Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Kuliah Jurusan Manajemen kerjanya jadi apa, sih? Mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika ada lulusan SMA atau sederajat yang bingung ingin kuliah jurusan apa. Padahal lulusan kuliah manajemen memiliki prospek kerja yang terbilang sangatlah luas. Ada banyak sekali sektor dan juga bidang yang bisa digeluti setelah lulus dari manajemen dari karyawan suatu perusahaan sampai pegawai negeri sipil (PNS).

Prospek kerja kuliah jurusan manajemen

Sebetulnya kerja dari jurusan manajemen bisa kerja dimana saja, di rumah sakit bisa, jadi karyawan perusahaan bisa, jadi pegawai pemerintahan bisa, di bagian perbankan bisa. Semuanya ini karena skill atau kemampuan yang didapat dapat diterapkan secara luas dan dimana saja. Tidak hanya itu, semua perusahaan baik swasta maupun pemerintahan pastinya ‘harus’ punya yang namanya bidang manajemen. Berikut ini prospek kerja yang dapat digeluti:

Karyawan perusahaan

Perusahaan amat membutuhkan seorang pegawai di bidang manajemen, jadi di sini Anda bisa melamar perkerjaan sebagai karyawan pemasaran. Tidak hanya perusahaan, tetapi juga berbagai lembaga dan organisasi pemerintah serta swasta. Selain pemasaran, Anda juga dapat berkecimpung di bagian keuangan, analisis, operasional, management trainee, dan sebagainya.

Tenaga pengajar

Untuk Anda yang ingin berkecimpung di dunia pendidikan, bisa menjadi dosen manajemen tentunya, selain itu karyawan perguruan tinggi atau sekolah juga bisa diminati.

Konsultan Manajemen

Anda dapat menekuni bidang konsultan karena pada jurusan manajemen pastinya diajarkan cara mengelola suatu perusahaan/organisasi sehingga ditambah dengan pengalaman yang mumpuni, Anda bisa menjadi seorang konsultan bahkan juga staff training yang memberikan berbagai macam solusi.

Direktur eksekutif

Memang jabatan direktur ini merupakan jabatan tertinggi dari suatu perusahaan dan bisa diraih setelah pengalaman bertahun-tahun tentunya. Namun, bukan berarti lulusan dari jurusan manajemen tidak dapat mencapainya, malahan dari jurusan tersebut amat dibutuhkan.

Peluang kerja jurusan manajemen lainnya yaitu tentunya menjadi seorang wirausaha. Anda sudah mendapatkan bekal yang cukup untuk membuka bisnis sendiri dan mengelolanya karena itu inti dari manajemen yaitu belajar untuk bertanggung jawab pada bisnis yang dibuka. Itulah beberapa prospek karir yang bisa Anda dapatkan.

Lulusan Manajemen Bisa Kerja Dimana

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Prospek Kerja Manajemen

Ilmu Manajemen merupakan salah satu ilmu paling tua yang terus dipelajari manusia hingga saat ini. Pada hakikatnya manusia hanya bisa hidup secara berkelompok dan perlu melakukan manajemen. Kuliah jurusan manajemen akan mengajarkan proses untuk mencapai tujuan mulai dari perencanaan, pengarahan, pengelandalian dan pengorganisasian. Maka tidak heran bila dalam sebuah organisasi memerlukan ilmu manajemen dalam rangka mencapai tujuan, dan jangan lagi kamu mempertanyakan Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa setelah membaca artikel ini.

Dalam materi kuliah jurusan manajemen membahas tentang cara dan metode dalam menjalankan tanggung jawab dalam pengelolaan suatu organisasi atau perusahaan. Jurusan manajemen bisnis merupakan salah satu subbidang dari ilmu bisnis. Kuliah jurusan ekonomi manajemen memangg tepat untuk Anda yang menyukai berbagai hal tentang suatu kepemimpinan. Jadi salah satu prospek kerja manajemen adalah menjadi pempimpin perusahaan, organisasi, dll.

Jangan ragu akan, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Sebab sejak Prospek Kerja Manajemen dikenal sebagai jurusan yang memiliki masa depan yang cerah. Karena mahasiswa lulusan jurusan manajemen terbaik sangat fleksible untuk peluang kerja dibanyak bidang. Sudah pasti bahwa semua perusahaan maupun organisasi membutuhkan seorang manajer, dan pilihan terbaik untuk lowongan kerja tersebut adalah lulusan jurusan kuliah manajemen.

Loker Jurusan Manajemen

1. Akuntan
2. Konsultan Bisnis
3. Marketing
4. Finance
5. Recruiter
6. Human Resources
7. Konsentrasi manajemen operasi
8. Konsultan Perbankan
9. Front Officer Bank
10. Entrepreneur

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa untuk seorang manajer?

Tugas Seorang Manajer Jurusan Manajemen Bisnis

  • Membantu perusahaan mencapai tujuannya( penjualan, perluasan perusahaan, produktivitas hingga keuntungan, dsb)
  • Mengarahkan operasi kerja
  • Menjamin departemen maupun divisi mematuhi setiap kebijakan perusahaan
  • Memberi motivasi kepada karyawan dengan insentif
  • Melakukan analisa data
  • Mampu mengambil keputusan
  • Mengevaluasi performa
  • Mengembangkan dana dan mengimplementasikannya
  • Memenuhi sumber daya atau fasilitas karyawan
  • Melatih, mempekerjakan juga mengevaluasi karyawan
  • Membuat laporan untuk manajemen senior
  • Menjalankan tugas staff human resources
  • Mengawasi dan membawahi divisi atau sebuah departemen

Hal paling umumnya saat kita masuk kuliah, biasanya akan berhadapan dengan pemilihan peminatan dan jurusan. Untuk kuliah jurusan manajemen memiliki cakupan yang luas dan prospek kerja manajemen yang menjanjikan. Tapi ketika Anda menemukan tempat yang cocok untuk kuliah, mereka melakukan beberapa peminatan secara fungsional untuk penempatan dan untuk setiap peminatan di universitas berbeda-beda.

Prospek kerja manajemen sangat luas, karena setiap perusahaan, organisasi, lembaga, badan hingga institusi pemerintahahan membutuhkan lulusan mahasiswa jurusan manajemen terbaik. Demikianlah sedikit uraian tentang keraguan akan “kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa” termasuk bagaimana prospek kerjanya.

Leave a Reply