Membedah Definisi dan Pengertian Hukum Lingkungan

Bagi anda yang saat ini sedang menempuh pendidikan jurusan hukum dan sedang membahas tentang hukum lingkungan, pasti anda membutuhkan pendalaman materi tentang hukum lingkungan untuk memahami materi ini secara lebih jauh. Sebelum membahas lebih jauh, pengertian hukum lingkungan merupakan materi dasar yang wajib diketahui terlebih dahulu.

Pengertian hukum lingkungan dan definisinya

pengertian hukum lingkungan, definisi pengertian hukum lingkungan, maksud hukum lingkungan, arti hukum lingkungan, definisi hukum lingkunganManusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain dan tergantung pada lingkungan dimana ia tinggal. Berbicara tentang lingkungan, manusia terikat dalam beberapa jenis hukum yang mengatur kehidupan dan salah satunya adalah hukum lingkungan. Berikut ini adalah penjelasan tentang bebeapa hal yang berkaitan dengan hukum lingkungan antara lain:

1.    Definisi hukum lingkungan

Arti hukum lingkungan ialah hukum yang mengatur segala tatanan lingkungan hidup yang mencakup segala benda serta keadaannya. Manusia dan tingkah lakunya termasuk dalam tatanan lingkungan yang dimaksud. Perbuatan dan tingkah laku manusia dapat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan dan kesejahteraan manusia yang bersangkutn, sesama manusia dan makhluk hidup yang berada di sekitarnya.

2.    Jenis hukum lingkungan

Setelah mengetahui dan memahami tentang definisi pengertian hukum lingkungan di atas, dalam pembahasan ini akan diuraikan mengenai jenis hukum lingkungan yang dibedakan menjadi dua yaitu hukum lingkungan klasik dan hukum lingkungan modern.
•    Hukum lingkungan klasik
Hukum lingkungan klasik memiliki berbagai ketentuan serta norma-norma (norma hukum lingkungan) yang harus ditatati dan dilaksanakan dengan tujuan penjaminan eksploitasi dan pemakaian sumber daya lingkungan di berbagai wilayah dengan menggunakan kepintaran dan berbagai langkah yang dimiliki oleh manusia untuk mendapatkan hasil seoptimal mungkin dalam kurun waktu yang sesebentar mungkin. Sifat yang dimiliki oleh hukum ligkungan klasik ini masih sangat kaku serta sektoral. Karena alasan inilah sulit dilakukan perubahan terhadap hukum lingkungan klasik.untuk dapat memperbaiki sistem kerja hukum lingkungan klasik, sangat diperlukan sistem pendekatan yang utuh serta terintegrasi sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
•    Hukum lingkungan modern
Pada kebalikan dari hukum lingkungan klasik, hukum lingkungan modern merupakan hukum lingkungan yang menerapkan peraturan serta norma dalammengatur dan mengorganisir segala tingkah laku atau perbuatan manusia yang berhubungan dengan alam. Maksud hukum lingkungan jenis ini adalah bertujuan untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan dari kerusakan serta penurunan mutu serta kualitasnya yang disebabkan oleh manusia. Keberadaan hukum lingkungan modern bertolak pada lingkungan sehingga pelaksanaannya juga mengikuti waktu dan sifat lingkungan itu sendiri. Sifat dari hukum lingkungan jenis modern juga berbalik dari sifat hukum lingkungan klasik. Sifat dari hukum lingkungan modern antara lain integratif atau menyeluruh, komprehendif serta selalu fleksibel sesuai dengan kondisi lingkungan yang terjadi pada saat itu.

Setelah mengetahui dan memahami penjelasan mengenai pengertian hukum lingkungan, Anda dapat lebih memahami dan mempelajari berbagai materi selanjutnya tentang hukum lingkungan.

Leave a Reply