Materi Akuntansi SMK XI-XII yang Dipelajari

Akuntasi memang sudah dipelajari sejak kita masuk sekolah menegah seperti SMA maupun SMK. Materi akuntasi SMK tidak jauh berbeda dari apa yang dipelajari di SMA. Akuntasi sendiri merupakan suatu proses mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data. Akuntasi sendiri akan dipelajari ketika siswa atau siswi memutuskan untuk masuk ke kelas IPS. Nanti setelah dari IPS dan lulus, Anda pun bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dan menggeluti Akuntasi lebih lanjut atau mau meneruskan ke jurusan yang lainnya.
Materi Akuntasi SMK yang dipelajari.

Materi Akuntansi SMK
Setelah Anda memutuskan untuk masuk ke kelas IPS, maka materi Akuntasi SMK yang akan dipelajari dari kelas X sampai XII memang barulah amat dasar, yaitu:
1. Pencatatan
Di sini Anda akan belajar tentang bagaimana mencatat sebuah transaksi dengan bukti transaksi ke dalam jurnal seperti jurnal umum, jurnal khusus, jurnal penyesuain.
2. Penggolongan
Materi Akuntansi SMK selanjutnya adalah bagian penggolongan, yaitu pencatatat ke buku besar, misalnya buku besar kas, buku besar peralatan, buku besar perlengkapan, dan buku besar transaksi lainnya. Setelah transaksi dicatat ke jurnal maka akan digolongkan ke buku besar tersebut. Ada pula buku besar pembantu hutang dan buku besar pembantu piutang.
3. Pengikhtisaran
Di sini transaksi yang ada setelah digolongkan ke dalam buku besar, maka akan dibuatlah sebuah neraca percobaan.
4. Pelaporan keuangan
Di sini siswa akan mulai diajarkan untuk membuat suatu laporan keuangan seperti laba rugi, neraca, dan laporan perubahan modal.
Itulah gambaran umum tentang materi akuntansi SMK dari kelas XI sampai XII. Di sini murid sudah dapat dibekali bagaimana mempersiapkan dan membuat laporan keuangan dari awal sampai akhir. Jika Anda memutuskan untuk mendalami akuntasi lebih jauh, maka silahkan melanjutkan ke jenjang atau level pendidikan yang lebih tinggi yaitu mengambil jurusan Akuntasi.
Untuk jurusan kuliah Akuntasi di perguruan tinggi sendiri tidak harus lulusan IPS, namun jurusan Akuntansi biasanya memang menerima lulusan SMK atau SMA dan sederajat dari kelas manapun bahkan bahasa. Dan perbedaanya adalah untuk sekolah dengan jurusan Akuntansi sudah lebih banyak mempelajari materi-materi dasar Akuntansi. Semoga bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply