Daftar Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya

Fakultas Pertanian

Apa Anda sedang mancari jurusan prospek kerja terjamin. Yups! jurusan kuliah ipa ini juga kurang banyak peminat. Jadi tak heran bila sarjana pertanian semakin dibutuhkan. Berikut adalah daftar jurusan kuliah ipa dan penjelasannya untuk fakultas pertanian:

Agronomi

Peluang kerja di Departemen Pertanian dan lembaga penelitian, atau juga mengembangkan produksi tanaman pertanian alternatif sendiri dari bekal ilmu yang didapat saat kuliah.

Agribisnis

Setelah lulus dari jurusan ini Anda akan banyak menemukan peluang kerja dan karir. Lowongan yang tersedia seperti: Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Biro Pusat Statistik, Kantor Bea Cukai, bahkan Perbankan, dkk.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan. Sebab bidang ini cukup banyak tersedia peluang kesempatan kerja di lembaga pemerintah, Disini Anda nantinya akan bertanggungjawan pada pembangunan pertanian dan program-program penyuluhan.

Mikrobiologi Pertanian

Di jurusan kuliah Mikrobiologi Pertanian ini kamu akan mempelajari juga mengembangkan riset-riset pertanian yang nantinya bisa masuk pada perusahaan swasta atau di lembaga pemerintah.

Ilmu Tanah

Mengembangkan proyek pertanian atau rekayasa kesuburan tanah di suatu perusahaan merupakan prospek kerjanya. Tapi sarjana ilmu tanah juga memiliki peluang dan dibutuhkan untuk kerja di lembaga pemerintahan.

Ilmu Hama dan Penyakit

Suatu hal yang spesifik umunya memang lebih bagus bagus. Seperti halnya dengan penanganan dan pengelolaan sistem keamanan pertanian ini. Untuk saat ini banyak lembaga negara dan perusahaan swasta yang mempekerjakan sarjana ilmu hama dan penyakit tanaman. Terlebih di Indonesia juga memang sedang memerlukan sarjana ini untuk meningkatkan hasil pertanian.

Budidaya Perikanan

Untuk daftar jurusan kuliah dan penjelasannya yang satu ini, kamu jangan berfikir  dengan memilih jurusan budidaya perikanan maka ingin menjadi nelayan ataupun pengusaha ikan. Justru, ini merupakan jurusan perguruan tinggi yang menjanjikan untuk bekerja di lembaga-lembaga riset pemerintah ataupun pada jenis perusahaan yang khusus memproduksi bahan pakan. Nah, apakah kamu sekarang tertarik?

Manajemen Sumberdaya Perikanan

Untuk jurusan kuliah ini lebih terfokus pada manajemennya, meskipun hampir sama dengan budidaya perikanan. Dan prospek kerja di bidang ini pun terbuka untuk berbagai perusahaan swasta hingga pada lembaga pemerintah sekalipun.

Teknologi Hasil Pertanian

Jenis peluang kerja teknologi hasil pangan terbuka lebar di BUMN, lembaga penelitian dan riset, perusahaan swasta, dsb.

Fakultas Peternakan

Untuk fakultas peternakan spesifikasinya mirip dengan Fakultas Pertanian. Hingga pada peluang kerjanya pun serupa, hanya saja ini lebih khusus di bidang peternakan, seperti, riset, kajian hingga pada bidang pengelolaan.

Fakultas Kedokteran

1 jurusan kuliah favorit dari sekian fakultas yang ada. Selain harus pandai, untuk masuk fakultas siapkan juga biayan yang sangat besar, kecuali Anda punya beasiswa. Tapi kelebihanya adalah sebagai salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi, dan bidang yang banyak peluang kerja setelah lulus. Dengan kuliah di jurusan kedokteran, kemungkinan untuk bisa langsung kerja hampir 100% dengan rentang waktu yang hanya kurang dari 6 bulan dari masa kelulusan. Besarnya peluang kerja kuliah di jurusan kedokteran, salah satunya adalah karena kewajiban magang bagi mahasiswa calon dokter dan praktik pengujian yang secara langsung. Dan untuk program penjurusannya akan beragam yang akan disesuaikan pada spesialisasi masing-masing mahasiswa, yang diantaranya adalah:

  • Anestesiologi
  • Neurologi
  • Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  • Ilmu Bedah
  • Mikrobiologi Klinik
  • Ilmu Penyakit Dalam
  • Radiologi
  • Ilmu Kesehatan Anak
  • Bedah Syaraf
  • Bedah Plastik
  • Ilmu Gizi

Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi (Manajemen/Keuangan) satu lagi jurusan kuliah favorit. Dan untuk pembagiann jurusannya juga beragam tergantung dari pihak pengelola pendidikan, atau universitas tempat kamu kuliah.

Akuntansi
Jangan ragu dengan masa depan karir seorang Akuntan, jika di masa kuliah kamu memang benar-benar serius menjalaninya. Setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja dilembaga keuangan negara, pembukuan perusahaan, analis keuangan, dan pastinya perbankan, dll.

Ekonomi Pembangunan
Di bidang ini prospek kerjanya bisa kamu rintis dari perusahaan hingga di bidang akademis dengan cara menjadi dosen dan tenaga pengajar.

Leave a Reply