Informasi dan Biaya Universitas Kedokteran

Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan para calon pendaftar fakultas kedokteran yang sudah sangat dikenal jika biaya universitas kedokteran sangatlah tinggi. Namun, di luar biaya tinggi tersebut, jaminan bagi lulusan kedokteran utnuk segera mendapatkan pekerjaan sangatlah seimbang dengan biaya yang harus dikeluarkan.

biaya universitas kedokteran, biaya masuk fakultas kedokteran, biaya sekolah kedokteran, berapa biaya kuliah kedokteran sampai lulus, biaya jurusan kedokteran seluruhnya
Berbagai macam informasi dan biaya universitas kedokteran

Karena masa depan yang cerah dan menjanjikan, jurusan kedokteran selalu menjadi jurusan yang terfavorit di hampir seluruh universitas yang menyelenggarakan jurusan atau program studi ini baik negeri maupun swasta. Biaya sekolah kedokteran seakan bukan menjadi masalah besar jika melihat prospek kerja dengan penghasilan yang tinggi.
Sebelum membahas tentang biaya yang harus dipersiapkan untuk berkuliah kedokteran yang merupakan jawaban dari banyak sekali pertanyaan tentang berapa biaya kuliah kedokteran sampai lulus, ketahuilah terlebih dahulu tentang waktu tempuh jurusan kedokteran secara umum di Indonesia. Sama dengan jurusan dengan jenjang sarjana yang lainnya, jurusan kedokteran juga memiliki waktu tempuh pendidikan standar selama delapan semester atau empat tahun.
Namun, jurusan kuliah kedokteran juga sama seperti kebanyakan jurusan lain yang dapat ditempuh paling cpat selama 3,5 tahun. Setelah lulus, lulusan kedokteran akan menjadi seorang sarjana namun tidak dapat langsung berpraktek menjadi seorang dokter yang biasa anda temui. Proses pekuliahan selama tiga setengah sampai empat tahun tersebut hanyalah merupakan proses penyerapan ilmu secara teoritis saja.
Untuk dapat mengaplikasikan ilmu tersebut dalam dunia praktek, anda wajib mengikuti Ko-As atau PTT terlebih dahulu selam lebih kurang 2 tahun. Setelah mengikuti Ko-As anda masih harus melewati tahap tes Uji Kompetensi Dokter Indonesia atau UKDI. Dan ini merupakan tahapan akhir. Setelah anda lulus UKDI barulah anda dapat sepenuhnya menjadi seorang dokter profesional dan berhasil mengantongi ijin untuk mandiri bukan hanya menjadi asisten saja.
Ternyata jurusan kedokteran bukan hanya diperlukan tingkat intelektual tinggi saja, namun juga diperlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan karena alasan biaya banyak sekali orang yang sebenarnya mampu dalam hal intelektual harus mengurungkan niat mereka untuk menjadi seorang dokter karena asalan biaya yang terlalu tinggi.

Biaya masuk fakultas kedokteran berkisar antara Rp 20 hingga Rp 50 juta untuk universitas negeri dan Rp 100 hingga Rp 250 juta untuk universitas swasta. Untuk biaya per semester pada jurusan kedokteran yang harus dibayarkan para mahasiswa pun tergolong sangat tinggi. Pada universitas negeri, standar biaya per semester yang harus dibayarkan antara Rp 7,5 juta hingga Rp 15 juta sedangkan untuk universitas swasta besaran biaya tiap semesternya dapat mencapai kurang lebih Rp 30 juta. Belum ditambah dengan anggaran biaya buku kedokteran yang juga terkenal mahal Satu buku dapat dibandrol dengan harga berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp5 juta .

Kuliah kedokteran memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dari awal masuk hingga dapat lulus dan akhirnya dapat memperoleh pekerjaan. Namun, jangan cemaskan biaya universitas kedokteran karena dapat direncanakan sedini mungkin serta telah tersedia banyak sekali beasiswa yang dapat meringankan beban biaya yang harus dibayarkan.

Leave a Reply