Karakteristik Mata Kuliah Ekonomi Syariah

Keunggulan Mata Kuliah Ekonomi Syariah

Mata kuliah ekonomi syariah memang sangat menarik untuk diperbincangkan dan dijadikan jurusan kuliah terbaik. Sejak ekonomi syariah dianggap sebagai solusi krisis ekonomi di Amerika beberapa tahun lalu dan karena tidak terpengaruh maka negara-negara Eropa pun mulai meliriknya.

karakteristik ekonomi syariah

Pelajaran Mata Kuliah Ekonomi Syariah

Yups! Inggris adalah salah satu contoh yang tertarik dengan prinsip dan karakteristik ekonomi syariah ini. Keuntungan di Bank Syariah membuat Inggris mulai melirik perbedaan dasar ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional melalui sistem perbankannya. Dan dari laporan international Financial Services London (IFSL), yang penulis temukan perkembangan industri keuangan syariah di Inggris saat ini sudah berkembang pesat, yang diantaranya 5 perbankan syariah dari 22 lembaga keuangan yang aktif. Selain itu juga terdapat 55 Universitas di Inggris yang memiliki jurusan ekonomi syariah.
Tujuan dan prinsip mata kuliah ekonomi syariah
Selain Inggris ingin menjadi pemain utama di Dunia Barat untuk menonjolkan status London pada sektor jasa keuangan dunia, tujuan ekonomi syariah yang diterapkan Inggris adalah ingin bersaing Kuala Lumpur dan dengan Dubai, yang untuk saat merupakan pusat perbankan syariah. Hal ini juga berdasarkan prediksi di sektor keuangan Islam internasional yang bisa mencapai US$ 2,7 triliun untuk perkirakan 2017 ini.

Lalu bagaimana dengan kita, Negara Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim? Semoga contoh diatas bisa menjadi pelajaran berharga untuk lebih bisa mendalami setiap mata kuliah ekonomi syariah yang diberikan. Dan di Indonesia memang pelaksanaan ekonomi islam termasuk dalam hal pembelajaran sudah berkembang pesat. Hal tersebut terbukti dengan adanya materi ekonomi syariah lengkap yang telah diajarkan di beberapa PTN dan PTS.

Jurusan Ekonomi Syariah Kerjanya Apa?

Jika kamu juga mempunyai pertanyaan diatas, berikut adalah jawabanya, untuk lowongan pekerjaan yang sesuai kompetensi Mata Kuliah Ekonomi Syariah yang Anda pelajari saat kuliah (Jurusan Ekonomi Syariah):

  • Menjadi Pengusaha atau Entrepreneur di berbagai bidang termasuk agribisnis dan non-agribisnis
  • Kerja di Instansi Pemerintah (Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kemenkeu dll)
  • Asuransi Syariah dan Perbankan (BRI Syariah, BMI, BNI Syariah, Takaful, BSM dll)
  • Lembaga Keuangan Syariah (BMT, Modal Ventura Syariah, BMT, Pasar Modal Syariah, Pegadaian Syariah dll)
  • Pada Lembaga Pendidikan (Dosen, Guru, dll)
  • Di Lembaga Internasional (Islamic Development Bank, dll)
  • Lembaga Penelitian, Media, Konsultan Swasta dll.

Leave a Reply