Materi Kuliah Jurusan Manajemen

Materi kuliah jurusan manajemen tidak hanya berbicara tentang pengelolaan suatu perusahaan ataupun bisnis. Ada banyak hal yang dipelajari oleh mahasiswa manajemen dan biasanya rata-rata perguruan tinggi memiliki mata kuliah umum yang sama, sedangkan mata kuliah pilihan atau yang lainnya bisa berbeda. Sebelum Anda harus menyusun tugas akhir yaitu skripsi bagi S1, berikut beberapa mata kuliah yang biasanya dipelajari oleh mahasiswa jurusan manajemen.

jurusan manajemen

jurusan manajemen

Daftar materi kuliah jurusan manajemen

Materi kuliah dalam bidang manajemen umumnya dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
1.    Mata kuliah pengembangan kepribadian
Kelompok ini berfokus pada keilmuan dan keterampilan tertentu seperti Ekonomi Makro dan Mikro, pengantar bisnis, pengantar akuntasi, statistik, dan masih banyak lagi.
2.    Mata kuliah perilaku berkarya
Di sini mahasiswa diharuskan untuk belajar tentang pembentukan sikap dan perilaku yang nantinya dibutuhkan untuk proses berkarya. Contoh mata kuliahnya seperti perilaku organisasi, metode penelitian, manajemen investasi, anggaran perusahaan, hukum bisnis, komunikasi bisnis, perekonomian Indonesia, etika bisnis, dsb.
3.    Mata kuliah keahlian berkarya
Pelajaran kuliah jurusan manajemen dalam kelompok ini menekankan kajian untuk menghasilkan tenaga yang ahli dari keterampilan dan dasar ilmu yang dimiliki. Contoh mata kuliahnya seperti manajemen pemasaran, manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen operasi dan produksi, manajemen strategik, akuntasi manajemen, riset operasi, dan sebagainya.
4.    Mata kuliah konsentrasi
Biasanya pada jurusan manajemen, mahasiswa bisa memilih mata kuliah konsentrasi jurusan seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, dan manajemen SDM. Tapi, ada juga kampus yang hanya menawarkan 3 mata kuliah tanpa manajemen operasional sebagai pilihannya.

Baca juga Prospek Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Itulah beberapa contoh materi kuliah jurusan manajemen yang akan Anda pelajari saat memutuskan untuk masuk ke salah satu jurusan paling favorit perguruan tinggi ini. Saat tugas akhir yaitu skripsi maka akan berbobot 6 sks dan setelah menyelesaikan tugas akhir tersebut kemudian lulus, maka Anda akan siap memasuki dunia kerja atau mau melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi misalnya S2 bahkan S3. Ingat pilihlah perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang menawarkan jurusan manajemen terakreditasi A.

Leave a Reply