Berbagai Pihak Pemakai Informasi Akuntansi Intern dan Extern

Akuntansi merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang memiliki beragam teknik dalam proses pengumpulan data. Oleh karena itu, kini akuntansi merupakan bahasa komunikasi ekonomi yang tepat untuk digunakan baik bagi perorangan maupun instansi. Pemakai informasi akuntansi dapat dengan mudah mengakses data atau informasi yang dihasilkan oleh system akuntansi.

pemakai informasi akuntansi, pemakai informasi akuntansi dan kegunaannya, pemakai informasi akuntansi dan penjelasannya, kegunaan akuntansi, manfaat akuntansi

Pihak pemakai informasi akuntansi

Berbicara mengenai pemakai informasi akuntansi, terdapat dua golongan besar pemakai informasi akuntansi yaitu pihak intern serta oihak ekstern. Berikut penjelasan lebih rincinya:

1.    Pihak intern

Yang dimaksud dengan pihak intern disini adalah pihak yang diberikan tanggung jawab oleh perusahaan untuk melaksanakan segala kegiatan dalam perusahaan tersebut. Kegunaan akuntansi dengan hasil akhirnya yang berupa data sangatlah penting untuk dijadikan sebagai bahan dalam melaksanakan pekerjaan perusahaan. Pihak intern perusahaan yang pada umumnya berhubungan langsung serta merupakan pemakai informasi akuntansi adalah manajer perusahaan dari masingmasing divisi. Informasi akuntansi dapat digunakan untuk menentukan harga produk perusahaan atau hal yang lainnya yang berhubungan dengan keuangan.

2.    Pihak ekstern

Selain pihak intern, pemakai informasi akuntansi juga merambah pada berbagai pihak ektern yang memiliki keterlibatan dalam kelangsungan perusahaan. Pihak ekstern yang merupakan pemakai informasi akuntansi dan kegunaannya ini antara lain:

•    Kreditor

Bank dan perusahaan memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Bank memiliki kedudukan sebagai kreditor atau peminjam dana bagi perusahaan yang juga merupakan pemakain informasi akuntasi dari perusahaan yang bersangkutan. Informasi akuntansi diperlukan kreditor sebelummencairkan dana pinjaman perusahaan dengan tujuan dapat mengetahui serta menilai apakah perusahaan akan mampu mengembalikan besaran pinjaman dalam tempo waktu yang disepakati atau tidak. jika informasi akuntansi menunjukkan sisi negatif dari perusahaan tersebut maka besar kemungkinan kreditor tidak akan mengabulkan usulan pinjaman.Kreditor adalah pemakai informasi akuntansi dan penjelasannya.

•    Pemilik perusahaan

Calon pemilik atau pemilik perusahaan wajib mengetahui kondisi keuangan serta prospek yang akan dapat diraih oleh perusahaan. Informasi-informasi ini dapat diperoleh dari informasi akuntansi dalam perusahaan yang bersangkutan.

•    Badan pemerintahan

Pemerintah melalui berbagai badan atau instansinya juga merupakan pemakai tetap akuntansi pada setiap perusahaan. Informasi akuntansi perusahaan digunakan sebagai pedoman badan atau instansi pemerintah dalammenetapkan nominal pajak yang ahus dibayarkan perusahaan secara rutin setiap tahunnya

•    Investor

Dalam dunia bisnis, peranan investor sangatlah besar karena tanaman investasinya melalui obligasi atau pembelian saham dapat mengembangkan perusahaan ke sekotor yang lebih baik. Namun sebeluv berinvestasi pada perusahaan, investor harulah terlebih dahulu mengetahui tingkat profitabilitas dan kemampuan perusahaan dalam bidang ekonomi dan perjalanan bisnis hingga masa mendatang. Untuk dapat mengetahuinya, investor memerlukan informasi akuntansi untuk mengecek dan melihat segalanya.

•    Serikat pekerja

Karyawan atau serikat kerja juga wajib mengetahui informasi akuntansi sebelum penandatangan kontrak baru atau perpanjangan sehingga dapat mengetahui dan terus memantau kondisi keudangan serta kemajuan perusahaan.
Jika anda merupakan salah satu dari pemakai informasi akuntansi di atas, segera lakukan pengecekan terhadap keadaan keuangan perusahaan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Leave a Reply