Biaya Kuliah Kedokteran Sampai Lulus Di 5 Universitas Terbaik

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sampai Lulus?

Dokter merupakan profesi yang diimpikan oleh jutaan orang di seluruh penjuru dunia. Selain itu, dokter juga merupakan profesi yang sangat bergengsi dan sangat membanggakan. Tak heran jika hingga sekarang, kursi mahasiswa kedokteran selalu diburu oleh para pendaftar dari seluruh berbagai penjuru meskipun berapa biaya kuliah kedokteran sampai lulus memang cukup tinggi.

berapa biaya kuliah kedokteran sampai lulus, biaya kuliah kedokteran, biaya kuliah dokter sampai lulus, biaya sekolah kedokteran, biaya jurusan kedokteran

Karena itu berapa biaya kuliah kedokteran sampai lulus?

Biaya kuliah kedokteran yang terkenal cukup tinggi dirasa sangatlah wajar karena setelah lulus nanti, lulusan kedokteran dapat secara mudah untuk berkarir dan berprofesi menjadi seorang dokter. Namun harus terlebih dahulu melaksanakan program KoAs selama kurang lebih dua tahun. Setelah itu barulah diberi kesempatan untuk mengikuti UKDI dan setelah lulus kemudian akan diperbolehkan berpraktek secara prfesional sebagai seorang dokter. Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang dapat digunakan sebagai bahan referensi pengambilan tempat menuntut ilmu kedokteran.

1. Universitas Airlangga

Universitas Airlanga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri penyelenggara kedokteran yang berlokasi di Surabaya. Untuk dapat menempuh perkuliahan kedokteran pada universitas ini setelah lulus seleksi perekrutannya, Anda harus membayar uang kuliah awal masuk sebesar Rp 70 juta. Besaran Uang Kuliah Tetap atau UKT pada universitas ini adalah Rp 15 hingga Rp 21 juta. Sehingga kurang lebih jika diakumulasikan biaya kuliah dokter sampai lulus di UNAIR mencapai Rp 240 jutaan.

 2. Universitas Hasanudin

Universitas Hasanudin juga merupakan peruruan tinggi negeri yang cukup bonafit untuk dijadikan pilihan. Uang kuliah tetap atau UKT yang harus dibayarkan pada jurusan kedokteran universitas ini ialah sebesar Rp 20 juta.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang terletak di Yogyakarta ini kualitas jurusan kedokterannya tidak usah ditanyakan lagi. Kedokteran UGM setiap tahunnya selalu dipenuhi oleh para pelamar bukan hanya dari Yogyakarta saja namun juga dari berbagai kota dari seluruh Indonesia. Biaya perkuliahan kedokteran UGM pun cukup tinggi yakni dengan uang kuliah tetap atau UKT sebesar Rp 25 juta.

 4. Universitas Indonesia

Biaya sekolah kedokteran di Universitas Indonesia memang disesuaikan dengan golongan kemampuan finansial mahasiswanya. Terdapat enam golongan UKT atau uang kuliah tetap yang terdapat di universitas ini yang berkisar dari Rp 500 ribu hingga Rp 15 juta. Hal ini sangat disambut baik oleh seluruh masyarakat karena dinilai lebih meringankan.

 5. Universitas Diponegoro

Jika anda memilihkan universitas diponegoro sebagai pilihan tempat berkuliah anda biaya yang harus anda siapkan ialah sekitar Rp 100 juta hingga Rp 150 juta untuk uang pembangunan dan untuk uang kuliah tetap atau UKT setiap semester sebesar Rp 19 juta.

Baca juga biaya sekolah kedokteran termurah
Demikianlah beberapa informasi yang memberi jawaban atas pertanyaan berapa biaya kuliah kedokteran sampai lulus yang banyak dicari. Bagi anda yang berminat untuk berkuliah pada jurusan ledokteran dan bercita-cita menjadi seorang dokter, rasanya biaya yang harus dikeluarkan pada saat perkuliahan cukup wajar dengan prospek karir yang menjanjikan.

Leave a Reply