Hindari 2 Kesalahan Utama Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah langkah kedua Anda dalam membangun karir dan harus lolos, setelah bersusah payah menemukan lowongan. Tapi semoga ini bukan momen yang Anda harap bisa diulang kembali. Karena meskipun hanya kesalahan kecil saja, memang bisa menurunkan lagi ke langkah awal, yakni mencari lowongan pekerjaan. Dan semoga momen yang ingin Anda ulang tadi bukanlah saat wawancara kerja.

Hindari 2 Kesalahan Utama Saat Wawancara KerjaAgar peluang Anda untuk lolos wawancara kerja, berikut adalah 2 kesalahan umum penyebab kegagalan, yang di ungkapkan oleh Rachel Bitte, Kepala HRD perusahaan software Jobvite. Rachel Bitte sendiri sudah pernah mewawancari 6.000 orang lebih saat melakukan perekrut karyawan, yang diantaranya juga saat saat bekerja di Apple.

Ini Dia dua kesalahan yang harus Anda hindari saat mencari maupun wawancara kerja.

1. Berperilaku tidak sopan

Anda mungkin dipandang jadi orang yang kurang ajar walaupun tidak mengatakan sepatah kata juga pada manajer HRD. Bitte mencontohkan masalah yang sempat ia jumpai waktu bekerja di Intuit.

Sesudah lakukan wawancara lewat telepon dengan calon, ia juga mengatur janji pertemuan untuk wawancara step dua. Wawancara dikerjakan di satu restoran.

Tetapi, tingkah laku calon itu dia anggap tidak sopan. ‘ Langkah ia memperlakukan pelayan telah bercerita beberapa hal mengenai perilakunya, ‘ tuturnya.

Sekarang ini telah banyak perusahaan yang mengambil ‘ ketentuan pelayan ‘. CEO Tupperware Rick Going juga mengakui senantiasa mengecek ke sisi resepsionis kantor sesudah ia lakukan wawancara dengan calon karyawan untuk meyakinkan orang itu memanglah sopan.

‘ Lihat calon karyawan berhubungan dengan orang di lingkungan riil dapat menolong calon atasan ketahui tingkah laku negatifnya, ‘ kata Bitte.

2. Lupa bertanya

Kekeliruan kecil beda tetapi beresiko besar yaitu lupa ajukan pertanyaan. ‘ Itu dapat tunjukkan kita seakan tidak perduli, ‘ kata Bitte.

Bitte menyebutkan, begitu perlu untuk lakukan penelitian serta menyatukan pertanyaan sekitar perusahaan atau tempat yang juga akan dihuni untuk tunjukkan kita perduli.

Kuncinya, janganlah berikan pertanyaan yang tunjukkan kita tidak paham apa-apa. Pertanyaan yang mendalam atau berwawasan malah tunjukkan Anda ketertarikan serta menginginkan ikut serta.

‘ Perlihatkan pada kami Anda yaitu calon yang miliki passion. Perlihatkan rasa menginginkan tahu mengenai pekerjaan yang tengah diincar, ‘ katanya.

Leave a Reply