Belajar Mengenai Materi Dasar Akuntansi yang Penting

Anggapan para mahasiswa jurusan akuntansi materi dasar akuntansi adalah materi pengantar ilmu akuntansi yang mudah dapat dipahami dalam waktu singkat. Namun pada saat perjalanan pemahaman materi ini tidak sedikit yang menarik kembali pendapat awalnya tersebut. Meskipun bermuatan materi yang cukup krusial karena berhubungan dengan angka, namun menanamkan kata mudah dan selalu berusaha untuk memahami berbagai materi yang dimiliki akuntansi adalah basik yang sangat bagus.

materi dasar akuntansi, tips belajar materi dasar akuntansi, contoh materi dasar akuntasi, cara belajar materi dasar akuntansi, ilmu dasar akuntansi
Mengenal lebih jauh materi dasar akuntansi

Semoga penjelasan tentang contoh materi dasar akuntansi berikut ini dapat membantu proses belajar dan pemahaman anda dalam menuntut ilmu khususnya untuk jurusan akuntasi dan yang berhubungan.

1.    Akun dalam transaksi jurnal pada materi akuntansi

Tak sedikit istilah-istilah yang terdapat dalam bidang ilmu akuntansi yang tidak dapat serta merta dimengerti melainkan butuh proses dan latihan dengan intensitas tinggi. Cara belajar materi dasar akuntansi yang tepat adalah dengan memahami berbagai istilah tersebut. Seperti akun dalam transaksi jurnal berikut ini.
•    Komponen aktiva
Yang termasuk dalam komponen aktiva lancar antara lain persediaan, kas dan piutang. Sedangkan yang termasuk dalam aktiva tidak lancar antara lain good will, inestasi, serta deffered assets. Yang termasuk dalam aktiva tetap antara lain tanah, mesin, gedung serta bangunan pabrik.
•    Komponen modal
Sedangkan materi dasar akuntansi dalam komponen modal terdapat dua jenis akun yakni modal disetor serta laba yang ditahan. Pada modal disetor, kegiatan debet akan mengurangi modal dan kegiatan kredit justru malah menambah modal. Jika pada laba ditahan, debet akan tergolong pengurangan pada penjualan namun merupakan pemasukan pada biaya serta deviden. Sedangkan kredit justru akan menambah penjualan dan akan mengurangi deviden serta biaya.
•    Komponen hutang
Pada komponen ini, transaksi debet akan bekerja untuk mengurangi hutang dan transaksi kredit justru akan dapat menambah hutang.

2.    Persamaan dasar akuntansi

Sudah menjadi pengetahuan umum jika akuntansi memiliki berbagai formula dan persamaan dalam materinya karena berhubungan dengan uang, perhitungan dan ekonomi. Berbagai formula dalam perhitungan serta transaksi pada masing-masing komponen di atas haruslah dimengerti dan dipahami.

3.    Tips dan kiat memahami materi dasar akuntansi

Jangan mudah menjudge materi pada akuntansi merupakan materi yang sulit dan membuyarkan. Selalu berpositif thinking bahwa seluruh rangkaian materinya dapat dipahami dengan mudah. Selain itu, untuk lebih mempermudah pemahaman anda, ikuti tips belajar materi dasar akuntansi berikut ini:
•    Selalu tanamkan pikiran positif atau positif thinking jika akuntansi dan materinya dapat dengan mudah dipelajari serta dipahami sehingga anda tidak akan merasa takut atau berat dalammenghadapinya.
•    Ketahui target serta tujuan dari materi yang sedang dipelajari agar dapat memegang konteks materi serta alurnya dengan tepat.
•    Pahami bagian-bagian serta proses yang dimiliki materi dasar akuntansi supaya tidak bingung.
•    Pemahaman secara materi saja belum cukup. Untuk itu, perbanyaklah latihan atau prakrik secara langsung tentang ilmu atau pengetahuan tentang dasar akuntansi yang sudah dipelajari. Dengan rutin berlatih, kemampuan pun akan semakin terasah.
Demikianlah penjelasan tentang materi dasar akuntansi serta beberapa informasi yang bekaitan dengan hal tersebut. semoga bermanfaat.

Leave a Reply