5 Jurusan UGM yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan

5 Jurusan UGM yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan

stars

Sudah tidak diragukan lagi jika Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal sebagai UGM merupakan perguruan tinggi berkualitas internasional yang dimiliki oleh kota pelajar yakni Yogyakarta. Banyak sekali para lulusan sekolah menengah atas atau sederajat yang bercita-cita untuk dapat menempuh pendidikan di kampus kebanggaan Indonesia ini. Namun, ternyata ada juga jurusan UGM yang sepi peminat seperti yang diulas berikut ini.

Apa Saja Jurusan UGM Yang Sepi Peminat?

jurusan UGM yang sepi peminat, jurusan yang jarang diminati di UGM, jurusan sepi peminat di UGM, jurusan yang sedikit peminatnya di UGM, jurusan UGM jarang diminatiDari puluhan fakultas yang dimiliki Universitas Gadjah Mada yang merupakan kampus pertama dibangun oleh pemerintah RI ini ternyata terdapat jurusan yang jarang diminati di UGM:

1.    Jurusan mikrobiologi pertanian

Walaupun mahasiwa UGM jumlahnya sangat banyak dan berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, namun nyatanya jurusan mikrobiologi pertanian UGM masih sepi peminat. Padahal jika ditelisik semakin dalam, prospek dari jurusan ini sangat menjanjikan karena lahan pertanian di Indonesia masih memerlukan pebaikan di berbagai sektor. Semakin berkembangnya teknologi pertanian, budidaya pertanian yang ramah lingkungan dan efektif semakin dibutuhkan dan mikrobiologi pertanian akan mampu menciptakan teknologi yang menggabungkan mikroorganisme dengan tanaman yang akan menghasilkan perpaduan efektif dan efisien serta dapat meningkatkan mutu pertanian di Indonesia.

Baca disini: Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

2.    Jurusan sastra nusantara

Sastra Nusantara masih menjadi salah satu jurusan sepi peminat di UGM. Padahal jurusan atau program studi yang satu ini memiliki prospek yang cukup cerah bagi para lulusannya. Jurusan sastra nusantara di Universitas Gadjah Mada merupakan tempat literasi atau pusat kajian studi bahasa sastra serta budaya nusantara baik lisan maupun tertulis sehingga membuat mahasiswanya dapat secara langsung bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar berskala nasional maupun internasional. Bahkan lulusan jurusan ini juga dapat berkarir menjadi dosen pada berbagai universitas di seluruh Indonesia karena hampir seluruh universitas di Indonesia memiliki mata kuliah yang bersinggungan dengan sastra nusantara.

3.    Jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian

Jurusan yang sedikit peminatnya di UGM selanjutnya adalah jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian. Jika ditelisik lebih jauh lagi, justru jurusan ini memiliki prospek karir yang bagus dengan inovasi pertanian yang selalu dinanti untuk memajukan pertanian di Indonesia.

4.    Jurusan sastra perancis

Sastra Perancis merupakan salah satu jurusan yang setiap tahunnya hanya terdapat kurang lebih 100 pendaftar. Bayangan tentang prospek karir yang tidak sebaik sastra inggris nampaknya membuat kebanyakan orang berpikir dua kali untuk mendaftar jurusan ini di UGM. Padahal sebenarnya jika anda ahli sastra perancis terdapat berbagai pekerjaan dengan gaji tinggi yang siap menanti lulusan sastra peranis seperti departemen luar negeri, tenaga pengajar atau dosen, penerjemah, editor, jurnalis dan masih banyak lagi.

5.    Jurusan ilmu sejarah

Mendengar kata sejarah pasti telah membuat banyak orang berasumsi bahwa jurusan ini sangat membosankan. Padahal tidak ada salahnya bagi anda untuk memperdalam ilmu sosial yang satu ini. Selain dapat menjadi ahli sejarah, anda juga dapat bekerja di berbagai instansi.

Pertimbangkan beberapa jurusan UGM yang sepi peminat di atas karena siapa tahu Anda justru mampu menggali keahlian anda dan membuka prospek karir yang cerah.