Jurusan Teknik Komputer Dan Prospek Pekerjaanya

Sebelum mengambil jurusan teknik komputer biasanya sobat-sobat SMA/SMK sering mempertanyakan prospek peluang kerja, tapi ada juga yang ingin mengetahui perbedaan ilmu komputer dan teknik informatika maupun Universitas terbaik untuk jurusan ini. Dan yang perlu diketahui mata kuliah teknik Komputer adalah pelajaran yang mengenai ilmu dan teknik yang terkait dengan komputer, atau istilah modern nya laptop dan PC, baik itu hardware maupun software.

Jurusan Teknik KomputerDalam materi kuliah jurusan teknik komputer, kamu akan belajar mengenai Sistem Operasi, Teknologi Informasi, Pengembangan Web, Administrasi Jaringan, Jaringan Komputer, Pemograman hingga Pengembangan Aplikasi, dsb. Setelah lulus diharap setiap mahasiswa yang kuliah di jurusan IT sudah mampu membuat aplikasi sendiri, mungkin hanya sekedar website, atau aplikasi android dan desktop. Jadi sebaiknya kamu hanya fokus untuk memperdalam satu bidang programming saja.

Pekerjaan Untuk Lulusan Teknik Komputer Jaringan

Tapi yang paling menarik adalah mengulas mengenai lowongan kerja jurusan teknik komputer, sebab hal ini biasanya adalah yang paling ingin di ketahui oleh calon mahasiswa. Nah, berikut adalah peluang kerja teknik komputer yang bisa kamu pilih:

Web Developer

Merupakan pengembang website, dan di era teknologi ini Web Developer semakin dibutuhkan. Kamu bisa bekerja dengan perusahaan atau membuka jasa pengembangan website sendiri.

Pengembang Aplikasi

Tak hanya website, saat ini aplikasi pun sudah mulai menjamur. Peluang kerja jurusan komputer ini juga tidak jauh beda dengan Web Developer. Kamu bisa membuat Aplikasi sendiri untuk dijual, atau ingin royalti dari iklan yang terpasang dan bekerja untuk perusahaan.

Administrator

Di jurusan jurusan teknik komputer ini kamu akan diajarkan untuk mengelola komputer serta file perusahaan. Dan untuk bekerja sebagai admin tentunya harus menguasai aplikasinya.

Network Engineer

Untuk pekerjaan Network Engineer umumnya akan bekerja di suatu perusahaan telekomunikasi. Sebab jenis pekerjaan ini adalah mengerjakan proyek jaringan, yang meliputi jaringan komputer dan internet

Control System Engineer

Pekerjaan Control System Engineer adalah mengontrol suatu sistem komputer dan jaringan dari badan Perusahaan dan sejenisnya.

Konsultan IT

Pekerjaan untuk lulusan teknik komputer jaringan ini sudah sangat jelas, yakni melayani jasa konsultasi bidang IT.

Guru dan Dosen Jurusan Teknik Komputer

Menjadi tenaga pengajar dibidang IT.

Technopreneur

Yups! ini adalah jika kamu ingin menjadi orang sukses karena mengambil kuliah jurusan teknik komputer. Seorang technopreneur adalah wirausahawan di bidang teknologi. Di era teknologi yang canggih ini sudah terbukti banyak orang kaya karena membuka usaha di bidang IT.

Apapun lowongan kerja teknik informatika terbaru yang kamu incar, kamu akan tetap dituntut untuk memiliki skill. Dan tanpa harus kuliah di jurusan teknik komputer, banyak anak muda yang belajar teknik informatika otodidak dengan skill yang tak kalah mumpuni. Hebatnya, mereka malah banyak yang bekerja Sebagai Programmer Freelance dan sejenisnya. Sedang yang lulusan D1 sampai sarjana, malah beralih kebidang lain saat bekerja, atau bahkan malahjadi pengangguran. Jadi untuk bisa sukses dengan kuliah di jurusan teknik komputer itu tergantung diri Anda sendiri, bukan prospek dan peluang kerja.

Leave a Reply