Panduan Dasar Cara Membuat Aplikasi Sederhana Sendiri

Cara Membuat Aplikasi Android, iOS, Dan Windows Phone Untuk Pemula

Mulai dari Android, iOS, dan Windows Phone, dengan mudah siapapun bisa membuat aplikasi tanpa perlu menguasai coding terlebih dahulu.

Cara membuat aplikasi sendiriYa itu benar, dunia Web bisa dibilang sudah mati. Tapi bukan berarti orang tidak menggunakan Internet untuk mengaksesnya, hanya saja banyak pengguna mulai beralih dari basis “Web” browser, masuk ke dunia apps mobile.

Dua ilustrasi mudah kenapa harus mengetahui cara membuat aplikasi sendiri, daripada pembuatan web.

  1. Instagram telah lama menjadi kekuatan sejati dalam ranah media sosial, tapi sebelum mempunyai layout berbasis Web. Secara keseluruhannya adalah berbasis situs web mobile.
  2. Selama beberapa tahun terakhir, tiap pemilik web kesulitan menyatukan fitur terbaiknya. Dan jika harus kembali mulai dari di awal, maka itu adalah kesalahan.

Secara umum: Bagi sebagian banyak pengguna Web memang sudah mati, dan App mobile semakin hidup. Itu juga berarti selama bertahun-tahun Kita mendalami HTML dan CSS akan sia-sia. Karena saat ini sudah mulai tergeser dengan cara membuat aplikasi smartphone yang fungsional dan menarik bagi pengguna.

Tapi bukan berarti Kita harus kuliah pemrograman aplikasi. Seperti untuk pembuatan Web pada umumnya. Beberapa alat, tool ataupun software telah banyak tersedia, yang memungkinkan siapapun membuat aplikasi sendiri tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman sedikit pun. Khusus bagi yang menguasai coding, itu merupakan nilai lebih untuk bisa membuat aplikasi sederhana yang benar-benar unik, dan belum pernah ada.

Umumnya tiap layanan pihak ketiga pun bisa menangani proses pengiriman aplikasi Kita ke berbagai toko apps, seperti App Store iOS, Google Play, atau toko aplikasi Windows Phone. Kita akan membahas beberapa layanan tersebut, dan kita akan mulai dengan hal paling umum dan mendasar.

Cara Membuat Aplikasi IOS

Cara membuat aplikasi iosMemang sistem Android adalah ekosistem yang lebih banyak penggunanya, dan iOS juga punya kemampuan yang mengesankan. Tidak salah jika Kita serius ingin memiliki penghasilan melalui pembuatan aplikasi, sebab tiap pengguna iOS pun rela mengeluarkan uang untuk aplikasi yang Kita buat.

Sebelum memulai menguasai cara membuat aplikasi sendiri untuk iOS, Kita juga harus tahu bahwa Apple memiliki Syarat dan ketentuan yang jauh lebih ketat di tokonya, daripada Google atau Microsoft. Kita harus mengikuti peraturan tersebut untuk bisa memulainya.

Pertama, Kita harus mendaftar keanggotaan di Program Pengembang iOS, mulai dari $ 99 / tahun, dan ada tingkat yang berbeda untuk perusahaan serta pendidikan. Jika Kita tidak menggunakan alat pengembangan pihak ketiga, Kita harus mendownload XCode – Integrated Development Environment (IDE resmi) untuk iOS dan Mac – dari toko aplikasi Mac. Kita tidak memerlukan pengetahuan pemrograman untuk menggunakan Xcode tersebut.

Bahasa utama Aplikasi iOS adalah bahasa pemrograman Objective-C, tutorial tentang coding cara membuat aplikasi sederhana juga sudah disediakan. Tapi sekarang Apple juga sudah mempunyai bahasa pemrograman Swift, yang mungkin memang kurang efisien untuk digunakan bersamaan dengan Objective-C.

Apple menyediakan tutorial dasar penggunaan Xcode di sini. Apple juga menawarkan rangkaian alat tambahan yang akan membantu Kita menguji, mendistribusikan, dan memonetisasi aplikasi untuk menghasilkan uang.

Setelah aplikasi siap dan diuji, Kita harus mengirimkannya untuk ditinjau oleh Apple sebelum bisa dimasukan pada App Store. Waktu peninjauan bervariasi untuk setiap aplikasi. Jika aplikasi Kita ditolak karena alasan tertentu, masih dapat mengajukan banding ke pada Dewan Peninjau Aplikasi.

Cara Membuat Aplikasi Android

Untuk upload aplikasi ke Google Play, hal pertama adalah harus mendaftar ke akun Pengembang Google Play dengan biaya $ 25. Untuk mengupload aplikasi ke Google Play memang lebih sulit daripada ke App Store. Tapi jangan takut, Google sudah menyiapkan panduan step by step yang bagus untuk pemula. Dengan demikian mulailah mempelajari cara membuat aplikasi Android sendiri.

Hal pertama yang perlu di lakukan adalah mendownload Android Studio. Android Studio adalah perangkat resmi dari Android yang tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Jika Kita ingin membuat aplikasi Android sederhana, ini cukup bisa membantu pemula untuk mengenal bahasa pemrograman Java. Program ini memang bukan satu-satunya bahasa untuk membuat aplikasi di Android, tapi ini adalah coding dasarnya. Android Studio memberi Kita kesempatan untuk mengembangkan, menguji, dan memonetisasi aplikasi agar bisa menghasilkan. Setelah Kita membuat sendiri dan menguji aplikasinya, segera terbitkan menggunakan Konsol Pengembang Google Play.

Cara Membuat Aplikasi Windows Phone

Cara Membuat Aplikasi Windows PhoneYups!.. Windows saat ini adalah OS mobile dengan jumlah pengguna paling sedikit, sebab perusahaan ini tidak berfokus untuk itu, tapi ada desktop, hp, dan tablet Windows yang didukung Windows 10.

Untuk gambaran umum tentang proses pembuatan aplikasi Windows, Windows Phone memiliki panduan pengembangan yang bagus. Pertama yang pelu dilakukan adalah mendaftar ke Akun Pengembang Windows dengan biaya $ 19.

Kemudian kita memerlukan Microsoft Visual Studio untuk mengembangkan aplikasi. Windows Phone seperti aplikasi Windows biasa – dalam bahasa pemograman C # atau C ++ dengan XAML, C ++ dengan DirectX dan JavaScript dengan HTML / CSS.

Jika Kita ingin menguji pada telepon Kita, yang diperlukan adalah mendaftarkannya sebagai alat tes, tapi juga tersedia beberapa emulator Windows Phone yang siap digunakan. Setelah proses siap maka tinggal mempublikasikan nya ke toko Windows Phone.

Microsoft juga telah menciptakan satu paket pengembang yang dikupas dalam bentuk Windows App Studio, yang memungkinkan siapapun dengan akun Microsoft membuat aplikasi Windows lintas platform melalui beberapa klik saja. Hebatnya!.. Tanpa perlu mengusai bahasa pemrograman sekalipun.

Bagi pemula jangan putus Asa untuk mendalami cara membuat aplikasi Sederhana sendiri

Saat ini kita hidup di era informasi, ada banyak sumber panduan yang mudah diakses melalui internet. Banyak sumber yang bisa membantu Kita dalam mengatasi masalah pembuatan aplikasi mobile. Salah satunya bisa melalui panduan di masing – masing OS yang ingin didalami, forum online, tutorial video di YouTube atau browsing di blog untuk menemukan informasi tertentu.

Dalam tahap awal Kita juga bisa menggunakan Software pihak ketiga yang sudah dirancang khusus untuk yang tidak menguasai coding apps dan bahasa pemrogram sekalipun dan bukan pengembang. Dari masing-masing software tersebut menawarkan keuntungan dan kelebihan yang berbeda, termasuk juga pada biaya yang bervariasi, dan ada juga yang akan memotong pendapatan dari aplikasi yang berhasil dibuat.

Atau Kita berminat menggunakan software berbayar pembuat aplikasi Mobile Roadie, untuk menghasilkan beragam aplikasi. Bisa juga dengan App Inventor 2 dari MIT untuk solusi cara membuat aplikasi mobile sederhana yang Kita butuhkan. Tapi Contoh di atas bukanlah satu-satunya pilihan, juga mungkinn bukan yang terbaik untuk Kita, tapi hanyalah sekedar contoh untuk pemula yang ingin membuat aplikasi android sendiri tanpa menguasai bahasa pemograman. Jadikan Dunia aplikasi sebagai taman bermain Kita, agar terus mampu mengasah kemampuan dan berhasil menciptakan Apps Mobile terbaru yang paling unik.

Leave a Reply