Jam Trading Saham

Jam Trading Bursa Saham Indonesia

Seperti satu toko, pasar saham di Indonesia mempunyai jam buka pasar sendiri dengan kata lain jam perdagangan Bursa. Banyak beberapa pemain pemula saham yang menduga jam perdagangan di Bursa saham 24 jam. Walau sebenarnya tidak sekian. Jam perdagangan yang 24 jam yaitu pasar valas (forex), sedang jam perdagangan pasar saham tidak 24 jam penuh. Jam perdagangan Bursa saham dibagi jadi 3 pasar, yakni pasar reguler, pasar tunai serta pasar negosiasi. Bila Anda belum juga mengerti type2 pasar, silakan baca pos : Pasar Reguler, Pasar Negosiasi serta Tunai di Bursa Saham.

Jam Trading Bursa Saham Indonesia

Pertama, saya juga akan menerangkan tentang jam perdagangan di pasar reguler. Jam perdagangan pasar reguler berikut yang harus Anda mengerti, karna kesibukan trading keseharian Anda senantiasa dikerjakan di pasar reguler. Tersebut disini tabel jam perdagangan Bursa saham yang diaplikasikan oleh Bursa Dampak Indonesia (BEI).

PASAR REGULER

Jam paling utama perdagangan Bursa saham di pasar reguler yaitu mulai hari senin s/d jumat. Hari sabtu serta minggu Bursa saham tutup. Hari senin-kamis diawali dari jam 09. 00-12. 00. Serta session II jam 13 : 30-15 : 49 : 59. Pada hari jumat ada sedikit ketidaksamaan jam trading. Pada hari Jumat session I cuma s/d 11 : 30. Sedang session II diawali kembali baru jam 14 : 00. Sebatas butuh Anda kenali, per 2 Januari 2013 jam perdagangan Bursa diawali jam 09. 00. Sebelumnya 2 Januari 2013, jam perdagangan Bursa diawali jam 09. 30.

Jadi di luar jam itu Anda tidak dapat beraktivitas trading, terbaik jual ataupun beli saham. Tetapi, sebelumnya pasar diawali jam 09. 00, ada dua session sebelumnya pembukaan, yakni session pre-opening yang diawali jam 08 : 45-08 : 55. Serta session pra-opening yang diawali jam 08 : 55-08 : 59 : 59. Cermati tabel berikut ini.

Tersebut disini session pre opening serta session pra opening di pasar reguler. Apa yang berlangsung pada session pre-opening? Pada session pre opening berikut Anggota Bursa mulai memasukkan keinginan serta penawaran beli. Bila saya istilahkan, pre opening yaitu session persiapan menuju trading.

Sedang pada session pra-opening juga akan berlangsung sistem pembentukan harga pembukaan (opening). Pada session pra-opening pasar saham telah buka, walau demikian saham yangbergerak hanya saham2 LQ45 saja. Ingat, juicet LQ45. Kenapa sekian? Saya juga tidak paham argumennya. Hal tersebut yaitu ketetapan dari Bursa Dampak Indonesia. Mungkin saja karna LQ45 yaitu daftar saham2 paling likuid, jadi sistem pembentukan keinginan serta penawaran saham2 LQ45 dapat dikerjakan session pra-opening.

Mungkin saja Anda sering temukan sebagian saham yang harga closing berbeda dengan harga opening. Kenapa dapat berlangsung? Hal itu karna ada session pra-opening. Ketidaksamaan harga closing dengan harga opening hari selanjutnya cuma berlaku untuk saham2 LQ45.

Bila pada session pre-opening Anda lakukan order beli atau order jual, jadi status order Anda yaitu : Waiting. Saat pasar telah di buka jam 09. 00, order Anda juga akan beralih jadi Open. Bila order Anda telah deal, jadi statusnya juga akan jadi Match.
Sesudah Anda mengerti session pre-opening serta pra-pembukaan, di pasar saham ada pula yang namanya session pra-penutupan serta pasca-penutupan. Cermati tabel berikut ini.

Pasar saham saat masuk jam 15 : 50 juga akan berhenti sebentar hingga jam 16 : 05. Pada jam 15 : 50-16 : 00, Anggota Bursa Dampak juga akan mulai memasukkan keinginan serta penawaran. Lalu sesudahnya, hingga jam 16 : 01-16 : 05, system juga akan memperjumpakan keinginan serta penawaran berdasar pada price priority serta time priority. Bila Anda belum juga mengerti price priority serta time priority, silakan baca : Keinginan serta Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham – Part I. Apa berarti? Berarti pada jam 16 : 01-16 : 05, memperjumpakan di sini tujuannya yaitu juga akan berlangsung sistem pembentukan harga penutupan (closing). Berikut kenapa harga closing dapat berlangsung, karna ada session pra-penutupan itu.

Sesudah jam 16 : 05 s/d 16 : 15, pasar saham juga akan kembali jalan serta Anda dapat trading. Session ini diberi nama dengan saat penutupan. Walau demikian butuh Anda mengerti, pada session ini Anda cuma dapat trading di satu harga saja, yakni harga penutupan. Lalu, sesudah jam 16 : 15 pasar saham tutup. Jadi sebenarnya, pasar saham baru juga akan benar2 tutup pada jam 16 : 15 bukanlah jam 16 : 00.

PASAR TUNAI

Jam perdagangan di pasar tunai cuma terbagi dalam satu session saja. Tidak seperti di pasar reguler, serta pasar tunai tak ada session pre-open ataupun pra-open.

PASAR NEGOSIASI

Jam perdagangan di pasar negosiasi yaitu seperti berikut. Jam perdagangan di pasar negosiasi terditi dari 2 session. Jam perdagangannya nyaris sama juga dengan pasar reguler.

Catatan : Anda sesungguhnya tidaklah terlalu butuh memerhatikan jam perdagangan pasar negosiasi serta pasar tunai, karna bila Anda buka rekening saham serta lalu trading, semua kesibukan jual beli saham Anda nyaris tentu semuanya berlangsung di pasar reguler. Bila Anda menginginkan beraktivitas perdagangan di pasar tunai serta negosiasi, silakan bertanya ke broker Anda.

Saat Perdagangan di Bursa Dampak Indonesia

Perdagangan saham di Bursa Dampak Indonesia tidak berjalan sepanjang 24 jam penuh. Perdagangan di lantai Bursa Dampak Indonesia mempunyai saat perdagangan yang spesifik. Sesuai sama Jam Perdagangan yang ditetapkan oleh Bursa Dampak Indonesia, perdagangan dampak di lantai Bursa Dampak Indonesia berjalan dalam 6 jenis session perdagangan. Tersebut disini session perdagangan yang ada :

I. Perdagangan Pra-Pembukaan

Perdagangan Pra-Pembukaan yaitu saat perdagangan di mana beberapa pemodal, terbaik investor ataupun trader, dapat memasukkan order beli serta order jual lewat on-line trading yang mereka punyai untuk dapat diikutsertakan pada session perdagangan selanjutnya. Kapan seseorang pemodal dapat memasukkan order kedalam on-line trading yang dipunyainya ini, begitu beragam bergantung kekuatan dari on-line trading yang dipunyai oleh tiap-tiap perusahaan sekuritas. Sejauh pengetahuan saya, sebagian sekuritas memanglah mengijinkan nasabahnya untuk memasukkan order sejak sore hari sebelumnya hari perdagangan, selekasnya sesudah perdagangan di hari itu usai dikerjakan. Umpamanya : order untuk Selasa pagi.. dapat dimasukkan pada hari Senin sore sesudah jam 16. 15 … order untuk Senin pagi dapat dimasukkan pada hari Jumat sores sesudah jam 16. 15 … dan sebagainya. Walau demikian.. ada pula sekuritas yang membatasi kalau order untuk hari itu.. cuma dapat dimasukkan pagi hari sesudah jam spesifik.

Semuanya order yang dimasukkan oleh nasabah, juga akan masuk ke server on-line trading dari perusahaan sekuritas. Order ini, lalu pada pukul 8. 45 pagi, ke server BEI dari server perusahaan sekuritas.

Beberapa dari saham itu, juga akan ikuti sistem pembentukan harga pada ‘Opening Session’ bekasnya juga akan segera diantar pada awal perdagangan di pasar reguler.

II. Perdagangan Pembukaan (Opening Sesi)

Opening sesi yaitu sistem pembentukan harga pembukaan pada beberapa saham, yang dikerjakan sebelumnya jam perdagangan reguler di buka.

Opening Sesi ini dikerjakan pada pukul 8. 55 atau 5 menit sebelumnya perdagangan reguler dikerjakan.

Tidak semuanya saham ikut serta dalam sistem Opening Sesi ini. Daftar dari saham-saham yang ikuti opening sesi ini, dapat kita saksikan pada website IDX pada link di bawah ini.

Harga pembukaan ini dibuat berdasar pada harga paling baik yang dapat menyebabkan transaksi paling banyak dari order yang diantar oleh perusahaan sekuritas.

Pembentukan harga ini untuk memastikan harga pembukaan dari saham-saham itu, selain juga untuk memastikan tempat pembukaan dari IHSG.

III. Perdagangan Session Paling utama : Perdagangan pada Pasar Reguler

Perdagangan pada pasar reguler yaitu apa yang seringkali kita sebut jadi saat normal dalam lakukan perdagangan. Pada perdagangan di saat ini perdagangan dikerjakan dengan countinuos auction di mana konsumen serta penjual lakukan transaksi dalam prinsip first come – first served. Saat dikerjakannya perdagangan yaitu seperti berikut :

Hari Senin – Kamis
Session Pertama : 9. 00 – 12. 00
Session Ke-2 : 13. 30 – 15. 49. 59
Hari Jumat
Session Pertama : 9. 00 – 11. 30
Session Ke-2 : 14. 00 – 15. 49. 59

IV. Perdagangan Pra-Penutupan (Pre-Closing Sesi)

Pada pukul 15. 49. 59 … perdagangan reguler di Bursa Dampak Indonesia dihentikan untuk masuk masa Pra – Penutupan (Pre Closing Sesi). Pada pre-closing sesi ini, perdagangan berhenti, namun pemodal tetaplah dapat memasukkan order lewat on-line trading untuk ikuti pembentukan harga penutupan. Harga penutupan juga akan diputuskan berdasar pada harga yang mengakomodasi jumlah transaksi paling banyak. Sistem ini sama juga dengan yang dikerjakan saat session pembukaan, yang dikerjakan untuk memastikan harga pembukaan. Bedanya, pada closing pre-closing sesi ini dikerjakan pada semuanya saham ketika yang berbarengan.

V. Perdagangan Penutupan (Closing Sesi)

Session penutupan yaitu waktu di mana ditetapkan atau berlangsung pembentukan atas harga penutupan untuk perdagangan hari itu. Harga penutupan ini ditetapkan berdasar pada semua order terbuka (order yang belum juga jadi transaksi) yang masuk, terbaik sepanjang perdagangan reguler, ataupun saat waktu perdagangan Pra-Penutupan. Harga dibuat berdasarkah harga yang mempunyai volume transaksi paling banyak berdasar pada order terbuka yang masuk. Harga penutupan ini ditetapkan untuk lakukan penghitungan pada tempat penutupan IHSG.

Pada session ini, ditetapkan harga penutupan dari tiap-tiap saham dan IHSG.

IV. Perdagangan Saat Session Penutupan

Harga penutupan terjadi saat Session Penutupan. Walau demikian, transaksi perdagangan saham tidak berhenti disitu. Bursa Dampak Indonesia masih tetap memberi peluang untuk aktor pasar untuk lakukan transaksi pada session Perdagangan Saat Penutupan. Session perdagangan ini berjalan 10 menit, mulai jam 16. 05 sampai 16. 15. Pada session perdagangan ini, aktor pasar cuma dapat memasukkan order (terbaik order beli ataupun order jual) cuma pada satu harga, yakni harga penutupan.

Butuh dipahami kalau transaksi cuma berlangsung jika ada order beli atau order jual pada harga yang sama. Itu penyebabnya, order yang dimasukkan pada perdagangan saat session penutupan ini belum juga pasti berlangsung transaksi.

Order akan tidak jadi transaksi jika :

  • Bila kita lakukan order beli saat tempat bid offer ada pada tempat sisa beli, atau
  • Bila kita lakukan order jual saat tempat bid offer ada pada tempat sisa jual.

Transaksi cuma dapat berlangsung jika :

  • Bila kita lakukan order beli saat tempat bid offer ada pada tempat sisa jual, atau
  • Bila kita lakukan order jual saat tempat bid offer ada pada tempat sisa beli.

Sekian sepintas tentang saat perdagangan di Bursa Dampak Indonesia

Leave a Reply