Contoh Soal Akuntansi Jurnal Umum Sampai Laporan Keuangan Terkini

Jurnal umum serta laporan keuangan selalu jadi bahasan dalam materi bidang ilmu akuntansi yang selalu berkembang. Bahkan contoh soal akuntansi jurnal umum sampai laporan keuangan pun selalu diakses oleh banyak sekali mahasiswa atau pelajar yang menekuni bidang akuntansi untuk menambah kejelasan pada materi ini.

contoh soal akuntansi jurnal umum sampai laporan keuangan, pengertian jurnal umum, pengertian laporan keuangan, belajar akuntansi, jurnal umum akuntansi
Jurnal umum dan contoh soal akuntansi jurnal umum sampai laporan keuangan

Dalam bahasan ini akan diulas secara luas dan detai tantang jurnal umum serta beberapa contoh dan materi lainnya yang saling berkaitan dengan jurnal umum.

1. Apa itu jurnal umum?

Pengertian jurnal umum adalah pengetahuan dasar yang harus pertama diketahui untuk menuntun pemahaman menuju materi-materi selanjutnya yang lebih luas cakupannya. Jurnal umum adalah form khusus yang dipergunakan untuk membukukan kronologi segala aktivitas transaksi dengan data urutan tanggal hari, jenis akun yang ditransaksikan apakah kredit atau debet serta tempat terjadinya transaksi tersebut. dalam dunia ilmu akuntansi, pengertian atau definisi jurnal secara umum juga hampir sama dengan pengertian laporan keuangan yang memiliki penjelasan sebagai pencatatan seluruh transaksi keuangan dengan pertanggung jawaban tertentu.

2. Fungsi jurnal umum

Belajar akuntansi memang seakan tiada habisnya termasuk materi dasar tentang jurnal umum yang memiliki beberapa fungsi lebih rinci dan mendetail pada masing-masing plotnya seperti berikut.
• Fungsi mencatat
Di dalam jurnal, semua trasaksi akan tercatat secara sistematis sehingga jangan sampai ada transaksi yang tidak dicatat karena lupa atau kesengajaan. Hal ini dapat menimbulkan masalah yang lainnya yang akan semakin melebar.
• Fungsi historis
Kronologi transaksi akan ditulis secara runtut, urut dan sistematis sehingga dapat digunakan untuk dokumen yang dapat dilacak secara sistematis.
• Fungsi instruktif
Pembukuan yang terjadi di dalam jurnal merupakan perintah dalam hal proses kredit atau proses debit sesuai dengan transaksi yang dilakukan.
• Fungsi analisis
Pada saat proses pembukuan atau pencatatan transaksi pada jurnal, pastilah telah dilakukan dengan proses analisis apakah transaksi tersebut masuk dalam kategori transaksi debit ataukah transaksi kredit sehingga jarang akan terjadi kesalahan yang tidak dapat dilacak.
• Fungsi informatif
Segala catatan atau pembukuan yang ada di dalam jurnal memiliki nilai informatif yang tinggi. Karena di dalam jurnal telah jelas ditunjukkan kronologi transaksi yang telah dilakukan. Seperti waktu dan tempat terjadinya transaksi, nominal serta jenis transaksi yang dilakukan yakni kredit atau debit. Apabila sewaktu-waktu diperlukan, jurnal akanmenjawab pencarian informasi yang dibutuhkan.

3. Bentuk jurnal umum

Sedangkan bentuk-bentuk umum tentang jurnal umum antara lain tempat dan waktu terjadinya transaksi, nomor bukti transaksi, apakah masuk akun debet atau kredit, kode akun yang diiiskan dalam kolom referensi, nominal yang ditransaksikan, dan keterangan.
Berlatih secara bertahap dan dengan intensitas yang sering contoh soal akuntansi jurnal umum sampai laporan keuangan untuk mengasah dan mendalami kemampuan akuntansi Anda.

Leave a Reply