Pengertian Fakultas Hukum dan Dasar-Dasarnya

Pengertian Fakultas Hukum dan Dasar-Dasarnya

stars

Bagi anda yang bercita-cita menjadi seseorang yang bergelut dalam dunia hukum, melanjutkan pendidikan tinggi ke perguruan tinggi dengan jurusan hukum adalah langkah yang sangat tepat. Namun tidak semua universitas di Indonesia menyelenggarakan fakultas hukum dalam pelayanan pendidikan mereka. Sebelummengambil langah dengan memilih universitas yang tepat, ketahuilah dahului tentang pengertian fakultas hukum.

Informasi dan pengertian fakultas hukum

pengertian fakultas hukum, arti fakultas hukum, fakultas hukum adalah, definisi fakutas hukum, arti fakultas hukum.Sebelum berjalan lebih jauh untuk mengupas tentang materi hukum, sebaiknya diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya hukum itu dan beberapa penjelasan tentang hal-hal lainnya:

1. Pengertian hukum

Hukum adalah peraturan atau adat istiadat yang resmi dan valid untuk mengikat personal yang terdapat dalam suatu wilayah dan dikukuhkan atau diresmikan oleh pemerintah. Setelah mempelajari segala sesuatu tentang hukum selam kurun waktu pendidikan sesuai dengan jenjangnya, para lulusan hukum dapat bekerja di berbagai perusahaan atau bahkan instansi pemerintahan. Profesi seperti pengacara, jaksa dan hakim pun dapat menjadi pilihan tepat.

2. Bidang ilmu jurusan hukum

Banyak yang mengira jika berkuliah di fakultas hukum, materi yang dipelajari adalah hanya sebatas tentang penghafalan pasal atau yang sejenisnya. Namun jangan salah karena anggapan tersebut adalah kurang tepat. Bidang ilmu yang dipelajari dalam jurusan hukumantara lain logika, implementasi hukum dalam kehidupan sehari-hari, perundang-undangan dan masih banyak lagi.

3. Dasar hukum

Pada proses perkuliahan awal, pasti akan disampaikan tentang materi dasar-dasar hukum yang akan sangat penting sebagai materi pengantar pada materi selanjutnya. Dasar hukum antara lain hukum perdata, hukum tata negara dan administrasi negara, hukum acara, hukum pidana dan hukum tentang kegiatan ekonomi. Sejumlah dasar hukum tersebut merupakan beberapa jenis hukum yang umumnya terjadi di Indonesia.

4. Karir bagi lulusan fakultas hukum

Selain berdasar sebagai pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas jurusan IPS, jurusan hukum sangatlah pas dimbil oleh para lulusan IPS sebagai jurusan yang menghantarkan anda pada karir yang profesional serta menjanjikan. Bagi lulusan jurusan hukum dengan jenjang sarjana, magister atau doktoral, beberapa profesi dengan karir cemerlang dan pastinya dengan penghasilan tinggi yang dapat dicapai atau diperoleh.

Antara lain bekerja di bidang perpajakan, bekerja pada biro hukum seperti menjadi seorang penasehat hukum atau pengacara, bekerja di jajaran pemerintahan di bagian pertanahan atau perijinan. Selain itu, sebagai lulusan yang berkualitas, Anda juga dapat memperoleh profesi yang tak kalah profesional seperti oditur militer, advokat, poisi atau bekerja dalam bidang kepolisian, atau bahkan menjadi seorang jaksa. Karena bidang hukum memiliki cakupan yang sangat luas maka dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam mempelajari dan memahami ilmu hukum secara menyeluruh.

Setelah mengerti pengertian fakultas hukum dan memahaminya, pastilah anda menjadi lebih yakin dalam memilih dan mengikuti proses pendidikan pada fakultas hukum untuk prospek karir yang baik.