Macam Biaya Kuliah Kedokteran Gigi yang Harus Dikeluarkan

Tidak hanya menjadi dokter umum, profesi dengan jenjang karir yang menjanjikan dan juga bekualitas ialah dokter gigi. Biaya kuliah kedokteran gigi pada umumya hampir sama atau malah justru lebih murah daripada biaya kuliah kedokteran umum. Dibandingkan dengan jenjang karir yang menjanjikan, biaya yang harus dikeluarkan saat menuntut ilmu di kedokteran gigi dirasa setara.

biaya kuliah kedokteran gigi, biaya kuliah kedokteran gigi UI, biaya kuliah dokter gigi, biaya sekolah kedokteran gigi, biaya kuliah dokter gigi
Tipe biaya kuliah kedokteran gigi yang harus dibayar

Untuk dapat menjadi dokter gigi yang profesional, seseorang haruslah menyelesaikan pendidikan kedokteran gigi terlebih dahulu dengan biaya kuliah dokter gigi yang tak sedikit. Berikut ini adalah rincian biaya pada perkuliahan kedokteran gigi secara umum:

1.    Biaya pendidikan

Berbicara mengenai biaya pendidikan kedokteran gigi, biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap mahasiswa di hampir setiap universitas yang menyelenggarakan perkuliahan kedokteran gigi hampirlah sama. Biaya sekolah kedokteran gigi pada biaya pendidikan riciannya antara lain terdapat dana pengembangan institusi atau DPI, biaya tetap, biaya SKS atau SPP, biaya SKS praktikum, biaya kegiatan serta biaya kemahasiswaan. Namun tidak menutup kemungkinan jika antara satu universitas dengan universitas lainnya memiliki perbedaan dalam perincian biaya perkuliahan.

2.    Biaya registrasi

Sedangkan untuk biaya registrasi, biaya kuliah kedokteran gigi UI atau universitas lainnya menetapkan biaya yang relatif sama dengan rincian antara lain uang kuliah per semester, angsuran, fixed cost, biaya praktikum per semester, Biaya Teknologi Informasi, biaya kemahasiswaan dan uang pangkal. Sama halnya dengan biaya pendidikan, pada perincian biaya ini juga tidak tertutup kemungkinan jika antara satu universitas dengan universitas lainnya berbeda.

3.    Perguruan tinggi kedokteran gigi

Setelah mengetahui biaya apa saja yang terdapat atau tersusun dalam biaya kuliah kedokteran, saatnya anda mengetahui beberapa universitas di Indonesia yang menyelengarakan pendidikan atau perkuliahan kedokteran gigi yang berkualitas mengingat tidak semua perguruan tinggi atau universitas di Indonesia menyelenggarakan perkuliahan kedokteran gigi. Salah stau perguruan tinggi atau universitas yang menyediakan pendidikan kedokteran gigi adalah Universitas Indonesia (UI).
Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan pendidikan kedokteran gigi sejak tahun 1960 dengan jumlah mahasiswa pada periode pertamanya hanya sebanyak 71 mahasiswa. Namun seiring berjalannya waktu, hingga saat ini Universitas Indonesia dalam perkuliahan kedokteran gigi telah memilii 11 departemen. Tentu saja berbagai universitas di seluruh penjuru negeri memiliki departemen yang berbeda satu sama lain. Karena itulah coba untuk mencari tahu departemen apa yang ingin Anda ikuti sebelum mendaftar.
Demikianlah beberapa informasi tentang universitas dan biaya kuliah kedokteran gigi yang dapat anda jadikan sebagai referensi atau bahan pertimbangan dalam memilih jurusan baik itu kedokteran umum atau bahkan ke kedokteran gigi. Kedua jurusan tersebut menjanjikan profesi dengan penghasilan tinggi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply