Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik

Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik

stars

Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi cara membuat video tutorial yang menarik dan gratis di windows 7, 8 dan 10 hanya menggunakan PPT, atau yang lebih dikenal dengan powerpoint. Yups, memang benar Powerpoint memang bukan software yang dikhususkan untuk membuat video. Tapi jangan salah, bila Anda menguasainya maka hasilnya tidak akan kalah bagus dengan software berbayar yang harganya rata-rata mahal.

Keuntungan lain, bagi pemilik toko online, atau pelaku bisnis lainya, dengan powerpoint Anda juga bisa membuat baner yang cantik untuk di promosikan melalui instagram maupun facebook. Tapi saat ini kedua medsos terfavorit untuk menjaring pelanggan tersebut juga sudah mendukung Video. Hanya saja bila ingin membuat video untuk promosi di facebook dan instagram, Anda harus membuat layout atau ukuran persegi. Jadi Powerpoint juga bukan hanya sebagai cara membuat video tutorial yang menarik saja.

Jika Anda membuka Powerpoint, maka Anda akan menemukan banyak fitur didalamnya. Secara umum, semua yang ada disana mudah di kenali. Terlebih, Saya yakin Anda sudah sangat familiar dengan gadget dan laptop. Jadi jika hanya sekedar membuat video, Anda akan cepat mempelajarinya.

Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik Dan Gratis Hanya Dengan Powerpoint

  1. Buka Powerpint Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik
  2. Pilih Blank Presentation cara membuat video tutorial youtube
  3. Hapus isi halaman, biarkan kosong cara membuat video tutorial yang keren
  4. Pilih Insert cara membuat video tutorial dengan youcam
  5. Nah, pada tahap ini Anda tinggal memasukan video yang ingin di edit, atau gambar untuk membuat video slideshow, merekam video tutorial, dsb.
  6. Gunakan fitur animasi, transitions dan lainya, untuk text atau gambar sesuai kebutuhan. tutorial cara membuat video dengan windows movie maker
  7. Jika Anda punya banyak koleksi Storyboard Shapes dan Template PPT, Maka Akan lebih mudah untuk berkreasi dalam membuat video atau banner iklan produk yang dingin dipromosikan. Dalam hitungan menitpun kerjaan Anda akan siap dan hasil yang pastinya berkualitas bagus layaknya menggunakan software video yang mahal.cara membuat video tutorial windows 7
  8. Jangan lupa preview hasilnya.
  9. Jika semua dirasa sudah siap sesuai harapan, maka selanjutnya pilih File. video tutorial cara membuat web
  10. Pilih Export. cara membuat video tutorial di windows
  11. Kemudian Create a Video cara membuat video untuk tutorial
  12. Dan cara terakhir, setelah Anda menentukan kualitas video yang ingin di buat, klik lagi create a video yang ada di bawah.
  13. Selesai, tunggu hingga proses selesai. Maka Video Anda siap untuk di upload di Youtube. facebook atau Instagram.

Apapun hasil (bagus dan tidaknya) yang Anda praktekan dari “Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik” ini tergantung dari kreatifitas Anda. Tapi bila Anda bukan Ahli desain grafis, dengan memiliki Template Powerpont, karakter dan text animasi, dan video template maka segalanya akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik Selain menggunakan Powerpoint

Nah, Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik diatas penulis juga akan merekomendasikan 2 software lain. Keduanya juga sering digunakan untuk membuat video di youtube, untuk membuat tutorial juga sama, Anda hanya tinggal merekam aktivitas layar/desktop. Tapi apapun itu Aplikasi yang Anda gunakan, bila itu memang dirancang khusus untuk hal tersebut, dan Anda menggunakan yang FREE. Umumnya akan mengalami banyak kesulitan, entah itu mengenai pembatasan fitur, akses dan sejenisnya.

1. Camtasia Studio

Camtasia Studio yang merupakan software untuk merekam aktifitas layar lengkap dengan editor video. Dan beberapa fitur-fitur nya diantaranya adalah:

  • Merekam langsung semua aktivitas pada layar desktop
  • Dokumentasi tutorial
  • Bisa publikasi langsung ke youtube
  • Edit dan animasi yang menarik
  • Bisa merekam game
  • Format hasil video file yang beragam

2. BB FlashBack Pro

BB FlashBack Pro adalah opsi kedua selain Camtasia jika spesifikasi laptop atau komputer Anda rendah. Dan berikut adalah beberapa fiturnya:

  • BB FlashBack memungkinkan Anda merekam dengan durasi yang lama
  • BB FlashBack dapat merekam frame rate yang tinggi
  • Bisa melakukan rekaman dijadwalkan
  • Merekam suara mikrofon, speaker PC atau sumber lainnya
  • Bisa publikasi langsung ke youtube

Dari ketiga Cara Membuat Video Tutorial Yang Menarik diatas kalau saya sendiri sudah jelas memilih Powerpoint. Karena sudah jelas tidak ada biaya bulanan ataupun harus beli software tersebut. Dan Alasan kedua, Penulis tidak pandai desain grafis. Jadui untuk kebutuhan membuat video, banner iklan, dan hal lainya untuk promosi toko online hanya tinggal membeli templatenya saja. Dengan harga yang terbilang murah dan terjangkau sudah dapat memiliki banyak pilihan yang tinggal di edit dalam hitungan menit.

Demikian cara membuat video tutorial youtube menarik yang keren dari JurusanTerbaik.com. Semoga bermanfaat..dan salam sukses..