajemen yang memiliki konsep keilmuan juga pengembangan pada pemrograman maupun desain yang akan memenuhi tuntutan itu.

Pelajaran Manajemen Informatika

Konsentrasi Manajemen Informatika, pembelajarannya terbagi menjadi desain dan pemrograman. Dengan kompetensi mata kuliah sbb:
•Basisdata Oracle dan MySQL
•Bahasa program PHP dan Delphi
•Pembuatan dan manipulasi gambar digital
•Desain grafis,animasi dan multimedia komputer
•Video editing
•Pembuatan animasi web dan kartun

Peluang Kerja Jurusan Manajemen Informatika

Setiap mahasiswa lulusan Manajemen Informatika sangat diharap mampu menjadi individu yang profesional dan kreatif di bidangnya, dan contoh lowongan kerja jurusan manajemen informatika seperti:
•Sebagai Konsultan Desain
•Sebagai Administrator Sistem dan Web
•Sebagai Tenaga Ahli Desain Grafis
•Sebagai Junior Programmer

Demikian sedikit penjelasan mengenai Perbedaan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika. Semoga ulasan tersebut bisa menjawab apa yang ingin kamu ketahui, atau temukan jawaban lain di artikelnya, sekian.

Leave a Reply