Pengertian Dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

stars

Materi MSDM: Pengertian Tujuan Serta Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang meliputi pengorganisasian, perencanaan, pemimpin dan pengendalian terhadap suatu kegiatan yang terkait dengan evaluasi pekerjaan, analisis pekerjaan, pengadaan, pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Atau dalam arti lain, pengertian manajemen sumber daya manusia menurut ahli lainya juga berarti sebagai potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal (non finansial/non material) di dalam organisasi bisnis, yang bisa terwujud sebagai potensi real secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi suatu perusahaan atau organisasi.

fungsi manajemen sumber daya manusia, makalah manajemen sumber daya manusia, materi msdm, tujuan msdm, manajemen sumber daya manusia pdf, ruang lingkup manajemen sumber daya manusia, pengertian manajemen personaliaSecara umum manajemen merupakan ilmu dan seni dalam rangka mencapai suatu tujuan melalui kegiatan. Dan tujuan tersebut hanya bisa tercapai jika dilakukan oleh satu orang dan lebih. Sedangkan manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang manajemen yang hanya mempelajari hubungan serta peranan manusia dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Definisi manajemen sumber daya manusia menurut beberapa ahli bisa juga diartikan sebagai, serangkaian keputusan yang terintegrasi tentang hubungan ketenagakerjaan yang memengaruhi efektivitas karyawan, perusahaan dan organisasi. Dengan demikian manajemen sumber daya manusia merupakan suatu aktivitas yang dilaksanakan agar SDM pada organisasi berguna secara efektif untuk mencapai berbagai tujuan yang disasarkan.

Ketahui juga:  Definisi Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Bila di atas tadi kita sudah mengerti beberapa pengertian MSDM, yang tak kalah penting adalah juga mengetahui tujuan utama manajemen sumber daya manusia. Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk mencapai produktivitas melalui peningkatan kontribusi pegawai terhadap organisasi. Sebab semua kegiatan organisasi dalam untuk mencapai tujuan yang diharapakan, tentunya tergantung kepada manusia yang mengelola, SDM. Maka sudah hal wajib untuk mengelola sumber daya manusia tersebut agar dapat berhasil atau berdaya guna dalam mencapai tujuan.

Definisi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut adalah beberapa definisi pengertian tugas dan fungsi manajemen sumber daya manusia

1. Staffing Atau Employment

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Staffing ini terdiri dari tiga aktivitas penting, yakni penarikan, perencanaan dan seleksi SDM. Jadi setiap manajer  harus bertanggung jawab untuk mengantisipasi kebutuhan sumber daya manusia yang diperlukan. Jika suatu perusahaan semakin berkembang maka manajer lebih tergantung pada departemen SDM dalam mengumpulkan berbagai informasi mengenai keterampilan serta komposisi tenaga kerja pada perusahaan tersebut.

Mungkin penarikan tenaga kerja memang menjadi tangung jawab departemen sumber daya manusia sepenuhnya, tapi departemen lain tetap terlibat dengan menyediakan spesifikasi maupun deskripsi dari pekerjaan dalam rangka membantu proses penarikan tenaga kerja.

Tugas dan fungsi departemen sumber daya manusia alam dalam proses seleksi, mereka  melakukan penyaringan melalui tes, wawancara serta menyelidiki latar belakang si pelamar kerja. Tugas sumber daya manusia dalam pengadaan tenaga kerja ini semakin meningkat karena berbagai syarat yang diperlukan perusahaan dan adanya hukum tentang kesempatan kerja yang sama.

2. Performance Evaluation

Definisi fungsi manajemen sumber daya manusia dan para manajer berikutnya adalah. bertanggung jawab untuk mengevaluasi bawahannya, kemudian departemen sumber daya manusia bertanggung jawab dalam mengembangkan penilaian kinerja secara efektif serta memastikan tentang penilaian kinerja yang dilakukan di setiap bagian perusahaan. Selain itu setiap departemen sumber daya manusia juga perlu melakukan pelatihan untuk manajer mengenai bagaimana cara membuat penilaian kinerja yang akurat dan membuat standar kinerja yang baik.

3. Compensation

Mengenai masalah kompensasi ataupun reward dibutuhkan suatu koordinasi yang baik dari departemen sumber daya manusia dan manajer. Dan untuk si manajer memikul tanggung jawab pada kenaikan gaji, kemudian untuk bagian departemen sumber daya manusia sendiri bertanggung jawab pada pengembangan struktur gaji terbaik.

Dan pastinya sistem kompensasi memerlukan keseimbangan dari manfaat dan pembayaran kepada tenaga kerja. Umumnya pembayaran tersebut juga meliputi bonus, insentif, gaji ataupun pembagian keuntungan. Sedang untuk manfaat, bisa meliputi: asuransi kesehatan maupun jiwa, cuti, dsb. Tapi disini, bidang manajemen sumber daya manusia tersebut bertanggung jawab pada kompensasi yang diberikan ini sifatnya kompetitif dari perusahaan sejenis. Adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

4. Training and Development

Pengertian fungsi manajemen sumber daya manusia selanjutnya adalah Training and Development. Yang berarti departemen sumber daya manusia bertanggung jawab membantu setiap manajer aga bisa menjadi penasehat dan pelatih yang baik unutk bawahannya. Bisa juga dengan menciptakan program pengembangan dan pelatihan yang efektif. Selain itu departemen sumber daya manusia juga bertanggung dalam hal pemutusan hubungan kerja dalam rangka restrukturisasi perusahaan serta memberikan solusi terhadap setiap kemungkinan konflik yang akan terjadi.

5. Employe Relations

Employe Relations, yang berarti: departemen sumber daya manusia berperan aktif untuk bernegosiasi serta mengurus masalah persetujuan dengan pihak serikat pekerja yang terkait. Jadi kewajibannya disini adalah membantu perusahaan menghadapi serikat pekerja. Selanjutnya setelah ada suatu kesepakatan, maka departemen sumber daya manusia tersebut membantu manajer, mengenai bagaimana cara mengurus persetujuan untuk menghindari keluhan yang kemungkinan akan bertambah.

Dalam artian lain, Fungsi manajeman sumber daya manusia dalam hal ini adalah memiliki tanggung jawab penuh untuk menghindari setiap praktek tidak sehat, contohnya adalah mogok kerja dan demonstrasi. Tapi jika perusahaan tersebut tidak memiliki serikat kerja, perlu secara langsung terlibat dalam hubungan pekerjanya. Umumnya setiap karyawan yang merasa gaji nya cukup memadai tidak bergabung dengan serikat kerja karena mereka percaya bahwa pihak perusahaan bertanggung jawab terhadap kebutuhannya.

Meskipun demikian dalam hal ini Departemen sumber daya manusia masih perlu unutk memastikan apakah karyawan diperlakukan secara baik, juga adakah cara terbaik dalam mengatasi setiap keluhan. Tapi setiap perusahaan tetap harus memiliki cara yang tegas untuk mengatasi keluhan dan meningkatkan kedisiplinan dalam upaya melindungi tenaga kerja dan mengatasi permasalahan yang ada.

6. Safety and Health

Apapun perusahaan itu, mereka tetap diwajibkan untuk melaksanakan dan memiliki program keselamatan dalam rangka menciptakan kondisi yang sehat dan untuk mengurangi kejadian yang tidak diinginkan. Setiap tenaga kerja perlu diingatkan secara terus menerus, betapa pentingnya keselamatan kerja. Dan setiap program keselamatan kerja yang efektif akan mampu meningkatkan kesehatan tenaga kerja dan mengurangi jumlah kecelakaan kerja. Di sini (Safety and Health), Departemen sumber daya manusia bertanggung jawab penuh pada pengadaan pelatihan keselamatan kerja, melaporkan adanya kecelakaan kerja, memperbaiki dan mengidentifikasi kondisi yang mungkin akan membahayakan tenaga kerja.

7. Personnel Research

Cara meningkatkan efektifitas perusahaan melalui tugas dan fungsi departemen sumber daya manusia adalah melakukan analisis terhadap masalah individu serta perusahaan kemudian membuat perubahan yang diperlukan. Paling umum adalah pada masalah penyebab terjadinya keterlambatan dan ketidakhadiran karyawan, penyebab ketidakpuasan tenaga kerja, bagaimana seleksi yang baik dan prosedur penarikan. Maka dalam hal ini fungsi manajeman sumber daya manusia adalah bertanggung jawab penuh untuk menganalisis dan mengumpulkan informasi tersebut. Kemudian data tersebut digunakan menilai apakah perlu diadakan perubahan terhadap kebijakan yang sudah ada.

Dari ulasan Pengertian Tujuan Serta Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia diatas, maka dapat disimpulan bahwa: Manajemen sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting untuk mewujudkan tenaga kerja yang efektif, efisien, produktif. Saat Anda di posisi ini, maka akan mengerti akan Esensi kepemimpinan yang pada dasarnya adalah membantu untuk menampilkan potensi terbaik demi kepentingan perusahaan. Dan setiap karakteristik bawahan akan sangat mungkin berbeda satu sama lain. Begitu juga dalam kepemimpinan terdapat berbagai gaya untuk bisa diaplikasikan dan diterapkan.

Demikian materi msdmyang bisa penulis sampaikan pada artikel manajemen kali ini, semoga bermanfaat. Baca juga disini Contoh Strategi Bauran Pemasaran 4p Lengkap.