Contoh Kasus Hukum Perdata dan Penyelesaiannya

Saat ini sudah ada banyak sekali kasus contoh kasus hukum perdata dan penyelesaiannya di Indonesia. Sebenarnya hukum perdata merupakan induk atau pusat dari beberapa bidang hukum di antaranya hukum dagang, hukum perusahaan, hukum perikatan dan beberapa hukum yang lainnya.

Beberapa contoh kasus hukum perdata dan penyelesaiannya

contoh kasus hukum perdata dan penyelesaiannya, contoh hukum persdata, penyelesaian kasus perdata, kasus hukum perdata, penyelesaian contoh kasus hukum perdata
Sebelum mengulas lebih lanjut tentang kasus hukum, contoh serta penyelesaian dari kasus hukum perdata tersebut, ketahui terlebih dahulu tentang sejarah, pengertian hukum perdata dan beberapa material lainnya tentang hukum perdata. Seperti beberapa point penjelasan berikut ini.

1.    Sejarah hukum perdata

Hukum perdata pertama kali dicetuskan oleh Perancis dan dianggap sebagai hukum yang paling valid. Hukum perdata merupakan salah satu bagian kodifikasi dari hukum privat bersama hukum dagang yang kala itu berlaku di Perancis. Bahkan saat Perancis dapat menguasai Belanda, kedua modifikasi yakni hukum perdata dan hukum dagang pun masih berlaku dan masih dijalankan sebagai hukum yang valid.

2.    Pengertian hukum perdata

Setelah mengetahui cuplikan sejarah tentang hukum perdata di atas, kini yang akan dibahas pada ulasan ini adalah tentang pengertian hukum perdata di Indonesia. Kemunculan hukum perdata di Indonesia tidak terlepas dengan penjajahan Belanda selama lebih dari 3 abad di Indonesia. Pada awalnya hukum perdata di Indonesia dikenal dengan Bulgerlijk Wetboek Voor Indonesie atau lebih dikenal dengan BW. BW atau hukum perdata pada masa itu memiliki arti hukum yang berkaitan dengan hak tanggungan, tanah, dan fidusia.

3.    Sistematika hukum pedata di Indonesia dalam KUH perdata

Sebelum pada contoh kasus hukum perdata dan penyelesaiannya alangkah baiknya kita mengetahui sistematika hukum perdata menurut ilmu pengetahuan di Indonesia dibagi menajdi empat antara lain.
•    Hukum pribadi
Hukum pribadi merupakan hukum yang mengatur mengenai segala hal tentang manusia secara pribadi selaku subyek hukum atau pelaku kewajiban serta hak.
•    Hukum keluarga
Jika hukum keluarga merupakan hukum yang mengatur masalah hukum yang muncul karena adanya hubungan keluarga antar person. Hubungan keluarga tersebut seperti hubungan orang tua dan anak, pernikahan dan perceraian, dan lain sebagainya.
•    Hukum harta kekayaan
Sedangkan hukum harta kekayaan adalah hukum yang mengatur seseorang dalam persoalan kekayaan seperti perjanjian, gadai, hak milik dan sebagainya.
•    Hukum waris
Hukum waris adalah hukum yang mengatur mengenai harta dan atau barang kekayaan seseorang yang telah meninggal dunia dan akan terjadi peralihan harta benda ke tangan ahli warisnya.

4.    Contoh kasus hukum perdata dan penyelesaian

Sebagai contoh kasus hukum perdata ialah kasus hukum perdata artis Nia Daniati terhadap Farhat Abbas. Pada saat proses perceraian kedua artis ini Nia Daniati menuntut nafkah bagi anak mereka dengan nominal Rp 100 juta untuk setiap bulannya sesuai janji Farhat Abbas sebelumnya. Namun dalam proses persidangan, Farhat hanya menyanggupi uang nafkah sebesar Rp 7 juta dan tentu saja tidak disetujui oleh piha Nia. Akhirnya setelah proses sidang yang cukup lama hakim mengabulkan permohonan Nia tentang nafkah sebesar Rp 100 juta per bulannya.

Karena di Indonesia kebanyakan daerahnya masih menggunakan sistem hukum perdata maka banyak yang mencari tambahan informasi tentang contoh kasus hukum perdata dan penyelesaiannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Reply