Contoh Strategi Bauran Pemasaran 4p Lengkap

Strategi Bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix)

Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

Pertama kali bauran pemasaran digunakan oleh Neil Borden (1964), dari inspirasi gagasan James Cullington (1948). Dan gagasan bauran pemasaran 4p itu adalah bahwa seorang eksekutif bisnis berperan sebagai ‘mixer of ingredients’. Dan kemudian Borden berhasil menyusun daftar elemen bauran pemasaran dengan 12 aspek. Tapi kemudian Jerome McCarthy (1968) menyederhanakannya hanya menjadi 4 aspek pokok saja: Product, Price, Place dan Promotion.Bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix), contoh bauran pemasaran 4p, bauran pemasaran 4p menurut kotler, makalah bauran pemasaran 4p, bauran pemasaran 4p pdf, jurnal bauran pemasaran 4p, Strategi Bauran Pemasaran 4p Lengkap, contoh bauran pemasaran

Meskipun sejumlah pakar pemasaran telah mengemukakan model bauran pemasaran terbaru, yang diantaranya adalah Booms & Bitner dengan model 7P Service Marketing Mix dan Kotler & Keller dengan bauran pemasaran holistic marketing, tapi strategi bauran pemasaran 4p hingga saat ini masih menjadi elemen kunci dalam sebagian besar literatur pemasaran dan tetap paling populer. Dan pendekatan yang diambil Manajer pemasaran tergantung pada target rencana dan industri pemasarannya.

Pengertian Strategi Pemasaran

Setelah kita mengetahui Bauran Pemasaran 4P diatas, sebaiknya kita harus mengerti dan paham apa itu strategi pemasaran. Agar bisa mengambil langkah yang efektif di masa mendatang maka perusahaan memerlukan perencanaan strategi pemasaran produk.

Menurut W. Y. Stanton pengertian strategi pemasaran secara umum adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan dalam rangka merencanakan dan menentukan harga hingga promosi, lalu mendistribusikan barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan pembeli potensial maupun aktual.

Contoh Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran 4p lengkap, bauran pemasaran 4p menurut kotler, contoh bauran pemasaran 4p, bauran pemasaran 7p, contoh strategi pemasaran 4p, bauran pemasaran adalah, strategi pemasaran produk, pengertian strategi pemasaranSebelum menerapkan Strategi Pemasaran Produk ada 4 aspek yang perlu untuk dipertimbangkan, strengths (S), weaknesses (W), opportunities (O), dan threats (T)

Contoh bauran pemasaran 4p dalam menerapkan strategi harus di awali dengan melakukan analisa secara secara menyeluruh dari situasi perusahaan Pemasar harus dilakukan SWOT analysis. Strategi Pemasaran Produk untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan secara menyeluruh:

  1. Strengths atau Kekuatan, meliputi sumber daya, kemampuan internal dan faktor situasional positif agar bisa membantu perusahaan melayani pelanggannya juda mencapai tujuannya.
  2. Weaknesses / Kelemahan, meliputi faktor situasional negatif dan keterbatasan internal yang kemungkinan akan menghalangi performa perusahaan.
  3. Opportunities / Peluang, ini merupakan faktor menguntungkan di lingkungan eksternal yang bisa digunakan perusahaan dalam mencari keuntungan.
  4. Threats! ancaman, merupakan faktor yang ada di lingkungan eksternal dan tidak menguntungkan, dann juga menghadirkan tantangan untuk performa perusahaan.

Tujuan strategi pemasaran adalah untuk membangun hubungan relationship dengan pelanggan dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Memahami kebutuhan pasar dalam rangka menciptakan nilai tambah bisa dilakukan dengan cara mengetahui keinginan pelanggan, menata informasi pemasaran dan data pelanggan, melakukan riset pelanggan dan pasar, membangun metode pemasaran yang terintegrasi, dan membangun hubungan yang saling menguntungkan demi kepuasan pelanggan.

Strategi Bauran Pemasaran 4p

Cara mengembangkan strategi pemasaran dan bauran pemasaran yang terintegrasi, perusahaan perlu menerapkan serta merencanakan setiap rincian bauran pemasaran (Marketing Mix) yang merupakan elemen kunci pemasaran taktis terkendali – Bauran Pemasaran 4p (produk, harga, tempat dan promosi) yang dipadukan perusahaan dalam rangka menghasilkan respons yang diinginkan di pasar yang disasarkan Strategi pemasaran 4p lengkap dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri:

  1. Produk, merupakan kombinasi barang dan jasa dari perusahaan untuk pasar sasaran yang meliputi: desain, ragam, kualitas, nama merek, fitur, serta kemasan.
  2. Harga, merupakan sejumlah uang dari pelanggan agar memperoleh produk, meliputi: diskon potongan harga, daftar harga, periode pembayaran maupun persyaratan kredit.
  3. Tempat, dimana merupakan lokasi kegiatan perusahaan untuk membuat produk agar tersedia bagi pelanggan, meliputi: saluran distribusi, Lokasi, persediaan, logistik dan transportasi.
  4. Promosi, ini merupakan aktivitas berupa penyampaian manfaat produk untuk membujuk pelanggan agar membelinya, meliputi : promosi penjualan dan Iklan.

Strategi marketing mix yang efektif harus mampu memadukan semua elemen bauran pemasaran pada suatu program pemasaran yang terintegrasi dan dirancang untuk tercapainya tujuan strategi pemasaran perusahaan. Sebelum membangun dari contoh bauran pemasaran 4p diatas, pemasar juga masih harus memikirkan dan menerapkan 4C; (‘Customer Solution’, ‘Customer Cost’, ‘Convenience’, ‘Communication’):

  1. Customer Solution atau Solusi Pelanggan; Produk harus membantu serta mampu memecahkan masalah konsumen.
  2. Customer Cost atau Biaya Pelanggan; Setiap sen dari harga yang dibayarkan konsumen harus sesuai dengan keinginannya dan kebutuhan.
  3. Convenience atau Kenyamanan; Produk mampu menyenangkan konsumen karena kemudahan dalam memperolehnya.
  4. Communication atau Komunikasi; Cara produsen melakukan komunikasi produk kepada konsumen harus secara tepat sasaran dan benar.

Sampai disini mengenai Konsep & Tujuan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran 4p, yang baru bisa kami sampaikan untuk kategori Manajemen, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply