Bagian Bagian Mesin Bubut, Pengertian & Fungsinya

Pengertian Mesin Bubut

bagian bagian-mesin bubut

Mesin Bubut

Sebelum masuk pada jurusan teknik mesin terbaik, ada baiknya kamu mengenali bagian-bagian utama mesin bubut, fungsi, prinsip dan pastinya tau apa itu mesin ini. Penegrtian mesin bubut adalah satu dari jenis mesin perkakas yang difungsikan untuk pemotongan benda-benda kerja dengan cara kerja membuat sayatan, dimana pahat yang sebagai pemotong tersebut bergerak secara translasi juga sejajar pada suatu titik dari benda yang dibubut tersebut.

Bagian Bagian Mesin Bubut

Ketimbang mesin freis, sekrap dril dan jenis mesin perkakas lainy, mesin bubut lebih memiliki populasi terbesar di dunia. Bagian utama mesin bubut diantaranya alas mesin, kepala tetap, kepala lepas dan eretan.

Bagian utama mesin bubut

1. Head Stock atau Kepala Tetap
Kepala tetap adalah bagian utama dari mesin bubut yang berfungsi sebagai penyangga poros, Dan poros ini digunakan sebagai penggerak spindle. Selain itu poros utama di Head Stock juga difungsikan sebagai dudukan roda gigi dalam mengatur kecepatan putaran sesuai keinginan. Tapi fungsi rangkaian roda gigi tersebut adalah sebagai penerus putaran dari motor ke putaran spindle.
2. Tail Stock (Kepala Lepas)
Bagian utama kedua adalah Kepala lepas yang ada di sebelah kanan dan terpasang pada meja mesin atau alas. Fungsi Tail Stock adalah sebagi tempat pemasangan senter untuk penumpu ujung benda kerja juga berfungsi sebagai dudukan penjepit mata bor ketika mengebor. Kepala Lepas tersebut mudah untuk digerakkan dan digeser sesuai meja mesin, kemudian dikencangkan dengan tuas pengencang dengan perantara mur dan baut. Ketika melakukan pembubutan benda yang konis, tail stock mudah digerakkan, melintang, maju dan mundur.
3. Alas Mesin
Bed atau yang lebih dikenal Alas mesin, ini juga merupakan bagian utama mesin bubut. Fungsi Bed adalah sebagai pendukung serta lintasan eretan serta kepala lepas. Kehalusan pada permukaan alas mesin dan rata bisa membuat pekerjaan membubut lebih sempurna.
4. Support (Eretan)
Bagian bagian mesin bubut yang utama terakhir adalah Eretan, ini berfungsi sebagai penghantar pahat sepanjang alas mesin bubut yang digunakan. Dan eretan sendiri terdapat 3 jenis, yang diantaranya:

  • Eretan bawah: yang berjalan sepanjang alas mesin
  • Eretan lintang: yang bergerak tegak lurus terhadap alas mesin.
  • Eretan atas: yang berfungsi sebagai penjepit pahat bubut, Eretan atas ini juga dapat untuk diputar ke kanan dan kiri (dapat digerakkan secara manual maupun otomatis). Hal ini akan lebih mempermudah dalam pengerjaan benda-benda konis.

Selanjutnya, selain adanya bagian utama mesin bubut diatas, berikut masih ada Bagian Bagian Mesin Bubut yang merupakan pendukungnya, dan pastinya juga memiliki fingsi yang tak kalah penting.

Bagian Bagian Mesin Bubut Pendukung Kerja

1. Tuas pengendali kecepatan putaran,
2. Tuas pengunci kedudukan,
3. Tuas kecepatan poros kepala tetap,
4. Saklar utama,
5. Roda tangan untuk gerakan arah memanjang,
6. Pen pengaman pada selongsong sambungan,
7. Sekrup-sekrup pengunci kedudukan kepala lepas,
8. Tuas untuk menjalankan gerakan otomatis arah memanjang dan melintang,
9. Sekrup pengunci luncuran,
10. Tuas pengunci kedudukan senter kepala lepas,
11. Tuas pengunci rumah pahat,
12. Roda tangan penggerak luncuran melintang,
13. Tuas pengunci kepala lepas,
14. Tuas pengatur tebal sayatan dan penguliran, berpasangan,
15. Roda tangan penggerak poros senter kepala lepas,
16. Penunjuk jarak gerakan support pada arah memanjang.

Ke 16 bagian mesin bubut diatas saling terintegrasi untuk memenuhi prinsip kerja mesin bubut agar optimal.

Prinsip Kerja Bagian-Bagian Mesin Bubut

bagian bagian mesin bubut dan prinsip kerja mesin bubut

Contoh mesin bubut

Jika bicara soal prinsip kerja mesin bubut, lebih mudah dipahami langsung ketimbang diutarakan. Tapi prinsipnya adalah menghilangan bagian dari benda kerja yang bertujuan untuk memperoleh suatu bentuk tertentu sesuai keinginan, benda kerja terbut diputar pada kecepatan tertentu seiring pemrosesan pemakanan pahat yang bergerak secara translasi sejajar dengan sumbu putar benda kerja yang dibubut.
Gerak potong relatif adalah Gerakan putar dari benda kerja
Gerak makan atau feeding adalah gerakkan translasi dari paha

Fungsi Mesin Bubut

Fungsi utama dari mesin bubut pastinya sudah Anda tangkap setelah membaca artikel diatas. Dan berikut adalah fungsi dari bagian-bagian mesin bubut:
Tailstock berfungsi sebagai pemegang atau juga penyangga benda kerja pada ujung benda kerja yang berseberangan dengan pencekam saat proses pembubutan.

  1. Lead crew merupakan poros panjang berulir yang sejajar dengan bangku dan ada dibawah, yang terhubung dengan roda gigi pada kepala tetap. Berfungsi sebagai ulir pengarah saat membuat ulir atau bisa juga tidak digunakan dan dilepas.
  2. Feedrod berfungsi untuk menyalurkan daya melalui quick change box untuk menggerakkan mekanisme apron dalam arah memanjang atau juga melintang.
  3. Carriage karena fungsinya sebagai penyangga dan pengarah pahat pemotong, maka konstruksinya kuat. Carriage sendiri memiliki 3 bagian, tempat eretan, apron dan dudukan pahat. Lengkap beserta dua cross slide sebagai pengarah pahat untuk arah melintang.
  4. Toolpost berfungsi sebagai dudukan pahat bubut.
  5. Headstock berfungsi untuk mengatur putaran sesuai kebutuhan saat proses pembubutan. Headstock sendiri merupakn tempat terletaknya transmisi gerak pada mesin bubut, selengkapnya sudah dijelaskan diatas pada bagian-bagian mesin bubut.

Istilah bagian bagian mesin bubut

  • Facing (Pembubutan muka) merupakan pembubutan di tepi penampang yang di gerakkan lurus terhadap sumbu benda kerja untuk tujuan membuat permukaan yang rata dan halus.
  • Pembubutan silindris (Pembubutan rata) merupakan proses pembubutan di sepanjang garis sumbu.
  • Threading (Pembubutan ulir) merupakan pembubutan ulir yang dilakukan dengan pahat ulir.
  • Taper (Pembubutan tirus) merupakan proses pembubutan benda kerja konis.
  • Drilling (Pembubutan) merupakan pembubutan dengan bor untuk membuat lubang.
  • Boring (Perluasan lubang) merupakan proses memperbesar lubang.
  • Knurling merupakan proses pembubutan luar atau pembubutan silindris dengan maksud membubut profil.

Leave a Reply