Daftar Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya

Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya memang sangat membantu sebagai referensi dalam melakukan riset sebelum manjadi mahasiswa. Dan salah satu orang itu mungkin adalah Anda, yang sedang memikirkan rencana setelah kuliah ingin kerja apa dan dimana? Jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan pilahan Anda tersebut harusnya bisa menjadi acuan untuk lebih semangat menyongsong masa depan. Untuk membantu Anda, dibawah adalah informasi mengenai macam macam jurusan kuliah dan prospeknya, silahkan disimak penjelasannya singkat di halaman ini (detailnya akan terbagi pada masing-masing halaman, jadi maaf bila nanti Anda akan banyak menemukan kata-kata, dan sebagainya atau dan kawan-kawannya):

69 Daftar Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya

daftar jurusan kuliah dan penjelasannya

Macam Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Fakultas Teknik

Pertama kita awali dengan Fakultas Teknik, yang mungkin merupakan jurusan kuliah yang menjamin masa depan Anda. Fakultas ini terbagi dalam berbagai jurusan yang masing-masing memiliki spesifikasi bidang pekerjaan yang khusus. Jadi cukup banyak bidang untuk dipilih dengan prospek kerja yang sama-sama banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Teknik Sipil

Teknik sipil menjadi salah satu jurusan kuliah favorit karena prospek kerjanya yang semakin terbuka lebar. Indonesia merupakan negara yang masih berkembang, jadi banyak perusahaan yang mengembangkan proyek pembangunan, mulai dari perumahan, hotel, ruko, dsb. Setelah lulus kuliah teknik sipil Anda bisa memilih sebagai: desain proyek, rekayasa geoteknik, pengelolaan bangunan dan sebagainya. Lulusan jurusan teknik sipil sangat memiliki peluang kerja besar bidang properti dan perancangan proyek pembangunan.

Teknik Mesin

Spesifikasi Teknik Mesin lebih mengacu pada bidang pengembangan, perancangan dan pengelolaan mesin. Tapi juga masih terbagi, seperti mesin kendaraan, mesin alat industri, mesin pesawat, dsb.

Teknik Elektro

Banyaknya lowongan kerja di perusahaan Elektro, maka bidang yang satu ini juga menyediakan prospek jurusan kuliah yang menjanjikan bagi para mahasiswa yang mengambil prodi di bidang elekronik. Materi teknik elektro misalnya seperti perakitan komponen elektrik, dsb.

Teknik Informatika

Majunya peradaban tak teknologi yang makin canggih seperti sekarang ini, Menjadikan teknik informatika sebagai 1 dari jurusan kuliah terbaik yang menjamin masa depan cerah. Jadi tak heran, bila jurusan ini sekarang makin diminati. Disini Anda akan mempelajari apapun yang terkait dengan bidang komputer, mulai hardware, software, hingga pada pembuatan website, dkk. Jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang adalah prodi yang terkait dengan ilmu teknologi. Seperti halnya sekarang, agar cepat berkembang dan mudah dikenal, setiap perusahaan harus membutuhkan tim teknis web, maintenance,  perancangan dan hal-hal yang tekait denganya. Lowongan kerja teknik informatika terbaru misalnya meliputi bidang  software engineering, bidang telekomunikasi, pengembangan sistem komputer, dsb.

Teknik Arsitektur

Jurusan kuliah Teknik Arsitektur ini sangat cocok bagi Anda menyukai, punya bakat dan kemampuan merancang bangunan, desain interior-eksterior, dsb. Jika yakin dengan kemampuan Anda setelah lulus, maka Anda juga berkesempatan membuka studio sendiri. Peluang kerja dibidang  ini sangat terbuka lebar, sebab saat ini sudah banyak sekali proyek pembangunan, mulai dari wilayah pedesaan hinggadi kota-kota besa. Seperti halnya dengan isu tentang perancangan tata ruang kota, yang memang sudah menjadi salah satu tujuan penting pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup warga, melalui: perombakan taman kota hingga penyediaan berbagai fasilitas publik yang memadai. Dan untu hasil yang optimal, Jasa arsitektur sangatlah dibutuhkan. Jadi jangan bila ada mahasiswa punya kerja sampingan denga gaji sangat lumayan di bidang ini.

Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan ini merupakan bidang yang dikhususkan untuk konservasi lingkungan termasuk udara, tanah dan air. Prospek kerja Teknik Lingkungan terbuka dari pemerintah dan perusahaan swasta sekalipun. Jenis pekerjaannya seperti menganalisis dan mengamati risiko pencemaran limbah produksi pabrik, juga bertugas untuk memetakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh suatu proyek pembangunan.

Leave a Reply